x

Iklan

Media Belajar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juli 2022

Senin, 11 Juli 2022 11:40 WIB

Performance Art Chols Verde di Pameran Raba Rupa Yogyakarta 2022

Info salah satu pameran seni di Yogyakarta dengan ciri khasnya yang unik

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pameran Seni Raba Rupa di Yogyakarta pada tanggal 27 Juni 2022 hingga tanggal 7 Juli membawakan kekhasan tersendiri. Pada pameran seni yang seperti biasanya, ada sebuah larangan untuk tidak diperbolehkan menyentuh karya. Namun, berbeda dengan Pameran Raba Rupa, pada konsep mereka justru membuka penonton atau apresiator yang hadir untuk justru bisa menyentuh dan meraba semua karya yang di gelar di Galeri Leman Art House, Kalasan, Yogyakarta.

Ruba Rupa adalah pameran yang dilaksanakan dengan sistem terbuka bagi siapapun dan kalangan manapun yang mau berpartisipasi dalam gagasan subjektif tentang kemanusiaan yang dikhususkan dengan mengembangkan atau mengembalikan rasa dan peduli terhadap saudara yang mempunyai kelebihan pada tunanetra. Saudara-saudara tunanetra tidak harus dipandang sebagai manusia yang pasrah pada hidupnya, namun sebagaimana kita tahu bahwa banyak dari mereka justru melakukan upaya untuk juga bisa mempunyai dan mewujudkan keinginannya dalam menjalani kehidupan. Salah satunya, huruf braille yang menjadi media teks mereka untuk membaca dan menulis seperti halnya kita sebagai media penyampaian atau bahasa.

Dikaitkan dengan seni, sebenarnya juga sangat dekat dengan bagaimana visual atau seni lainnya menjadi media bahasa ungkap apapun oleh setiap pelaku seni. Namun, ada sedikit perbedaan jika pada visual yang hanya bisa dinikmati dari tangkap Indra penglihatan. Begitu juga pada saudara saudara tunanetra, media mereka adalah media yang berbeda bagi manusia pada umumnya. Dan tekstur pada kertas yang dijadikan sebagai kata dan kalimat yang dibangun dari titik menuju titik lainnya menjadi sebuah kode informasi bahasa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan itu, Raba Rupa Exhibition, mengambil dan mempersembahkan karya-karya bertekstur dari sudut pandang seniman kepada khalayak yang lebih terbuka tanpa memilah yang bertujuan untuk mempertemukan antara karya dengan konteks media bertekstur, dan menjadi kegiatan yang tak hanya memamerkan ekspresi, namun juga memproduksi pengetahuan baru tentang kepedulian pada tunanetra serta mewujudkan rasa kemanusiaan pada sesama manusia lainnya seiring berjalannya kehidupan.

Adapun seniman yang berpartisipasi dari daerah Bogor, Yogyakarta, Malang, serta Jawa Tengah, memamerkan karyanya di Pameran Seni Raba Rupa yakni :

Achmad Sofyan Asy’Ari – Yogyakarta

Adam Ar Rizki – Yogyakarta

Ade mbois – Yogyakarta

Alvi Alatas saputra – Yogyakarta

Arus siang – Jogja

Arya Yudha - Jogja

Bernandhito Andra – Jogja

Bintang Napitulu – Jogja

Catur Agung Nugroho – Yogyakarta

Cholsverde – Jogja

Febi Oni rinjani – Jogja

Febri suprian Saputra – Jogja

Gabrielle Maria Anna – Jogja

Jauhar Azhar – solo

Kokowoyo – Jogja

Muhammad Afif Abdurrahman – Bekasi

Muhammad Shodiq – Jogja

Prisma Vista paradise – Yogyakarta

Qibtiyah Izza Utari – Malang

Shafira – Jogja

Sofiana nur Annisa – Yogyakarta

Teguh Sariyanto – Yogyakarta

Tiang Senja – Yogyakarta

Yudhistira mark - Yogyakarta

Y.K.S KOLEKTIF - Yogyakarta 

 

Banyak para apresiator mulai dari kalangan seniman, orang pendidikan, serta masyarakat yang jugaturut datang untuk bisa merespon acara tersebut. Acara tersebut digelar hingga 7 Juli 2022. Siapapun bisa datang dari pukul 13:00 hingga 20:00 WIB tanpa registrasi. Pameran tersebut pun tidak berbayar. Jadi siapapun bisa sangat diperbolehkan untuk hadir dan menikmati karya Pameran Seni Raba Rupa Yogyakarta 2022.

Ikuti tulisan menarik Media Belajar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler