Mau Hidup Bahagia? Hindari 5 Hal Ini dalam Hidupmu - Humaniora - www.indonesiana.id
x

image: Beliefnet

Delia Dwi Ramadhanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Sabtu, 2 Juli 2022 15:46 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Mau Hidup Bahagia? Hindari 5 Hal Ini dalam Hidupmu

    Artikel ini menjelaskan tentang pentingnya berpikir poistif dan menghindari beberapa hal supaya hidup lebih bahagia dan tenang.

    Dibaca : 698 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    MAU HIDUP BAHAGIA? HINDARI 5 HAL INI DI HIDUP KAMU 

    5 KEBIASAAN YANG BISA MERUSAK KEBAHAGIAAN KAMU

    Tau enggak bahwa ada hal dihidup ini yang kalo kamu lakukan terus menerus itu bisa merusak kebahagiaan kamu bahkan bisa menghancurkan hidup kamu. Kalau saat ini kamu masih melakukan hal itu saran saya sadar dan berhentilah, berhenti untuk melakukan 5 hal ini sebelum semuanya terlambat.
     
    1. People Pleaser
     
    Ingin Menyenangkan Semua Orang.
     
    Siapa yang tidak suka disenangi semua orang? Tapi tau enggak disukai oleh semua orang itu adalah sesuatu yang mustahil. Kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang karena kita semua berbeda, apa yang kamu anggap baik belum tentu juga bisa baik di mata orang lain dan begitu juga sebaliknya. Jadi, jangan sampai kamu mengorbankan diri kamu bahkan mengorbankan prinsip kamu hanya untuk mendapatkan pengakuan atau pujian dari orang lain.
    Nah biasanya people pleaser ini akan sulit untuk mengatakan tidak pada orang lain. So again yang paling penting tetaplah menjadi diri sendiri dan lakukan yang terbaik.
     
    2. Fearing Change
     
    Takut Untuk Berubah 
     
    Well sepertinya ini penyakit semua orang ya? Tua muda pria maupun wanita di mana pun mereka berada pasti ada yang tidak suka yang namanya perubahan, banyak orang di dunia ini pada umum nya mereka suka untuk berada di dalam zona nyaman, saking nyaman nya akhirnya mereka tidak sadar bahwa mereka sudah terlena berada di zona yang terlalu nyaman sedangkan faktanya ketika kamu berada di dalam zona nyaman itu enggak akan pernah membawa kamu kemana-mana.
     
    Ketika sebuah perubahan terjadi, mungkin saja kamu kehilangan sesuatu yang baik, tetapi walaupun kamu kehilangan sesuatu yang baik mungkin kamu bisa memperoleh sesuatu yang jauh lebih baik. So jangan takut untuk berubah karena setiap perubahan adalah kesempatan untuk menuju perbaikan.
     
    3. Living In The Past
     
    Hidup di Masa Lalu.
     
    Nah ini orang-orang yang enggak bisa move on selalu merasa hidupnya di masa lalu bicaranya selalu dulu, dulu dan dulu. 'Dulu ya hidup saya nyaman banget' Mau sampai kapan membicarakan yang yang dulu lagi? membicarakan kehidupan itu ibarat kamu lagi naik mobil kamu lebih sering melihat kaca spion atau kaca depan? Pasti kaca depan kan ... ya hidup juga seperti itu kalau kamu terus menerus memandangi kaca spion memikirkan yang dulu terbuai dengan yang lalu - lalu dan lupa dengan yang ada di depan kamu bahaya itu bisa - bisa menabrak, bener enggak?
     
    Nah jadi, jangan sampai terlena hingga kamu mencelakakan diri kamu sendiri bahkan mencelakakan orang-orang terdekat kamu hanya karena kamu tidak bisa move on dari masa lalu. Jadi, belajarlah dari masa lalu, tapi hidup untuk hari ini.
     
    4. Negative Self - Talk
     
    Berkata Negative Terhadap Diri Sendiri.
     
    Pernah enggak kamu berpikir dan berkata negatif terhadap diri sendiri? pasti pernah ya? kalimat-kalimat seperti 'duh kenapa ya kok saya enggak bisa seperti mereka' dan seterusnya.
    Pernah kamu mengucapkan kalimat itu ke diri kamu sendiri? kalau iya, hari ini yuk kita sadar memberi kritik negatif kepada diri kamu secara terus menerus itu justru bisa membuat kamu merasa tertekan dan parahnya nih merasa depresi dan merasa tidak berharga. Ingat kata-kata itu penting banget, akan jauh lebih baik kalau kamu bisa mengubah kalimat-kalimat negatif menjadi, kalimat positif yang membangun.
     
    5. Over thinking
     
    Terlalu Banyak Mikir
     
    Siapa dari kamu yang terlalu banyak mikir? Well memang ini juga salah satu hal yang manusiawi ya .. pernah enggak kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan dan terus menerus memikirkan kesalahan, memikirkan kegagalan? Biasanya orang yang over thinking ini akan terlalu khawatir akan banyak hal semuanya di pikirin bahkan untuk hal-hal yang belum tentu terjadi. Memang baik untuk kita buat perencanaan, ya tapi kalau berlebihan apa lagi kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan yang sebenarnya belum terjadi, itu sangat tidak baik.
    Dan kamu tau? kamu over thinking itu bisa melemahkan dan enggak cuma bahaya buat kesehatan mental tapi juga bahaya untuk kesehatan fisik, karena mental dan fisik kita itu sangat berhubungan.
     
    Nah jadi, hari ini stop over thinking and start doing, memikirkan sesuatu secara berlebihan itu enggak akan mengubah apapun tapi lakukan segera take action tindakan yang kamu lakukan itu, itulah yang akan membawa perubahan bukan pemikiran yang berlama-lama.
    Lakukan hal-hal yang berbeda dari apa yang biasa kamu lakukan, cobalah untuk keluar dari rutinitas sejenak mulailah untuk bergerak mencari hal-hal baik, mencari hal-hal baru mungkin yang bisa membuat kamu lebih merasa bahagia .
     
    Berpikir itu penting, tapi berpikir dan bertindak jauh lebih penting .
     
    Nah jadi, itu dia 5 hal yang perlu kamu hentikan sekarang juga kalau kamu ingin hidup yang lebih baik dan lebih bahagia, setuju?

    Ikuti tulisan menarik Delia Dwi Ramadhanti lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.