Bunga Telang dan Aneka Olhannya di SMK PP Negeri Padang - Analisis - www.indonesiana.id
x

Rilda Gumala

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Selasa, 28 Juni 2022 15:52 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bunga Telang dan Aneka Olhannya di SMK PP Negeri Padang

    Bunga telang dikenal juga sebagai kembang teleng yang tumbuh merambat dan banyak ditemukan tumbuh secara liar di kebun atau lahan kosong. Bunganya berbentuk kupu-kupu dan berwarna biru ke unguan. Tanaman telang berkhasiat dan berbunga cantik sehingga akhir-akhir ini sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman penghias halaman /teras hunian atau kantor. Bunganya diolah menjadi produk minuman dan pewarna alami aneka olahan makanan.

    Dibaca : 780 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bunga telang (Clitoria ternatea)  merupakan tanaman  kacang-kacangan /polong –polongan yang tumbuh merambat. Tanaman yang berasal dari Amerika selatan ini di Indonesia banyak tumbuh di kebun sebagai tanaman penutup tanah atau tumbuh secara liar. Bunga telang  yang dikenal juga dengan sebutan butterfly pea karena bentuk bunganya yang mirip kupu-kupu dapat mengikat Nitrogen dari udara karena pada bintil akarnya terdapat bakteri Rhizobium radicicola yang dapat mengikat langsung Nitrogen dari Udara sehingga tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan kesuburan tanah.

    Bentuk dan warna bunganya yang indah membuat tanaman bunga telang juga tepat dijadikan tanaman penghias halaman rumah. Ditanam merambat di depan teras rumah dapat memberikan keteduhan sekaligus pemandagan yang indah karena bunganya yang berwarna biru ke ungu-unguan sangatlah elok dipandang mata.

    Menanam bunga telang sangatlah mudah, rendam biji bunga telang selama 5-10 menit dalam air  bersih, lalu semaikan di media pesemaian atau ditanam langsung di polybag. Letakkan tray pesemaian atau polybag di tempat yang teduh. Lakukan penyiraman pagi dan sore hari jika tidak ada hujan. Setelah benih tumbuh setinggi 15-20 cm dapat dipindahkan ke dalam pot atau polybag berdiameter lebih besar misal 40 cm x 40 cm dengan media tanam tanah , pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1 :1:1. Buat tempat bunga telang merambat, dapat berupa kawat segi empat , segi tiga sesuai bentuk yang diinginkan. Pada Sekolah Menengah Kejuruan  Pertanian Pembangunan (SMK PP ) Negeri Padang di sepanjang teras sekolah dibuat kawat berbentuk persegi panjang sebagai tempat merambat bunga telang. Teras sekolah menjadi teduh dan sejuk serta indah di pandang mata.

    Perawatan bunga telang  hanya dengan  melakukan penyiraman secara rutin jika tidak ada hujan, pemupukan dilakukan setelah tanaman  berumur 1 bulan dengan menambah pupuk organik saja itu pun  jika daun tanaman tampak menguning tanda kekurangan unsur hara. Tanaman telang sudah  mulai berbunga setelah berumur lebih kurang 1,5 bulan setelah tanam.

    Di SMK PP  Negeri Padang  bunga telang dipanen kemudian dilanjutkan pengolahannya oleh Program Keahlian Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Setelah dipanen bunga telang dibersihkan lalu dikeringkan. Pengeringan dilakukan dengan dua cara yaitu dipanaskan dengan oven sampai layu setelah itu dilanjutkan dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Dengan cara pengeringan seperti ini warna bunga telang tetap indah walaupun setelah kering. Bunga telang kering dapat langsung dikemas atau dibuat menjadi teh celup bunga telang. Untuk membuat teh celup, bunga telang kering dihancurkan hingga berbentuk bubuk teh, selanjutnya dikemas dengan kemasan teh celup, dimasukkan ke dalam box /kemasan plastik dan terakhir diberi label.

    Bunga telang segar juga dapat diolah langsung menjadi minuman segar dengan cara merebus atau mencampurkan lbunga telang dengan air mendidih. Bagi penyuka minuman manis dapat ditambahkan gula , enak diminum hangat ataupun dingin (dicampur es batu).

    Bunga telang termasuk salah satu bahan pewarna alami berwarna biru , ungu. Beberapa produk olahan seperti manisan kolang –kaling rasa telang, pudding telang, bolu telang  berwarna biru ungu ini terlihat sangat cantik  dan menarik sehingga dapat memberikan varian baru beberapa produk olahan makanan dan minuman. SMK PP Negeri Padang sudah membuat kolang-kaling rasa telang, puding telang, bolu telang , minuman segar telang dan teh celup bunga telang.

    Berbicara tentang khasiat bunga telang  tentunya tidak asing lagi karena bunga telang dengan antioksidannya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dari berbagai informasi bunga telang juga baik bagi penderita darah tinggi, kolesterol dan diabetes. Informasi  yang tak kalah penting bagi penderita obesitas , bunga telang juga dapat menurunkan berat badan. Nah, tidak ada salahnya  jika mencoba mengkonsumsi bunga telang. Rasanya tawar dengan sedikit aroma khas telang. Warnanya yang” unyu-unyu”sungguh cantik dibuat produk olahan apa saja, mau cake, ice cream, puding, teh, sirup, selai  dan lain-lain , tergantung kreatifitas masing-masing. Oke, selamat mencoba!

     

     

    Ikuti tulisan menarik Rilda Gumala lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.