x

Iklan

Nelly Camelia Puspita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Sabtu, 9 Juli 2022 08:10 WIB

Konsep Karakter Pelaku Bisnis dengan Manajemen dan Kepemimpinan Kerja Tim


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kepemimpinan pada dasarnya tidak bisa berjalan sendirian. Kepemimpinan muncul karena kerja sama dengan orang lain. Tanpa orang lain, tidak ada pemimpin, kepemimpinan bukanlah upaya satu orang saja, melainkan melibatkan kerja sama tim. Tim yang handal adalah tim yang bisa bekerja sama, saling percaya, dan saling menghargai. Dalam membangun tim kerja adalah mengupayakan kesamaan visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai dengan terus melakukan brainstorming agar kesepakatan bersama dapat tercapai. 

Dalam menjalankan sebuah bisnis tersebut pun pasti pernah mengalami beberapa masalah terkait proses pemasaran, produksi, maupun penjualan.
Di mana masalah-masalah yang timbul tersebut biasanya terjadi karena manajemen bisnis yang buruk.

Hal ini dikarenakan manajemennya yang buruk. Manajemen yang buruk dapat mengakibatkan bisnis yang dijalankan menjadi kacau bahkan tak jarang dapat menyebabkan kerugian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai pelaku bisnis, dituntut untuk memahami dan mengerti akan pentingnya mengenal serta menerapkan manajemen dalam bisnis.

Adapun tantangan utama yang berhubungan dengan aspek kepemimpinan Tim itu sendiri adalah membangun budaya yang kondusif serta menciptakan atmosfer yang mendukung kerja tim. Pemimpin tim yang percaya kepada teamwork biasanya memiliki posisi yang lebih baik untuk membangun kultur teamwork. 

Tim dengan kinerja tinggi pada umumnya heterogen. Artinya, tim yang mencapai tingkat kinerja yang tinggi tidak terdiri dari orang-orang yang benar-benar sama. Melainkan, tim ini terdiri dari para anggota yang mempunyai kecakapan-kecakapan yang saling melengkapi. 

Fondasi dari sebuah tim kerja yang sukses dengan mengedepankan hubungan antar manusia, tim kerja yang efektif adalah saling mempedulikan satu dengan lainnya, membangun disiplin serta membangun komitmen agar tim dapat bekerja secara efektif.

Maka dari itu dalam membangun bisnis yang baik, diperlukan manajer yang baik pula. Seorang manajer harus memiliki sifat-sifat seorang pemimpin. Kemudian seorang manajer memerlukan tim untuk mengembangkan dan memulai strategi yang membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif. 

 

 

*artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UAS kepemimpinan dan manajemen.

Nama : Nelly Camelia Puspita

NIM : 21101027

Prodi : Manajemen

 

Ikuti tulisan menarik Nelly Camelia Puspita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler