Sosialisasi Menabung Sejak Dini dengan Membuat Celengan dari Kertas Manila - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Nadia Fatikasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Selasa, 21 Juni 2022 09:48 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Sosialisasi Menabung Sejak Dini dengan Membuat Celengan dari Kertas Manila

    Kegiatan sosialisasi menabung sejak dini yang bertujuan untuk meningkatkan minat menabung siswa. Rangkaian kegiatan meliputi presentasi materi, penayangan video dan pembuatan celengan. Sehingga kegiatan ini juga dapat meningkatkan jiwa kreatif siswa.

    Dibaca : 525 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pendidikan sekolah dasar memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada siswa untuk diterapkan pada jenjang selanjutnya. Sehingga penting dilakukan pembiasaan sikap-sikap baik sejak jenjang sekolah dasar ini. Salah satu cara untuk mempengaruhi perilaku siswa adalah dengan melaksanakan sosialisasi di sekolah. Sosialisasi akan membawa pengaruh positif pada perilaku siswa.

    Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang aktif dalam program Kampus Mengajar melaksanakan sosialisasi menabung sejak dini untuk meningkatkan minat menabung siswa. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Rabu, 25 Mei 2022  dengan rangkaian kegiatan meliputi presentasi materi, penayangan video dan pembuatan celengan oleh siswa.

    Materi yang dipresentasikan terdiri dari pengertian menabung, cara menabung dan manfaat menabung. Setelah itu, siswa diajak untuk menonton video yang menggambarkan pentingnya menabung untuk masa depan. Para siswa dapat menangkap pesan yang disampaikan dalam video tersebut yaitu ketika menabung kita harus dapat menahan nafsu untuk tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu penting sehingga uang yang kita punya dapat ditabung untuk keperluan masa depan.

    Setelah melihat tayangan video, siswa diajak untuk membuat celengan dari kertas manila yang sudah disiapkan. Langkah awal pembuatan celengan adalah membuat pola terlebih dahulu kemudian digunting dan dilipat sesuai pola yang dibuat. Setelah itu, pola celengan yang sudah jadi dapat diberi gambar atau warna sesuai keinginan siswa. Kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa kreatif siswa.

    Celengan yang sudah jadi ditempel sticky note yang berisi target menabung masing-masing siswa. Hal ini untuk memotivasi siswa agar mulai menabung untuk mewujudkan keinginan mereka. Setiap siswa memiliki target menabung yang berbeda-beda. Selain itu, celengan yang dihasilkan juga sangat beragam dan kreatif. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar karena antusias dan respon positif dari seluruh siswa.

    Ikuti tulisan menarik Nadia Fatikasari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.