x

Iklan

febi feprianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juli 2022

Kamis, 14 Juli 2022 07:20 WIB

Hubungan Kepemimpinan Manajemen


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Kepemimpinan adalah bagian penting dari manajemen yang efektif. Sebagai komponen penting dari manajemen, perilaku kepemimpinan yang luar biasa menekankan pada membangun lingkungan di mana setiap karyawan berkembang dan unggul.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Stephen P. Robbins dalam Tambunan (2015:150), manajemen adalah proses pengkoordinasian kegiatan-kegiatan pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut terselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain. 

 

Seorang manajer harus memiliki sifat-sifat seorang pemimpin, yaitu harus memiliki kualitas kepemimpinan. Pimpinan mengembangkan dan memulai strategi yang membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Organisasi memerlukan kepemimpinan yang kuat dan manajemen kuat untuk efisiensi organisasi yang optimal.

 

Kemudian, kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuaan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Manajemen berfungsi mencermati dan mengidentifikasi arti bagi beragam situasi yang dihadapi oleh organisasi, membuat keputusan, dan membuat rencana aksi untuk memecahkan masalah.

 

Kepemimpinan berbeda dari manajemen dalam arti bahwa, manajemen mencakup fokus pada perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, dan pengendalian. Sedangkan, kepemimpinan merupakan bagian dari mengarahkan fungsi manajemen. Pemimpin fokus pada mendengarkan, membangun hubungan, kerja tim, menginspirasi, memotivasi dan membujuk para pengikut.

 

Namun, organisasi yang terlalu banyak dikelola dan di bawah pimpinan tidak berkinerja hingga patokan. Kepemimpinan disertai oleh manajemen menetapkan arah baru dan memanfaatkan sumber daya secara efisien untuk mencapainya. Baik kepemimpinan dan manajemen sangat penting untuk keberhasilan individu maupun organisasi.

Ikuti tulisan menarik febi feprianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB