x

Iklan

web seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2022

Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Throttle body adalah saluran utama dimana udara mengalir sebelum dikirim ke intake manifold. Komponen mesin yang satu ini mempengaruhi output atau tarikan mesin yang dibutuhkan untuk menjaga agar mesin tetap berjalan. Jika mesin

terasa berat dan kenyal, ini mungkin menunjukkan bahwa throttle body perlu dibersihkan dari kotoran dan debu yang menumpuk.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah membersihkan throttle body sepeda motor Anda dan pertimbangan membersihkan throttle body sepeda motor Anda. ulasan ini ditunjukkan di bawah ini. Silakan disimak!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Membongkar Throttle Body

Langkah pertama dalam membersihkan throttle body sepeda motor adalah melepas throttle body dari inlet dan membongkarnya. Saat melepas throttle body, pastikan juga melepas gasket. Hal ini karena pembersihan dapat membuat karet seal menjadi rapuh.

Throttle Position Sensor (TPS) atau sensor lain juga harus dipertimbangkan saat melepas throttle body. Jangan melepas atau membersihkan sensor ini secara tidak sengaja karena akan menyebabkan kesalahan, menghasilkan kode kesalahan pada pengukur dan tidak akan membuat mesin bekerja secara optimal.

2. Membersihkan throttle body dengan bensin

Pembersihan throttle body pertama dapat dilakukan dengan bensin. Pembersihan dengan bensin bisa dilakukan dengan sikat dengan cara menggosok bagian-bagian throttle body. Bensin memudahkan untuk menghilangkan kotoran dan debu dari throttle body.

3. Mulailah membersihkan dengan larutan pembersih khusus

Setelah membersihkan dengan bensin, langkah selanjutnya adalah membersihkan throttle body mesin dengan larutan pembersih khusus. Saat ini tersedia cairan pembersih khusus throttle body engine dari berbagai merek.

Pembersihan dengan cairan khusus ini cocok untuk membersihkan noda membandel yang tidak hilang saat dibersihkan dengan bensin. Ini juga berfungsi sebagai "bilas akhir" setelah membersihkan throttle body dengan bensin.

4. Penggantian throttle body

Setelah menghilangkan kotoran dan debu dari throttle body, throttle body dapat dikembalikan ke posisi semula. Pastikan mengandung komponen yang tidak boleh disentuh "asli" sebagai berikut: B. Sensor TPS, lepas dan jangan pasang kembali gasket yang sebelumnya dilepas saat pembersihan.

5. Tindakan pencegahan saat membersihkan throttle body mesin

Bagian throttle body ini sebenarnya tidak memerlukan pembersihan rutin. Pembersihan dilakukan hanya untuk meningkatkan performa tarikan mesin dan optimal kembali saat tarikan terasa berat. Secara umum, disarankan untuk membersihkan semua sepeda motor dari jarak tempuh 12.000 km atau setidaknya setahun sekali. Membersihkan throttle body

membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi karena memiliki sensor dan beberapa komponen yang tidak boleh dilepas atau dibersihkan secara tidak sengaja. Oleh karena itu, jika Anda tidak dapat membersihkannya sendiri, sebaiknya bawalah sepeda Anda ke bengkel dan bersihkan bagian throttle body ini.

sumber : gpsku.co.id

Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler