Kelebihan Domain Berbayar vs Gratisan dalam Pembuatan Website yang Sebaiknya Kamu Tau - Urban - www.indonesiana.id
x

sumber foto: sirclo.com

Sulaiman nur Rahman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Mei 2020

Minggu, 3 Juli 2022 06:24 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Kelebihan Domain Berbayar vs Gratisan dalam Pembuatan Website yang Sebaiknya Kamu Tau

    Pengguna bebas menentukan pilihan tema plugin dan term of service. Pembuatan website gratis sangat direkomendasikan bagi pemula yang masih dalam tahapan belajar.

    Dibaca : 885 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Untuk domain hosting ada dua pilihan yaitu berbayar dan gratisan. Untuk proses pembuatan website Kamu harus memperhatikan domain mana yang bisa digunakan. Selain itu Kamu juga harus menyesuaikan antara domain hosting dengan kebutuhan.

    Website yang Kamu gunakan tersebut harus memiliki layanan domain terbaik. Tujuannya agar bisa memberikan kesan yang lebih kredibel dan profesional. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu agar dapat membangun situs yang lebih maksimal.

    Untuk kedua domain, baik itu yang gratis atau yang berbayar pastinya sama-sama mempunyai keuntungan beserta kekurangan. Namun keduanya memberikan kemudahan bagi penggunanya.

    Kelebihan Hosting Gratis dan Berbayar

    Sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting domain, maka ada baiknya jika Kamu mengetahui apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh hosting gratis dan juga berbayar. Untuk mengetahui penjelasan detailnya, berikut ulasannya:

    1.      Hosting Gratis

    • Harga Terjangkau

    Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh hosting domain gratis yaitu Kamu dapat menggunakannya secara gratis, karena Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun pada saat proses pembuatan website.

    Tidak hanya itu saja, backend yang terdapat di web gratis tersebut juga menyediakan ribuan widget, tema, plugin maupun fitur yang sangat menarik. Sehingga fitur inilah yang bisa menjadikan tampilan website Kamu menjadi lebih menarik.

    Ada juga di blogspot yang mana semuanya hampir serupa untuk proses pembuatan website yang dapat digunakan.

    • Cocok Untuk Pemula

    Pilihan fitur yang tersedia di dalamnya sangat direkomendasikan bagi pemula yang masih dalam tahapan belajar mengenai pembuatan website seperti wordpress atau yang lainnya. Di sini Kamu memiliki kebebasan untuk menciptakan sebuah website dengan mudah.

    2.      Hosting Berbayar

    • Mudah Menciptakan Website

    Keuntungan yang pertama, jika menggunakan hosting domain berbayar yaitu Kamu bisa merasakan bagaimana kemudahan dalam menciptakan website agar terlihat lebih profesional. Tentu saja website yang Kamu miliki tersebut akan lebih kredibel.

    Mengingat bahwa situs yang memiliki kredible bagus maka sudah bisa dipastikan mampu memberikan banyak manfaat yang bisa dicapai. Namun hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

    • Paket Pembuatan

    Website dari hosting berbayar ini Kamu akan diberikan beberapa pilihan paket pembuatan website terbaik. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa di dalam paket tersebut menyediakan fitur yang sangat nyaman dan lengkap.

    Misalnya Kamu memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan di SK Space bandwidth maupun fitur lain yang ingin Kamu masukkan ke dalamnya. Jika sudah melakukan pembelian paket domain berbayar maka Kamu bisa menciptakan website yang terlihat profesional.

    Selain itu, paket pembuatan website juga biasanya sudah termasuk dengan domain seperti .id, .com, .co, dan lainnya. Terlebih, harga jual domain .id dan harga beli domain .com juga terbilah murah!

    • Semua Fasilitas Tersedia

    Membicarakan mengenai fasilitas, maka sudah bisa dipastikan bahwa setiap pengguna hosting berbayar dapat memperolehnya secara cuma-cuma. Kamu dapat memanfaatkan seluruh fasilitas tersebut secara maksimal.

    Sementara di setiap proses pembuatan website tersedia jutaan tema dan plugin yang siap membantu Kamu untuk memperoleh website yang paling handal.

    Kekurangan Domain Hosting Gratis dan Berbayar

    Meskipun Kamu sudah mengetahui deretan kelebihan yang ada di atas, namun ternyata kedua domain hosting ini juga mempunyai kekurangan yang sebaiknya dipertimbangkan agar tidak menyesal di kemudian hari nanti. Untuk info detailnya silakan simak ulasan yang ada di bawah ini:

    1.      Domain Hosting Gratis

    • Failitas Terbatas

    Kamu dapat memperoleh fasilitas domain yang dibanderol dengan harga terbatas. Akan tetapi fasilitas tersebut juga tidak semua bisa Kamu peroleh dengan mudah. Kamu harus berhadapan dengan TOS maupun Term Of Service yang cukup ketat.

