Kenali Berbagai Macam Grade pada Gunpla - Urban - www.indonesiana.id
x

Berbagai macam dari grade pada GUNPLA. Satu SD dan dua RG.

Antonius Adrian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Juli 2022

Minggu, 3 Juli 2022 06:18 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Kenali Berbagai Macam Grade pada Gunpla

    Pada artikel kali ini, saya akan memberitahukan beberapa contoh dari grade pada Gunpla beserta detail, harga, dan juga artikulasinya.

    Dibaca : 967 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Model kit adalah model skala plastik yang diproduksi sebagai kit, yang bisa dirakit oleh para penggemar, dan dimaksudkan sebagai pajangan. Model kit sendiri biasanya menggambarkan berbagai objek benda seperti kendaraan dan robot. Salah satu jenis model kit yang terkenal adalah Gundam Plastic Model atau disingkat Gunpala.

    Gunpala dibuat berdasarkan sebuah robot mecha besar pada anime Mobile Suit Gundam. Secara historis, Gunpla diproduksi pada tahun 1980 oleh perusahaan asal Jepang yang bernama Bandai. Gunpla awalnya dibuat hanya dengan memiliki satu warna saja dan bersifat statis atau tidak bisa diposekan, tetapi seiring berkembangnya teknologi pembuatan model kit.

    Gunpla akhirnya dibuat dengan mewikili banyak warna sesuai dengan rancangan aslinya pada anime tersebut dan juga memiliki sendi-sendi sehingga membuat Gunpla bisa diposekan sesuai keinginan pemilik. Gunpla juga memiliki beberapa grade sesuai dengan seberapa akurat warna yang dimilikinya, ukurannya, tingkat kesuiltan, dan juga sendi-sendinya. Berikut adalah berbagai macam grade pada Gunpla:

     

    1. SD

                SD atau super deformed adalah grade Gunpla yang paling bawah. SD ini memiliki separasi warna yang sedikit dan juga SD ini adalah gunpla yang ukuran dibuat kecil dan gembul. Tingkat kesulitan merakit kit ini tergolong sangatlah mudah karena tidak membutuhkan peralatan khusus.

    1. HG

                HG atau high grade adalah tingkatan selanjutnya pada Gunpla . Jenis HG ini dibuat dengan model asli gundam pada serial animenya dengan skala 1/144. Namun, jenis ini memiliki detail warna yang kurang dan juga memiliki pose yang terbatas. Cara merakit HG tergolong mudah dan hanya memerlukan minim peralatan saja.

    1. MG

                MG atau master grade adalah tingkatan selanjutnya dari HG. Jenis MG ini juga dibuat berdasarkan model asli gundam dengan skala 1/100. Grade ini memiliki detail warna yang lebih akuran dibandingkan HG dan juga bisa diposekan sebebas mungkin. Tingkatan MG mempunyai tingkat kesulitan yang lumayan.

    1. RG

                RG atau real grade merupakan rancangan grade dengan menggabungkan ukuran skala dari HG dan sendi-sendi dari MG. Tujuan dibuatnya grade ini adalah untuk merealisasikan bagaimana jika gundam ada di dunia nyata. Detail dari RG sangatlah bagus mulai dari detail-detail pada robot maupun separasi warnanya. Merakit RG ini sangatlah sulit karena banyak bagian-bagian kecil sehingga sulit digenggam menggunakan tangan.

    1. PG

                PG atau perfect grade adalah lini rancangan paling mahal dan paling besar dari semua grade yang ada. PG dibuat dengan skala 1/60 dan memiliki separasi warna dan sendi yang sangat detail. PG ini juga mendapatkan aksesoris terpisah seperti lampu LED agar Gunjpla kita terkesan hidup. Tingkat kesulitan merakit PG sangatlah sulit karena memiliki bagian plastik yang sangat banyak.

                Berikut adalah berbagai macam jenis grade pada Gunpla . Semoga dengan adanya informasi di atas, kita sebagai pembeli dapat menyesuaikan kemampuan harga maupun keahlian agar saat proses perakitan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

    Ikuti tulisan menarik Antonius Adrian lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Kamis, 11 Agustus 2022 17:33 WIB

    Tip Memanaskan Motor Matic; Jangan Terlalu Lama

    Dibaca : 295 kali





    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 410 kali