x

image: Stylecraze

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 19 Juni 2022 05:54 WIB

5 Keterampilan Dasar untuk Menangani Masalah Hubungan

Anda tidak bingung begitu cepat, secara mental dapat mengubah krisis menjadi masalah, dan mengembangkan inti kompetensi yang solid yang meningkatkan harga diri Anda dan membantu Anda merasa percaya diri

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti memasak, setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, Anda siap melakukannya.

Seperti banyak hal dalam hidup—membersihkan rumah, merawat mobil, bahkan membesarkan anak—ada beberapa keterampilan dasar yang, setelah dikuasai, membuat hidup lebih mudah. Anda tidak bingung begitu cepat, secara mental dapat mengubah krisis menjadi masalah, dan mengembangkan inti kompetensi yang solid yang meningkatkan harga diri Anda dan membantu Anda merasa percaya diri.

Hubungan tidak berbeda. Ya, ada banyak informasi di luar sana, dan jika Anda masuk ke dalam gulma, Anda mungkin akan menemukan sekitar 300 hal yang perlu dikhawatirkan dan harus dilakukan dengan benar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang 300 itu. Berikut daftar singkatnya: Lima keterampilan inti yang, seperti menangani rumah, mobil, dan anak-anak, dapat membuat hidup Anda sedikit lebih mudah:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Kendalikan Amarah Anda

Jika Anda memiliki temperamen 0 hingga 60, meledak dengan cepat, atau bahkan melakukan ledakan lambat /muak, ledakan berkala tetapi merusak sesekali, Anda perlu belajar mengendalikan itu masuk. Ini bukan hanya tentang hubungan tetapi menjalankan hidup Anda. Jika Anda tidak bisa, Anda tidak hanya akan melukai hubungan Anda dan, dengan itu, hidup Anda, tetapi Anda dapat dengan mudah mengembangkan sikap saya-melawan-dunia di mana satu-satunya masalah adalah orang lain yang membuat Anda marah daripada Anda— hidup yang kesepian dan cemas.

Jika ini adalah perjuangan untuk Anda, atasi itu—dengan terapi, pengobatan, meditasi, sesuatu.

2. Lihat Pengendalian sebagai Kecemasan

Ya, beberapa orang mengendalikan untuk mengendalikan. Bagi mereka, ini tentang kekuasaan dan manipulasi dan menggunakan orang lain sebagai objek untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, tetapi bagi sebagian besar, mengendalikan terkait dengan kecemasan. Anda terus-menerus merasa diatur oleh atasan Anda, tetapi kemungkinan besar dia adalah seorang pencemas yang selalu melihat ke depan pada kemungkinan skenario terburuk. Pengendalian bisa terasa lebih menyesakkan ketika Anda tinggal bersama seseorang, atau bahkan lebih buruk jika ini telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Pengendalian sebagai kecemasan berarti orang lain menjadi cemas, dan respons otomatis mereka adalah membuat Anda melakukan apa yang mereka ingin Anda lakukan. Jika mereka bisa, dan Anda melakukannya, kecemasan mereka berkurang. Untuk membantu Anda merasa kurang seperti anak berusia sepuluh tahun di bawah ibu jari orang tua yang obsesif, gantikan kendali yang Anda rasakan untuk masalah mereka dengan kecemasan.

Selanjutnya, alih-alih membentak dan berkata, "Turun!" katakan, "Katakan apa yang Anda khawatirkan." Itu pengemudinya; itulah yang mengembalikan masalah ke pengadilan mereka. Tetapi Anda perlu berlatih mengatakan ini dengan tenang: Kurangi berpikir tentang Anda merasa seperti korban dan lebih banyak tentang orang lain yang sedang berjuang.

3. Cari Masalah di Bawah Masalah

Anda merasa pasangan Anda minum terlalu banyak atau terlalu kaku atau malas, membuat Anda gila. Pada titik ini, masalahnya adalah milik Anda, bukan miliknya. Baginya, apa yang Anda anggap sebagai masalah bagi dia kemungkinan merupakan solusi untuk masalah mendasar lainnya: bahwa minum membantu dia mengatasi stres, yang kaku adalah tentang struktur yang mengurangi kecemasan—atau bahwa malas ada di mata yang melihatnya dan tentang hal yang berbeda prioritas atau pandangan tentang bagaimana menjalani hidup Anda.

Daripada mengeluh atau mencoba mengatur mikro sepanjang waktu, berhentilah dan tanyakan tentang masalah di bawah masalah: Saya merasa kesal tentang _______; bagaimana Anda memikirkannya secara berbeda; bantu saya memahami lebih baik mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Dengan melakukan ini, Anda mengubah percakapan, menghindari tergelincir ke dalam perebutan kekuasaan, dan memiliki kesempatan untuk menemukan cara yang lebih baik baik melihat masalah secara berbeda atau bersama-sama memecahkan masalah dengan cara yang lebih baik.

4. Temukan Moral dari Cerita

Anda memiliki argumen besar pada Sabtu malam. Anda berdua lepas kendali. Bagian 1 belajar mengendalikan amarah itu, tetapi bagian 2 berputar kembali. Jangan hanya mengarang dan menyapu argumen di bawah karpet. Sebaliknya, cari tahu moral dari argumen tersebut. Biasanya, ini berarti memecahkan masalah yang menyebabkan pertengkaran dan kemudian mencari tahu mengapa hal itu menjadi tidak terkendali.

Ini tentang mempelajari apa yang menekan setiap tombol Anda. Seperti membersihkan rumah, memperbaiki mobil, atau membesarkan anak-anak, mempelajari cara menjalankan hubungan Anda adalah proses coba-coba. Tidak apa-apa untuk membuat kesalahan, tetapi tidak apa-apa untuk tidak mempelajari pelajaran yang diajarkan kesalahan itu kepada Anda.

5. Bekerja Menuju Kompromi Menang-Menang

Jika Anda ingin memiliki kendali, jika Anda ingin menjadi benar, hiduplah sendiri. Tetapi jika Anda tinggal dengan seseorang, Anda perlu belajar untuk berkompromi. Kompromi diasosiasikan dengan mengalah. Kompromi menang-menang adalah tentang masing-masing menjadi jelas tentang apa yang penting–#1, bukan daftar 30–mendapatkannya di atas meja, dan kemudian menegosiasikan kesepakatan yang mempertimbangkan kebutuhan masing-masing sehingga tidak ada yang merasa seperti seorang korban atau martir.

Ini sulit dilakukan sendiri—lebih baik memikirkannya dan kemudian berkumpul dan mendiskusikannya. Jika prosesnya menjadi emosional atau macet, mundurlah, kumpulkan kembali, dan coba lagi. Jika masih buntu, dapatkan bantuan—sesi mediasi, konseling, atau terapi.

Tema di sini adalah melangkah mundur, tidak membahas masalah minggu ini, tetapi melihat pola dan cara yang lebih besar untuk melakukan percakapan yang waras dan memecahkan masalah. Keterampilan hidup, seperti memasak, mobil, atau anak-anak, menjadi lebih baik dengan latihan. Tetapi begitu Anda mendapatkannya, Anda mendapatkannya.

***
Solo, Sabtu, 18 Juni 2022. 8:51 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler