Wisata Pangandaran yang Wajib Dikunjungi - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Ali Mufid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Maret 2022

Kamis, 7 Juli 2022 13:58 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Wisata Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

    Pantai Pangandaran, Jawa Barat memiliki pariwisata terintegrasi. Banyak obyek wisata kelas global dengan keindahan alam berkarakter kuat.

    Dibaca : 1.273 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pangandaran pernah di landa bencana tsunami pada 2006 silam. Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter yang berpusat di Samudera Hindia lepas pantai Jawa Barat itu merenggut sebanyak 668 korban jiwa, 65 hilang dan 9.299 luka-luka. Hampir 16 tahun lalu, kini Pangandaran yang telah menjadi pemerintahan Kabupaten disulap menjadi pariwisata terintegrasi dengan lokasi wisata lainnya. Berikut wisata Pangandaran yang wajib anda kunjungi,

     

    Pantai Pangandaran

     

    Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai terindah di pesisir selatan Jawa Barat. Daerah yang baru pemekaran pada 2012 lalu sebelumnya tergabung ke wilayah adminsitrasi Kabupaten Ciamis. Pantai ini memiliki ciri khas yang menjorok ke arah laut. Sehingga saat anda mengunjungi wisata ini, bisa melihat keelokan pantai dari sisi timur atau barat.

     

    Selain pesisir yang bersih, pantai Pangandaran juga terintegrasi dengan sejumlah lokasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi. Untuk akses ke pantai Pangandaran banyak transportasi publik yang bisa anda pakai. Bahkan jika anda berada dari luar kota, bisa menggunakan pesawat Susi Air dengan tujuan Bandara Nusawiru, Pangandaran.

     

    Cagar Alam Pangandaran

     

    Cagar Alam Pangandaran pernah menjadi lokasi syuting film drama kolosal yang disiarkan di salah satu stasiun televisi nasional era 2000an. Seperti fungsi cagar alam pada umumnya, di lokasi ini banyak satwa dilindungi yang menghuni cagar alam yang letaknya tak jauh dari pesisir pantai Pangandaran.

     

    Cagar Alam Pangandaran juga memiliki jejak-jejak sejarah lainnya yang harus anda sambangi. Jika menyusuri cagar alam ini, anda akan merasakan keasrian alam dan pemandangan pasir putih yang mempertegas kecantikan pantainya.

     

    Wonder Hill Jojogan

     

    Berlokasi di Dusun Gunung Tiga, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Wonder Hill Jojogan menjadi salah satu alternatif wisata alam yang tak kalah menarik. Saat berkunjung ke lokasi itu, anda bisa melihat keindahan alam dari atas bukit.

     

    Tak hanya itu, dari atas bukit bisa melihat panorama air terjun berundak termasuk aktifitas body rafting pengunjung. Spot yang indah di Wonder Hill Pangandaran ini menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang gemar fotografi.

     

    Pantai Batu Hiu

     

    Banyak orang menyebut jika pantai ini adalah "Tanah Lot" nya Jawa Barat. Panorama pantai menyerupai keindahan Tanah Lot yang ada di Pulau Bali. Wisatawan mancanegara banyak berkunjung ke pantai ini. Selain ombaknya yang tidak terlalu besar, pantai ini juga relatif bersih dan nyaman untuk bersantai.

     

    Pantai Batu Hiu sendiri langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Deretan batu karang di pinggiran pantai menambah eksotisnya pemandangan di lokasi ini. Selain sebagai destinasi wisata bahari, pantai Batu Hiu juga memiliki penangkaran penyu hijau sebagai upaya melestarikan salah satu biota laut ini.

     

    Green Canyon Pangandaran

     

    Jika anda hobi body rafting, wisata ini sangat cocok untuk memacu adrenalin. Salah satu kekuatan wisata Green Canyon Pangandaran adalah batuan tebing di sepanjang sungai berwarna hijau yang bersih. Nuansa ini memberikan keteduhan bagi siapa saja yang berkunjung ke lokasi wisata yang memakan jarak tempuh sekitar 60 menit dari pantai Pangandaran.

     

    Perahu penumpang menjadi armada sungai yang akan mengantarkan anda menyusuri sungai melewati batuan tebing hingga ke goa. Di ujung perjalanan menggunakan perahu penumpang, anda bisa memulai petualangan body rafting bersama keluarga. Tentu pengalaman yang seru sehingga wisata ini wajib anda kunjungi.

     

    Citumang

     

    Hampir sama dengan wisata Green Canyon Pangandaran, Citumang menawarkan konsep wisata adventure. Sungai cantik nan jernih ini menjadi pelengkap keindahan pariwisata terintegrasi di Kabupaten Pangandaran. Selain turis domestik, Citumang juga sering dikunjungi wisatawan mancanegara.

     

    Citumang yang juga memiliki nama lain, Citumang Body Rafting ini memiliki gradasi warna hijau toska dan biru. Anda bisa menyusuri sungai sejauh 1,5 kilometer menggunakan pelampung tanpa harus khawatir dengan arus sungai karena ada pemandu yang profesional.

    Ikuti tulisan menarik Ali Mufid lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.