x

Iklan

KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Minggu, 26 Juni 2022 11:59 WIB

Mahasiswi KKN MBKM Unej Sukses Gelar Literasi Digital untuk Santri di Sukojember


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sukojember, Jember – Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum 1 yang terletak di Leces I, Sukojember, Jelbuk, Jember merupakan salah satu ponpes yang skalanya sudah nasional dengan jumlah santri dan santriwati sebanyak 170 dengan pengasuh saat ini yaitu Kyai Tsabit Abdul Hadi.

Mahasiswa KKN MBKM UMD 2022 Kelompok 7 memiliki program kerja yang berjudul Kegiatan Inovatif Inisiasi Digitalisasi Desa dan Melek Digital (INDIE-METAL). Progam kerja tersebut terdiri dari beberapa elemen sub tema yaitu Digitalisasi Desa dengan koordinator Arfian Alwi Firmansyah, Peningkatan Literasi Digital pada Ponpes dengan koordinator Laila Adhani Putri Malik, Peningkatan Literasi Digital pada PAUD dengan koordinator Izlan Saifu Adi dan Pembibitan berbasis Digital dengan koordinator Muhammad Hafiz Azzhaqi yang dibawahi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dr. Yudha Nurdian, M.Kes.

Seiringan dengan salah satu program kerja pemerintah dalam digitalisasi di pesantren, KKN MBKM UMD Kelompok 7 mengajak pengurus pondok pesantren santri dan santriwati Nahdlatul Ulum 1 dalam menghadapi digitalisasi. Mahasiswa KKN MBKM UMD Kelompok 7 mengajarkan 3 aspek dalam hal digitalisasi, yaitu editing, pembuatan sosial media dan website serta pengaplikasiannya. Maka dari itu, mahasiswa KKN MBKM UMD Kelompok 7 membuat kelas digitalisasi bersama pengurus pesantren putri dan putra selama 3 minggu setiap hari Jumat. Hal ini dikarenakan pada hari jumat, santri dan santriwati sedang libur sekolah jadi dapat memanfaatkan waktu kosong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada hari Jumat (3/6/2022), kelas digitalisasi pertama diisi tentang pembuatan sosial media berupa instagram serta membuat konten pertama. Akun instagram yang telah dibuat memiliki nama @santriputri_nu1 untuk santri putri dan @nahdlatululum_suko untuk santri putra. Mahasiswa KKN MBKM UMD Kelompok 7 mengajarkan bagaimana membuat konten berupa foto serta bagaimana cara editing foto dengan aplikasi canva. Kemudian di kelas digitalisasi kedua Jumat (10/6/2022), diisi tentang membuat konten berupa video serta bagaimana cara editing video dengan aplikasi VN dan Capcut. Mahasiswa KKN MBKM UMD kelompok 7 mengajarkan penggunaan aplikasi editing yang bisa diakses dengan menggunakan handphone. Hal ini bertujuan supaya mempermudah santri dan santriwati dalam membuat konten kedepannya.

Dikelas ketiga pada Jumat (17/6/2022), diisi tentang pembuatan website dan cara pengaplikasiannya serta membuat artikel berita untuk bisa diunggah pada website tersebut. Website yang digunakan yaitu google sites yang mana hal ini ditujukan supaya mempermudah santri dan santriwati dalam mengakses serta domainnya pun tidak berbayar.

Ikuti tulisan menarik KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler