Usai Dikunjungi Jokowi, Pasar Baros Direncanakan Dua Lantai - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Pembangunannya sendiri akan dilaksanakan pada tahun ini oleh Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Abyan Kudsi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Mei 2022

Kamis, 23 Juni 2022 11:34 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Usai Dikunjungi Jokowi, Pasar Baros Direncanakan Dua Lantai

    Pembangunan Pasar Baros yang berlokasi di Jalan Serang-Pandeglang Kecamatan Baros, Kabupaten Serang akan dibangun dengan kontruksi dua lantai.

    Dibaca : 349 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pembangunan Pasar Baros yang berlokasi di Jalan Serang-Pandeglang Kecamatan Baros, Kabupaten Serang akan dibangun dengan kontruksi dua lantai. Pembangunannya sendiri akan dilaksanakan pada tahun ini oleh Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Diketahui, sebelumnya pada Jumat (17/06/2022) lalu, Presiden Jokowi Dodo mengunjungi pasar tersebut.

    Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan, bahwa pihaknya belum lama ini beserta beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) telah mendatangi Kementerian PUPR. Kedatangannya diterima langsung oleh Direktur Sarana Prasarana yang ditugaskan langsung oleh Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono untuk menindaklanjuti pembangunan Pasar Baros.

    “Ketika saya berkunjung ke PUPR, ternyata dari PUPR ada yang ditugaskan meninjau ke Pasar Baros. Nah karena ini di tengah perjalanan (pertengahan tahun), kan harus membuat DED, kami diskusi membuat DED nya swakelola di Perkim, karena waktunya sudah mepet,” ujar Tatu, di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Rabu (22/06/2022).

    Tatu menargetkan pembuatan DED bisa rampung dalam jangka  waktu dua pekan ke depan. Setelah penyusunan DED selesai, selanjutnya akan didiskusikan lagi dengan Kementerian PUPR.

    Adapun untuk kegiatan pembangunannya, kata Tatu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta Menteri PUPR agar dilaksanakan pada tahun ini. Pembangunan akan dilakukan di lokasi yang sekarang. “Kalau (lahan) ke belakang kan punya orang lain, harus dibeli, itu gak mungkin bisa (dibebaskan), kita gak punya anggaran untuk pembebasan lahan. Yang punya pasar sekarang ada lahan 4.200 m2, rencananya itu karena tidak ada lahan parkir jadi bangunan itu naik dua lantai dilahan 2000 m2, jadi ada sisa untuk parkir supaya tidak mengganggu jalan,”terangnya.

    Sementara, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang, Okeu Oktaviana memastikan akan segera melakukan penyusunan DED. Pembangunan pasar tersebut akan dibangun tipe A dengan estimasi anggaran sebesar Rp 45,2 miliar. “Anggarannya dari Kementerian PUPR, kita hanya menyiapkan DED dan menerima kunci saja,”ujar Okeu. (*/abyan)

    Ikuti tulisan menarik Abyan Kudsi lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.