6 Produk Skincare dan Cara Pemakaiannya yang Sebaiknya Diketahui Pemula - Urban - www.indonesiana.id
x

Beberapa barang skincare yang harus dimiliki para pemula.

Nuralyta Augustine

Mahasiswa Sastra Indonesia
Bergabung Sejak: 2 Juli 2022

Senin, 4 Juli 2022 15:08 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 6 Produk Skincare dan Cara Pemakaiannya yang Sebaiknya Diketahui Pemula

    Siapa yang tak ingin terlihat memiliki kulit bersih tanpa riasan wajah? Pada masa kini, orang-orang telah memperhatikan diri mereka secara lebih seperti merawat kulit wajah. Saat ini baik perempuan maupun laki-laki sudah memiliki kesadaran untuk merawat diri termasuk kulit wajah, karena hal tersebut merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan kulit wajah. Tetapi masih banyak orang yang belum mengerti tentang produk skincare serta tahapan pemakaiannya.

    Dibaca : 1.107 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Siapa yang tak ingin terlihat memiliki kulit bersih tanpa riasan wajah? Pada masa kini, orang-orang telah memperhatikan diri mereka secara lebih seperti merawat kulit wajah. Saat ini baik perempuan maupun laki-laki sudah memiliki kesadaran untuk merawat diri termasuk kulit wajah, karena hal tersebut merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan kulit wajah. Tetapi masih banyak orang yang belum mengerti tentang produk skincare serta tahapan pemakaiannya, maka dari itu penulis akan menjelaskan tahapan-tahapan dari penggunaan skincare untuk pemula yang baik dan benar sebagai berikut:

    1. Cleanser

    Cleanser merupakan cairan untuk menghapus riasan wajah dan menghapus debu pada wajah akibat polusi. Produk tersebut merupakan tahapan awal dari penggunaan skincare. Produk ini memiliki berbagai macam bentuk seperti gel, cair, krim, minyak, dan lain sebagainya. Cara pemakaiannya adalah dengan mengusapkan produk langsung ke atas wajah lalu bilas dengan air bersih atau bias juga menggunakan kapas khusus pembersih wajah.

    1. Sabun Cuci Wajah atau Facial Wash

    Pada dasarnya sabun cuci wajah memiliki kegunaan yang sama dengan cleanser yaitu mengangkat kotoran seperti debu atau sisa riasan wajah yang masih menempel pada wajah, namun yang membedakan sabun cuci wajah merupakan produk untuk mengoptimalkan kebersihan pada wajah setelah penggunaan cleanser.

    1. Toner

    Toner merupakan sebuah cairan yang pada umumnya berfungsi untuk menetralkan pH pada kulit wajah setelah menggunakan sabun cuci wajah. Biasanya toner seperti itu bias disebut juga dengan hydrating toner selain untuk menetralkan pH kulit wajah, toner tersebut dapat melembabkan kulit serta dapat digunakan setiap hari. Selain hydrating toner, toner juga memiliki satu jenis lagi yang biasa dikenal dengan exfoliating toner. Toner tersebut berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati tanpa mengikis bagian luar kulit wajah. Exfoliating toner biasanya memiliki kandungan senyawa kimia yaitu AHA, BHA, dan PHA. Berbeda dengan hydrating toner, ini tidak dapat digunakan setiap hari terlebih untuk yang memiliki tipe kulit sensitive serta kering. Jika ingin memakai kedua toner tersebut langkah pertama gunakan exfoliating toner terlebih dahulu menggunakan kapas lalu ketika sudah meresap ke kulit wajah segera gunakan hydrating toner untuk menetralkan pH kulit serta melembabkan yang akan membantu kulit tidak mongering karena kandungan yang ada pada exfoliating toner.

    1. Serum

    Serum merupakan produk yang konsistensinya cair cenderung kental, biasanya produk ini digunakan untuk mengobati masalah-masalah khusus pada kulit wajah seperti mencerahkan, menghilangkan noda hitam, menghilangkan jerawat atau bekas jerawat, mencegah keriput dan masih banyak lagi. Biasanya kandungan yang terdapat pada serum meliputi niacinamide, salicylid acid, centella astiatica, hyloronic acid, dan lain sebagainya. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan meneteskan produk ke atas telapak tangan atau langsung ke atas wajah dan usahakan pipet dari serum tidak kontak langsung dengan kulit agar tetap higienis.

    1. Pelembab

    Pelembab merupakan produk wajib yang harus digunakan ketika menggunakan skincare. Pasalnya selain untuk melembabkan kulit wajah, pelembab juga berfungsi untuk mengunci seluruh rangkaian skincare yang telah dipakai sebelumnya. Pelembab dapat digunakan untuk berbagai macam jenis kulit dari yang normal, bahkan berminyak.

    1. Tabir Surya atau Sunscreen

    Tabir surya tak kalah penting dari deretan skincare lainnya, produk ini berfungsi sebagai penangkal sinar UVB serta panasnya matahari yang masuk ke bawa lapisan kulit wajah. Penggunaan tabir surya secara rutin dapat mengurangi terjadinya resiko garis halus, flek hitam, dan lain sebagainya. Cara menggunakan tabir surya sesuai dosis yaitu gunakan sebanyak dua ruas jari lalu ratakan keseluruh wajah hingga leher, penggunaan tabir surya harus rutin dengan pengulangan sesuai dosis pada spf yang terkandung di dalamnya. Jangka waktu menggunakan tabir surya adalah dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore.

     

    Penjelasan tentang produk-produk skincare diatas harus disesuaikan juga dengan tipe kulit wajah dan juga kondisi kulit wajah, gunakan bahan-bahan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah agar terlihat seperti kulit yang terawatt dan juga sehat. Produk-produk skincare merupakan bentuk perawatan kulit wajah dari luar, merawat kulit wajah juga dapat dilakukan dari dalam seperti mengonsumsi vitamin E, buahibuahan serta sayur-mayur. Skincare tidak digunakan hanya pada perempuan saja namun masa kini laki-laki juga dapat menggunakannya karena skincare has no gender! Salam kulit sehat!

    Ikuti tulisan menarik Nuralyta Augustine lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Kamis, 11 Agustus 2022 17:33 WIB

    Tip Memanaskan Motor Matic; Jangan Terlalu Lama

    Dibaca : 295 kali





    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 410 kali