Aksi Nyata PT IMIP Bersama SDC Morowali Jaga Kawasan Konservasi Pulau Sombori - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Rehabilitasi Terumbu Karang oleh SDC Morowali dan PT IMIP

Tania Adin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Minggu, 3 Juli 2022 05:50 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Aksi Nyata PT IMIP Bersama SDC Morowali Jaga Kawasan Konservasi Pulau Sombori

    Sombori Dive Conservation (SDC) dan juga PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) saling bahu-membahu melestarikan ekosistem pesisir Morowali, terutama di perairan Pulau Sombori.

    Dibaca : 483 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pulau Sombori yang merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Morowali ini sudah terkenal keindahannya. Bahkan disebut-sebut sebagai Raja Ampat Mini. 

    Di pulau itulah, tak hanya ada pemandangan pantai yang cantik dan jernihnya air berwarna biru namun juga banyak keanekaragaman hayati bawah laut, dari mulai koral, terumbu karang, atol hingga ikan-ikan.

    Tentunya keasrian perairan Pulau Sombori hingga kini tidak akan bisa kita saksikan jika bukan berkat peran para penjaga lingkungannya. Adalah Sombori Dive Conservation (SDC) dan juga PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang saling bahu-membahu melestarikan ekosistem pesisir Morowali, terutama di perairan Sombori.

    Sombori Dive Conservation (SDC) adalah komunitas yang bergerak di bidang lingkungan yang kiprahnya dalam menjaga lingkungan Sombori itu tidak perlu diragukan lagi. Bahkan karena dedikasinya, SDC Morowali pernah mendapat Penghargaan Kalpataru 2021 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Oktober 2021 silam. 

    Sedangkan PT IMIP sendiri sudah terkenal dengan aksi peduli lingkungan di sekitarnya, dari mulai rehabilitasi mangrove di sana-sini, penanaman pohon, memberikan bantuan tong sampah dan truk sampah hingga upaya transformasi ke industri yang lebih ramah lingkungan.

    IMIP dan SDC Morowali Bersama-sama Lestarikan Lingkungan

    Tak lama setelah SDC Morowali menerima piala penghargaan Kalpataru di Jakarta, PT IMIP pun langsung mengundang pihak komunitas penyelamat lingkungan tersebut untuk berikan apresiasi secara langsung dan juga membahas rencana pelestarian ekosistem di pesisir Morowali. 

    “Dengan prestasi yang diraih oleh rekan-rekan SDC ini, menjadi salah satu bukti bahwa kita harus lebih banyak lagi berbuat untuk daerah kita. Kita juga patut berbangga, karena daerah kita ini telah mendapat perhatian yang lebih dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup, melalui penghargaan Kalpataru 2021,” jelas Irsan Widjaja, Direktur operasi PT IMIP saat pertemuan singkat dengan Ketua SDC Kasmudin bersama tiga anggota SDC lainnya, di kantor PT IMIP, Jumat (8/10/2021).

    Ajakan  kolaborasi ini tentunya disambut baik oleh pihak SDC Morowali. Dan hasilnya, kedua penjaga lingkungan di Morowali itu sepakat untuk menggodok rencana pembenahan lingkungan Morowali menjadi lebih baik.

    Setelah pertemuan di Oktober 2021, pada Rabu, (1/6/2022) PT IMIP bersama Sombori Dive Conservation (SDC) Morowali melakukan upaya rehabilitasi terumbu karang. Dalam kegiatan rehabilitasi terumbu karang turut hadir Ketua SDC Morowali, Kasmudin, Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja, perwakilan perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Kabupaten Morowali dan Kepala Desa Mbokita, Jufri.

    Sebelumnya pihak PT IMIP juga dikabarkan telah memberikan bantuan perahu yang digunakan untuk patroli konservasi di sekitar perairan Sombori.

    “Tak hanya sebatas rehabilitasi saja. Sebelumnya PT IMIP telah memberikan bantuan perahu yang dijadikan sebagai patroli konservasi. Bantuan ini ternyata, sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam kondisi darurat,” ujar Kasmudin.

    Dan diungkap lebih lanjut oleh Ketua SDC Morowali, Kasmudin, kedepannya PT IMIP bersama pihaknya akan mengerjakan lebih banyak hal terkait pelestarian lingkungan. Dari mulai perpustakaan terapung, pemberdayaan UMKM di wilayah Desa Mbokita dan juga pemecahan rekor dunia lewat rehabilitasi terumbu karang seluas 1.000 hektare lebih. 


    Ikuti tulisan menarik Tania Adin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.