    Contohnya Kamu tidak diperbolehkan apabila melakukan pemasangan iklan yang terlalu banyak sekaligus ke dalam website gratis. Apabila hal ini terjadi pelanggaran, maka Kamu bersiap-siaplah menghadapi masalah lain.

    • Ancaman Terkena Suspend

    Kekurangan kedua yaitu apabila menggunakan situs gratis, maka sangat beresiko terhadap suspend yang membuat situs Kamu akan secara tiba-tiba hilang dalam sekejap. Oleh karena itu, pertimbangkan sebelum menggunakan domain hosting gratis.

    • Banyak Syarat yang Rumit

    Mengingat bahwa ini adalah fitur gratis yang dapat dinikmati oleh semua orang, maka wajar saja apabila syarat yang ditetapkan juga sedikit merepotkan. Misalnya saja Kamu dilarang keras menyebarkan konten yang sekiranya tidak sesuai dengan term of service atau TOS.

    Jika tetap melanggarnya otomatis situs tersebut, akan memblokir Kamu. Ada banyak sekali hal yang harus dipatuhi agar bisa memperoleh layanan gratis ini. Sementara situs yang menggunakan sub domain juga akan terasa kurang efektif.

    Bahkan dianggap kurang bisa menjadi portofolio ketika ingin menjual suatu produk hosting domain berbayar. Untuk itu, penggunaan dari domain hosting harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

    Domain Hosting Berbayar

    • Lebih Mahal

    Kekurangan pertama jika menggunakan hosting berbayar yaitu dari segi biaya yang harus Kamu keluarkan supaya dapat memperoleh layanan domain hosting sesuai yang diinginkan dan sesuai kebutuhan. Sayangnya biaya yang dikeluarkan tidak sampai di situ saja.

    Akan tetapi masih ada sejumlah biaya tambahan lainnya yang harus Kamu bayarkan. Contohnya seperti dari segi maintenance atau perawatan fasilitas. Tergantung biaya yang dikeluarkan.

    Banyak orang yang beranggapan bahwa jika menggunakan domain hosting berbayar maka segi kehandalan tidak perlu diragukan lagi. Namun sayangnya hal ini belum pasti terjadi, mengingat bahwa ada banyak paket domain hosting yang berbayar dengan fasilitas yang bagus.

    Namun untuk fasilitas itu sendiri tergantung dari segi uang yang dikeluarkan. Untuk paket domain tersebut akan dibagi-bagi dalam beberapa pilihan. Seperti standar, VIP dan menengah. Silahkan Kamu memilih domain yang dedicated shared vps maupun yang lainnya.

    Sehingga jika menginginkan spesifikasi lebih bagus, otomatis Kamu harus mengeluarkan banyak uang.

    Hosting Berbayar Vs Gratis, Mana yang Lebih Baik?

    Setelah mengetahui informasi seputar domain berbayar dan domain gratisan yang ada di atas, tentu saja Kamu merasa bingung mana yang lebih baik. Apakah menggunakan domain gratis atau yang berbayar? Untuk semuanya pastinya memiliki masing-masing keterbatasan.

    Namun hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap para penggunanya. Untuk bisa menentukan mana yang paling terbaik, maka silahkan melihat tujuan utama Kamu apakah yang menjadi tujuan dalam pembuatan website tersebut.

    Misalnya hanya ingin dijadikan sebagai portofolio maka bisa menggunakan tipe yang biasa yaitu shared hosting. Akan tetapi apabila Kamu berencana ingin membuat website yang memiliki tujuan korporasi maka dapat menggunakan vps hosting atau dedicated.

    Dari sinilah untuk semua keuntungan bisa dirasakan secara maksimal. Bahkan hal yang tidak kalah pentingnya Kamu dapat mempunyai website secara independen. Bisa juga melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, harga beli domain .com juga akan lebih murah jika anda membeli paket hosting yang bisanya akan disediakan promo beli hosting gratis domain.

    Dari sinilah Kamu dapat mencoba kehandalan web hosting berbayar maupun gratis sesuai kebutuhan. Dengn begitu maka penggunaan dari domain hosting tidak akan sia-sia.

    Memang penting sekali untuk mengetahui kelebihan domain berbayar dengan domain gratisan untuk proses pembuatan website, karena ini adalah menjadi langkah awal yang tidak boleh diabaikan. Meskipun sepele namun tidak boleh dilupakan.

     

    Ikuti tulisan menarik Sulaiman nur Rahman lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Kamis, 11 Agustus 2022 17:33 WIB

    Tip Memanaskan Motor Matic; Jangan Terlalu Lama

    Dibaca : 295 kali





    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 410 kali