Menghadapi Suatu Tantangan Pendidikan - Analisis - www.indonesiana.id
x

Muhammad Adrian Yuwono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Minggu, 3 Juli 2022 06:26 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Menghadapi Suatu Tantangan Pendidikan


    Dibaca : 154 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Apa itu pendidikan? Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian

    Setelah itu pendidikan juga memiliki kemampuan untuk mendidik para siswa dan siswi di sekolah dasar ke perkuliahan pendidikan jugalah yang mengantarkannya para siswa dan guru siswi lalu bagaimana jika anak anak yang terbelakang dan bagaimana cara mereka menghadapi situasi pandemi Covid-19 saat ini.

    Tujuan dari pendidikan sendiri menurut UU No.20 Tahun 2003 adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Apapun keadaannya, diharapkan pendidikan tetap dapat membawa perubahan yang baik dan membentuk generasi yang berkualitas.

    Pandemi yang melanda membawa banyak perubahan pada dunia pendidikan. Tidak hanya guru dan siswa yang terkena imbasnya, orang tua juga merasa kewalahan. Bagaimana sistem pendidikan di indonesia?

    Sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia di era new normal mengalami perubahan-perubahan. Pencegahan penularan virus corona dengan social distancing untuk menghindari potensi kerumunan menjadi alasan utama anak-anak harus bersekolah dari rumah. Perubahan yang terjadi meliputi pendidikan yang semula tatap muka menjadi daring atau online saja. Hal lain yang berubah adalah target-target pembelajaran yang disesuaikan dan juga adaptasi kurikulum yang digunakan.

    Masalah pendidikan di Indonesia saat ini bermunculan karena perubahan-perubahan yang terjadi. Permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini tidak boleh mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah masalah atau tantangan yang sedang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia.

    1. Learning Loss

    Kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata memuaskan bahkan dari sebelum wabah corona melanda. Posisi Indonesia dalam asesmen global Program for International Students Assessment (PISA) tahun 2018 menempati rangking 7 terbawah dari hampir 80 negara. Artinya, hanya 1 dari 3 anak Indonesia memenuhi level minimal untuk kemampuan membaca. Bahkan laporan dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2015 menunjukkan bahwa 27% anak Indonesia di jenjang kelas 4 tidak memiliki pengetahuan matematika dasar yang memadai.

    Learning loss yang dapat diartikan sebagai menurunnya kompetensi siswa sangat mungkin terjadi di masa pembelajaran yang harus dilaksanakan dari rumah. Meskipun terkadang tugas yang diberikan cukup banyak, tetapi harus dipastikan apakah nilai yang dicapai benar-benar memberikan gambaran kompetensi siswa.

    Jangan sampai siswa yang bersekolah atau mengikuti proses pembelajaran tetapi mereka benar-benar belajar. Hal ini membutuhkan usaha lebih tidak hanya dari guru dan siswa, tetapi juga dari orang tua. Guru Pintar dituntut lebih kreatif dan memiliki keahlian mengelola kelas lebih baik. Siswa harus dapat beradaptasi dengan keadaan belajar yang serba terbatas dan berjarak dengan guru dan teman-temannya. Sedangkan orang tua harus mampu memberikan pendampingan ekstra pada anak-anak padahal mereka juga harus bekerja.

    2. Penggunaan teknologi

    Pembelajaran yang dilakukan secara daring mau tidak mau harus memanfaatkan bantuan teknologi untuk menunjang proses belajar. Memang banyak sekali aplikasi atau platform yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar. 

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Ikuti tulisan menarik Muhammad Adrian Yuwono lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.