Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Segeralah ke Luar Negeri - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Rabu, 22 Juni 2022 14:34 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Segeralah ke Luar Negeri

    Kedua pemain andalan Shin Tae-yong di kelompok usia dibawah U19 sedang hangat diperbincangkan karena penampilan apiknya dalam beberapa turnamen. Keduanya pun dikabarkan akan segera keluar negeri saat berusia genap 18 tahun, lalu kemanakah mereka akan berlabuh?

    Dibaca : 619 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh benar-benar mencuri perhatian semenjak diangkat Shin Tae-yong untuk menjadi pemain andalannya di kelompok U19, U23, dan senior. Dicobanya mereka diajang ujicoba timnas senior melawan Timor Leste dan dibawanya mereka dalam skuad timnas U23 ke ajang Turnamen Sea Games 2022 Vietnam membuat nama keduanya bersinar terang. Banyak yang menganggap bahwa mereka adalah Egy-Witan dan Bagus-Brylian selanjutnya yang bersinar diusia muda lalu melanjutnya karir ke luar negeri. Karena keempat nama tersebut berhasil bermain ke luar negeri walau dengan durasi kontrak yang berbeda-beda, ada yang terseok-seok, dan gonta-ganti klub.

    Harapan kembali muncul untuk kembali ada pemain muda Indonesia yang bermain ke luar negeri dan harapan itu ada kepada kedua pemain ini. Dengan kualitas yang dianggpa istimewa, layak rasanya ketika berusia 18 tahun nantinya mereka segera "naik kelas" ke kompetisi yang lebih tinggi untuk mematangkan kemampuan dan bermain dengan pemain-pemain didikan tim-tim Eropa lainnya. Apalagi keduanya sudah debut disemua tingkatan timnas Indonesia diera Shin Tae-yong, ini membuktikan bahwa mereka memiliki sesuatu yang membuat Shin Tae-yong terkesima.

    Apalagi BRI Liga1 Indonesia secara peringkat koefisien Asia bukanlah liga yang masuk dalam 10 besar kompetisi yang dianggap memiliki persaingan ketat, berbeda dengan Liga Thailand, Thai League yang berada dalam 10 besar liga terbaik Asia. Marselino Ferdinan yang saat ini pemai Liga 1, Persebaya Surabaya dan Ronaldo Kwateh, Madura United pun dirasa sudah siap untuk merantau ke luar negeri. Marselino sendiri yang dianggap istimewa sebagai seorang gelandang pun sebenarnya sudah mendapatkan sorotan dari sebuah media luar negeri, The Guardian. Media ini memasukkan Marselino Ferdinan sebagai bagian dari 60 pemain muda yang layak diperhatikan lebih oleh para pecinta dan pelaku sepakbola saat ini. 

    Pemain yang berusia 18 tahun pada tanggal 9 September ini pun digosipkan sudah diminati oleh beberapa tim-tim dari beberapa negara seperti Ceko, Portugal, dan Hungaria. Kabar yang diperkuat oleh pernyataan dari orangtua Marselino Ferdinan pun mengindikasikan bahwa semua nanti akan diserahkan kepada agen Marselino Ferdinan tim mana yang paling cocok untuknya kedepan. Dengan berhembus kabar dan diperkuatnya dari pernyataan orangtuanya sendir, tentu hampir pasti Marselino akan menapaki liga-liga Eropa kedepannya. Ditambah Ronaldo Kwateh pun juga "katanya" sudah setuju secara lisan dengan salah satu tim kenamaan Turki, Antalyaspor.

    Walau Ronaldo Kwateh tidak diikutsertakan Shin Tae-yong ketika kualifikasi Piala Asia 2023, dirinya dilibatkan diturnamen Toulon Tournamen, Prancis dan mendapatkan beberapa perhatian pencari bakat Eropa. Tentu dengan adanya sorotan terhadap mereka berdua, semoga saja keduanya mampu tetap melanjutkan karir di Benua Eropa secepatnya. Apalagi mereka merupakan punggawa kunci untuk timnas U19 Indonesia yang tahun depan bermain di Piala Dunia U20. Bila keduanya mampu memanfaatkan kesempatan bermain ke luar negeri dan bermain apik, bisa saja mereka akan dilibatkan dalam ajang yang lebih tinggi seperti Piala Asia 2023.

     

    Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.