Gaji YouTuber 1000 Subscriber dan Gambaran Perhitungannya

Minggu, 26 Juni 2022 11:48 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gaji YouTuber 1000 subscriber cukup menarik. Tapi untuk mencepai hal itu perlu beberapa kondisi. Salah satunya, penghasilan YouTube dipengaruhi oleh jumlah viewers. Anda perlu mengetahui cara meningkatkan viewers YouTube jika ingin segera mendapat gaji.

Bisa dikatakan YouTube saat ini menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer. Bukan hanya untuk sarana hiburan melalui beragam konten di dalamnya, YouTube juga bisa dijadikan platform untuk mendapatkan penghasilan. Nah, salah satu pertanyaan yang sering muncul terkait penghasilan dari YouTube adalah berapa gaji YouTuber 1000 subscriber?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya 1000 subscriber adalah jumlah subscriber minimal yang menjadi syarat agar akun YouTube yang Anda kelola bisa menampilkan iklan dan dimonetasi. Tentu, jika jumlah subscriber akun YouTube Anda masih kurang dari 1000, maka monetasi tidak bisa dilakukan. Sebaliknya, semakin banyak subscriber, penghasilan dari YouTube bisa semakin besar.

Persyaratan Minimum Untuk Monetasi YouTube

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebenarnya, subscriber bukan merupakan satu-satunya syarat agar bisa melakukan monetasi YouTube dan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan di konten yang Anda buat. Dikutip dari laman bantuan Google AdSense, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu untuk melakukan monetasi YouTube.

Beberapa persyaratan yang dimaksud adalah:

  • Mematuhi segala hal yang menjadi kebijakan dari monetasi kanal YouTube
  • Tinggal di suatu negara atau wilayah di mana tersedia program Partner YouTube
  • Tidak ada teguran yang aktif sesuai dengan peraturan komunitas di kanal YouTube yang dikelola
  • Memiliki setidaknya 4000 jam waktu tonton publik yang valid selama 12 bulan terakhir
  • Memiliki lebih dari 1000 subscriber untuk akun YouTube yang dikelola
  • Memiliki akun AdSense yang ditautkan pada akun YouTube yang dikelola

Apabila beragam syarat yang disebutkan di atas sudah dipenuhi, maka Anda bisa melakukan monetasi YouTube sebagaimana yang diinginkan. Tentu, ada upaya ekstra yang harus dilakukan di awal agar semua syarat tersebut bisa dipenuhi dengan baik.

Hal yang Ditinjau dalam Pengajuan Monetasi

Sebelum menghitung berapa penghasilan yang akan didapatkan oleh seorang YouTuber yang memiliki 1000 subscriber, Anda perlu mengetahui hal apa saja yang akan ditinjau ketika melakukan pengajuan monetasi. Ini adalah poin penting agar nanti proses pengajuan monetasi yang dilakukan bisa disetujui dengan cepat dan tidak terkendala.

Adapun beberapa hal yang akan ditinjau ketika melakukan pengajuan monetasi adalah sebagai berikut:

  • Tema utama
  • Video yang paling sering ditonton
  • Video terbaru
  • Proporsi waktu tonton terbesar
  • Metadata dari video, termasuk judul, thumbnail dan juga deskripsi

Beberapa hal di atas harus diperhatikan dengan baik selama proses monetasi YouTube, terutama metadata dari video YouTube. Pasalnya, metadata video nantinya akan berpengaruh pada keterlihatan video yang Anda upload yang tentu berpengaruh pada jumlah viewer yang akan didapatkan.

Besaran Gaji YouTuber 1000 Subscriber dan Cara Perhitungannya

Kembali pada besaran penghasilan yang didapatkan dari YouTube, lantas berapa gaji atau penghasilan yang akan didapatkan dari seorang YouTuber yang memiliki 1000 subscriber pada akun mereka?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, penghasilan dari YouTube tergantung dari biaya per 1000 view atau cost per mile (CPM) yang ditetapkan oleh YouTube. CPM merupakan biaya yang harus dibayarkan oleh pihak pengiklan kepada YouTuber untuk layanan iklan yang digunakan. Nah, pihak pengiklan tadi memberikan bayaran setiap 1000 iklan yang ditampilkan di laman YouTube.

Selain CPM, ada pula istilah cost per click (CPC) yang juga menentukan penghasilan seorang YouTuber. Dalam hal ini, CPC sendiri adalah uang yang didapatkan YouTuber dari klik iklan yang ada di video yang mereka miliki.

Besaran CPC sendiri sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan wilayah. Besaran CPC di Indonesia sendiri sekitar Rp 5.000 per klik. Setiap 1000 view, umumnya hanya terdiri dari tiga klik iklan saja sehingga click through rate atau CTR yang didapatkan hanya 0,3 persen saja.

Untuk mengetahui penghasilan dari YouTuber dengan 1000 subscriber, Anda bisa menggunakan rumus revenue per impression atau RPM, yaitu:

RPM = (penghasilan/jumlah tampilan halaman) x 1000

Misalnya saja, seorang YouTuber mendapatkan penghasilan sekitar 0,12 USD dari 30 views, maka RPM yang ia dapatkan adalah (0,12x30x1000) = 4 USD. Jika dikonversi ke rupiah, maka penghasilannya menjadi sekitar Rp 58.000.

Cara Meningkatkan Viewers YouTube

Bisa dikatakan jika penghasilan YouTube sangat dipengaruhi oleh jumlah viewers. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan viewers YouTube tersebut.

Ada beberapa cara yang cukup efektif untuk meningkatkan viewers YouTube, yaitu:

  • Memperhatikan thumbnail konten YouTube yang sudah diunggah sebelumnya
  • Membuat judul video YouTube yang lebih menarik
  • Membagikan link video YouTube ke beberapa forum yang berbeda
  • Membuat transkrip video
  • Memperhatikan tren video yang sedang berkembang
  • Membuat video ke dalam playlist
  • Membeli penonton youtube untuk memancing penonton organik

Dengan beberapa strategi tersebut, Anda bisa jadi akan mendapatkan jumlah viewer yang lebih besar. Tentu, selain viewer, bisa jadi jumlah subscriber akun YouTube Anda juga akan meningkat sehingga keterlihatan akun Anda juga akan meningkat.

Demikian beberapa ulasan tentang gaji YouTuber 1000 subscriber dan cara menghitungnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
POJOKSOSMED.COM

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua