Makanan Jogja Terkenal, Nomor 3 Wajib Antri - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Ali Mufid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Maret 2022

Minggu, 19 Juni 2022 06:04 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Makanan Jogja Terkenal, Nomor 3 Wajib Antri

    Kuliner Jogja banyak diburu wisatawan. Mulai dari Gudeg, Bakpia, Oseng-oseng Mercon, sampai makanan yang seringkali viral di media sosial sehingga menjadi buruan para netizen.

    Dibaca : 628 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jogja adalah kota sejuta cerita. Siapapun yang pernah tinggal atau sekedar singgah di Jogja, nuansanya akan selalu membekas di hati. Selain keramahan orang-orangnya, Jogja juga terkenal dengan beragam kuliner yang murah. Nah, apa saja sih kuliner di Jogja yang tak membuat kantong kalian cepat menipis?

    1. Gudeg

    Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Gudeg merupakan simbol kuliner kota pelajar ini. Saat kita menyebut kata Gudeg, pasti yang terbayang adalah Jogjakarta. Kuliner yang satu ini terbuat dari nangka muda dan dimasak menggunakan santan. Nah, gudeg ini disajikan secara lengkap memakai telur, krecek, santan, hingga ayam kuah. Bahkan saat ini gudeg ada yang kemasan kaleng dan harganya juga ekonomis berkisar Rp 45.000,- sampai Rp 55.000,- loh. Jika kalian berkunjung ke Jogja, wajib berkunjung ke sentra Gudeg yang ada di Jalan Wijilan, Kota Jogja.

    2. Bakpia

    Makanan berikutnya adalah bakpia. Jika kalian berlibur ke Jogja saat musim lebaran, bersiap-siap untuk merasakan antrian panjang demi membeli bakpia. Bakpia sendiri memiliki varian yang sangat banyak. Ada kacang hijau, coklat, keju, telo ungu, durian, matcha atau green tea, cappucino dan masih banyak lagi. Bakpia menjadi prioritas wisatawan saat membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

    3. Mie Ayam Tumini

    Nah, makanan berikutnya adalah mie ayam Tumini. Letaknya yang stategis persis di samping Terminal Giwangan Yogyakarta, mie ayam yang telah dirintis sejak tahun 1990 ini menjelma menjadi makanan yang banyak diburu. Terlebih sering viralnya mie ayam Tumini di berbagai media sosial, membuat banyak netizen penasaran tentang rasanya. Apalagi menggunakan mie lidi atau hokkien dengan tekstur tebal dan kenyal. Belum lagi kuah yang kental serta toping potongan ayam yang menutupi bagian mie.

    4. Lumpia Malioboro

    Cemilan satu ini jangan berharap bisa kalian bawa pulang saat memasuki sore hari. Saat lapak baru dibuka, pembeli langsung menyerbu lapak dagangan lumpia malioboro. Lumpia malioboro ini memiliki isian yang ramai, ada telor puyuh, daging ayam suwir, dan bengkoang. Buat kalian yang tengah berkunjung ke Jogja bersama teman atau pacar, jajanan ini bisa kalian jumpai di Jalan Malioboro dan buka sari jam 10:00 sampai 16:00 WIB.

    5. Kue Pukis Ko Yung

    Jangan main-main dengan bentuk kue pukis yang terletak di daerah Kotabaru ini. Saat kalian datang ke lapak dagangannya, kalian akan terkejut melihat ukuran kue pukis ini. Ukurannya dua kali lipat dari biasanya dan ada pilihan tiga rasa. Ada rasa keju, coklat, dan pisang. Yang belum ada rasa ingin memiliki, yaah jadi melow anak Indie kan. Jadi, buat kalian yang sedang plesiran ke Jogja, wajib mendatangi ke lapak kue pukis di daerah Kotabaru ini.

    6. Oseng Mercon Bu Narti

    Dari namanya saja terbaca jika ini makanan yang mengandung cabe. Mercon dalam bahasa Indonesia berarti petasan. Oh, jadi ini petasan dioseng? Bukan bukan. Jadi ini hanya makna kiasan. Dimana oseng-oseng berisi kulit, tulang muda, gajih dan kikil diolah dengan racikan rahasia sehingga menimbulkan rasa gurih dan pedas. Pedasnya tak main-main diibaratkan sampai bisa meledak. Penasaran kan dengan kuliner ini? Silahkan dicoba makanannya bersama nuansa keramahtamahan Jogja yang membuat kalian akan selalu rindu untuk kembali menyapanya.

    Ikuti tulisan menarik Ali Mufid lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.