PSM Makassar Harapan Terakhir Indonesia di AFC Cup - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

PSM Makassar

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Senin, 4 Juli 2022 16:54 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • PSM Makassar Harapan Terakhir Indonesia di AFC Cup

    PSM Makassar menjadi satu-satunya wakil Indonesia diajang AFC Cup 2022 setelah Bali United akhirnya gagal diajang AFC Cup. Dengan menyisakan PSM Makassar sebagai wakil Indonesia, sudah selayaknya kita mendukungnya nanti ketika bermain sebagai tuan rumah di Stadion Patriot, Bekasi nantinya.

    Dibaca : 1.367 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    PSM Makassar menjadi satu-satunya wakil Indonesia diajang AFC Cup 2022 setelah menjadi juara grup dalam babak penyisihan. Dengan modal empat poin hasil imbang dengan KL City (Malaysia) dan kemenangan atas Tampines Rovers (Singapura) tim PSM Makassar dengan menyakinkan lolos grup serta berhak menjadi tuan rumah dalam babak semifinal zona ASEAN yang akan diadakan pada tanggal 9 Agustus 2022 kedepan. Lolosnya PSM Makassar di babak semifinal zona ASEAN AFC Cup ini adalah yang kedua kalinya setelah berhasil lolos kebabak yang sama pada tahun 2019, namun sayangnya pada tahun tersebut mereka harus kalah oleh wakil Vietnam saat itu, Binh Duong.

    Sekarang kesempatan kembali datang untuk PSM Makassar agar bisa melaju lebih jauh, paling tidak sampai final zona ASEAN diajang AFC Cup. Jika tidak ada perubahan berarti, PSM Makassar kemungkinan akan menjamu wakil Malaysia, yaitu Kedah Darul Aman. Tentu dengan keadaan PSM Makassar yang menjadi tuan rumah dalam babak semifinal zona ASEAN nantinya keuntungan untuk oleh PSM Makassar. Rivalitas antara Indonesia lawan Malaysia yang biasanya terjadi ditingkat timnas pun mau tidak mau akan menjadi topik tambahan antara ketemunya PSM Makassar yang mewakili Indonesia dan Kedah Darul Aman yang mewakili Malaysia.

    PSM Makassar bisa dikatakan sebenarnya tidak dijagokan untuk lolos ke babak semifinal ini dibandingkan dengan Bali United, baik dari segi finansial ataupun skuad. Tapi malah PSM Makassar-lah yang mampu lolos dan Bali United 'hanya' mampu berada diposisi ketiga dalam klasemen grup. Dengan keadaan yang apa adanya, banyak yang berharap PSM Makassar mampu melaju sampai final zona ASEAN sebagai tim dari liga Indonesia pertama yang mampu lolos sampai final zona ASEAN semenjak menggunakan format baru. Agar mampu pula mendapatkan poin untuk mengangkat peringkat liga Indonesia secara Asia yang per hari ini berada dikisaran 25 se-Asia. 

    Peringkat ini tentu juga penting tentang perwakilan tim-tim Indonesia nantinya apakah tetap akan berkompetisi di AFC Cup saja atau akan ada wakil baru yang akan bertanding diajang lebih tinggi seperti Liga Champion Asia. Memang PSM Makassar pada pertandingan delapan besar Piala Presiden pada hari minggu kemarin kalah melawan Borneo FC 2-1. Namun, masih ada kesempatan dan waktu untuk memperbaiki diri sebelum menghadapi Kedah Darul Aman. Apalagi BRI Liga1 Indonesia akan bergulir kembali diperkirakan pada tanggal 27 Juli nanti, sehingga diharapkan PSM Makassar sudah lebih siap dan padu nantinya. Kita tentu harapkan PSM Makassar bisa menang menyakinkan nanti ketika menjamu Kedah Darul Aman distadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi.

     

    Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.