Berapa Lama Masa Pakai Busi Motor yang Efisien? Cek di Sini - Urban - www.indonesiana.id
x

web seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2022

Kamis, 23 Juni 2022 19:59 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Berapa Lama Masa Pakai Busi Motor yang Efisien? Cek di Sini


    Dibaca : 476 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ukurannya kecil, tapi sangat cocok untuk digunakan. Ya, ini adalah busi sepeda motor. Komponen mesin yang satu ini mendukung proses pembakaran di ruang mesin dan membantu menjaga mesin tetap dalam kondisi prima.

    Seperti komponen mesin lainnya, busi mesin memerlukan penggantian dan pemeriksaan rutin. Ada tanda-tanda bahwa busi sepeda motor sudah habis masa pakainya dan busi mesin perlu diganti. Hal ini harus diperhatikan oleh pengguna sepeda motor agar mesin tidak mengalami masalah.

    1. Apakah busi mesin itu? Busi mesin

    adalah komponen mesin dari sistem pipa tungku mesin yang mengubah tegangan dari koil menjadi bunga api dan menyalakan campuran udara-bahan bakar di ruang bakar pada akhir langkah kompresi.

    Mekanisme busi mesin ini adalah untuk memulai dengan tegangan koil pengapian yang terhubung ke busi mesin. Tegangan ini menciptakan tegangan diferensial antara elektroda busi tengah dan samping. Ketika perbedaan tegangan ini melebihi kekuatan listrik gas, gas terionisasi dan berubah dari isolator menjadi konduktor.

    Aliran elektron lain mengalir dan suhu melebihi 60k. Temperatur yang tinggi ini menyebabkan gas yang terionisasi mengembang dengan sangat cepat, menghasilkan percikan api kecil yang menjaga sistem pembakaran mesin dalam kondisi prima.

    2. Berapa lama masa pakai busi mesin? Masa pakai busi pada mesin

    berasal dari pabrik dan akan bervariasi. Misalnya, Honda menyarankan Anda mulai mengganti busi standar setelah sepeda motor menempuh jarak hingga 6.000 km dan mengganti busi non-standar saat mencapai 20.000 km. Sementara itu, Suzuki menyarankan untuk memeriksa kondisi busi setelah sepeda menempuh jarak 4.000 km. Setiap busi sepeda motor

    memiliki masa pakai yang berbeda-beda, namun disarankan agar Anda segera memeriksa kondisi busi mesin dan menggantinya dengan yang baru sebelum busi mesin mencapai akhir masa pakainya. Hal ini untuk mencegah busi mesin menjadi kurang optimal dan menyebabkan performa mesin sebagai berikut: B. Mesin yang sulit untuk distarter atau distarter.

    3. Tanda-tanda bahwa busi mesin perlu diganti

    Masa pakai busi mesin adalah busi harus segera diganti untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh kondisi busi mesin yang buruk. Mengganti busi biasanya menunjukkan tanda-tanda masalah dengan kinerja mesin Anda. Tanda-tanda atau gejalanya adalah:

    Sulit untuk menghidupkan mesin

    Busi yang perlu diganti mungkin tidak menghasilkan bunga api yang optimal. Oleh karena itu, hal ini berdampak pada sulitnya menghidupkan atau menghidupkan mesin.

    Akselerasi motor tidak maksimal

    Performa busi motor yang kurang baik mempengaruhi gas yang terasa berat, sehingga akselerasi mesin saat berkendara tidak maksimal.

    Mesin tiba-tiba mogok

    Jika mesin tiba-tiba berhenti atau berhenti, itu mungkin menunjukkan bahwa busi rusak dan perlu diganti. Ini karena percikan api di ruang bakar dianggap tidak ada percikan api dan mesin tiba-tiba mati.

    Mesin telah mencapai batas jarak tempuh untuk masa pakai busi mesin

    Semua busi mesin memiliki masa pakai yang terbatas dan harus diganti dengan busi baru berdasarkan jarak yang ditempuh mesin. Periksa durasi busi yang Anda gunakan sebelum rusak. 

    sumber : gpsku.co.id

    Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 490 kali