Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19 - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ananda Novia Rahmawati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Juni 2022

Sabtu, 2 Juli 2022 06:39 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19


    Dibaca : 450 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Corona Virus Disease (COVID-19) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Kasus COVID-19 di Indonesia pertama kali terkonfirmasi pada bulan Maret 2020. Wabah Corona rumit ditangani yang membuat pemerintah menerapkan kebijakan ketat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yaitu dengan membatasi interaksi sosial masyarakat atau social distancing yang menjadi pilihan yang paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19.

    Pandemi Corona telah mengubah semua sendi kehidupan termasuk bidang ekonomi, transportasi dan tak terkecuali bidang pendidikan di Indonesia. Pemerintah membuat keputusan mendadak dengan meliburkan atau memindahkan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis daring melalui media sosial. 

    Perkembangan teknologi semenjak adanya pandemi sangat berkembang pesat khususnya media sosial. Sebelum pandemi COVID-19 melanda, media sosial hanya digunakan untuk berkomunikasi, mengunggah foto atau video. Kini media sosial memiliki peran dalam pembelajaran daring selama masa pandemi. Media sosial yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Zoom, Google Meet, Clasroom. Adapun aplikasi menarik yang digunakan untuk pembelajaran daring dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta yaitu aplikasi E-Learning UNISA atau biasa disebut LENSA dan aplikasi UNISA_SWAMahasiswa. 

    E-Learning UNISA atau LENSA sangat membantu untuk pembelajaran daring selama pandemi, banyak fitur yang terdapat di LENSA yaitu fitur untuk memilih mata kuliah, kolom materi PPT,  kolom materi video, fitur pengumpulan tugas dapat berupa foto, pdf, word, fitur berdiskusi melalui forum, dan fitur untuk pelaksanaan ujian dengan menggunakan aplikasi LENSA.

    Dan adapun aplikasi UNISA_SWAMahasiswa yang biasanya digunakan mahasiswa ataupun dosen untuk presensi kehadiran perkuliahan. Selain LENSA dan UNISA_SWAMahasiswa ada juga aplikasi SIMPTT yang memudahkan untuk mengakses ataupun mengolah data-data akademik melalui sistem informasi Fitur yang tersedia pada SIMPTT yaitu fitur akademik, perkuliahan dan perpustakaan yang biasanya untuk melihat jadwal perkuliahan, entry KRS, melihat hasil studi kumulatif, kalender akademik dan perpustakaan. Pada SIMPTT terdapat fitur keuangan yang memudahkan untuk pengecekan tagihan keuangan, dan berbagai fitur lain yang memudahkan untuk mengolah data akademik.  

    Aplikasi penunjang pembelajaran Daring seperti Zoom, Google Meet, LENSA, UNISA_SWAMahasiswa, dan SIMPTT mudah diakses dimana saja, kapan saja, dan melalui perangkat apa saja, pengguna dapat mengakses dari computer maupun melalui smartphone.  

    Ikuti tulisan menarik Ananda Novia Rahmawati lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.