x

Acara penutupan kegiatan PMM Kelompok 44 Gelombang 5, di Kantor Kepala Desa Donowarih bersama Kepala Desa, Staff Desa, Staff Guru SDN 02 Donowarih, Kepala Sekolah TK Harapan Bangsa, dan Staff Guru TK Harapan Bangsa.

Iklan

PMM Desa Donowarih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2022

Sabtu, 16 Juli 2022 05:36 WIB

Program Kerja Implikasi Kolektif Pemeliharaan dan Perbaikan Sarana-Prasarana di Desa Donowarih oleh Kelompok PMM UMM 44 Gelombang 5

Kegiatan PMM atau Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM terus diadakan dalam rangka memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia. Kelompok 44 Gelombang 5 telah melakukan serangkaian kegiatan di beberapa lokasi Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Malang. Kelompok kami terdiri atas 5 orang mahasiswa yang saling bekerja sama untuk membawakan perubahan dan manfaat bagi masyarakat setempat di Desa Donowarih. Program kerja yang dilakukan oleh Kelompok 44 Gelombang 5 ini berupa pemeliharaan serta perbaikan sarana-prasarana di Kantor Kepala Desa Donowarih, SDN 02 Donowarih, dan pengabdian dalam membantu kegiatan belajar-mengajar di TK Harapan Bangsa Donowarih.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan PMM atau Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM terus diadakan dalam rangka memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia. Kelompok 44 Gelombang 5 telah melakukan serangkaian kegiatan di beberapa lokasi Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Malang. Kegiatan berlangsung selama 30 hari yang dimulai pada tanggal 6 Juni hingga 5 Juli 2022. Saat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Donowarih, kelompok kami terdiri atas 5 orang mahasiswa yang berasal dari Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Hubungan Internasional. Kami saling bekerja sama untuk membawakan perubahan dan manfaat bagi masyarakat setempat di Desa Donowarih.

Program kerja yang dilakukan oleh Kelompok 44 Gelombang 5 ini berupa pemeliharaan serta perbaikan sarana-prasarana di Kantor Kepala Desa Donowarih, SDN 02 Donowarih, dan pengabdian dalam membantu kegiatan belajar-mengajar di TK Harapan Bangsa Donowarih. Di Kantor Kepala Desa Donowarih, kami melakukan pemeliharaan terhadap tembok parkiran dengan melakukan pembersihan lumut dan pengecatan, sehingga lingkungan di Kantor Kepala Desa Donowarih terlihat lebih indah dari sebelumnya. Kami juga melakukan pemeliharan di taman milik kantor kepala desa, dengan membersihkan sampah yang ada dan kami juga melakukan pembagian bunga hias dan pot bunga untuk Kantor Kepala Desa Donowarih.

Setelah itu, kami melakukan kegiatan di SDN 02 Donowarih, dengan melakukan pembuatan wastafel atau tempat cuci tangan sebagai sarana kebersihan untuk siswa-siswi SDN 02 Donowarih. Pembuatan wastafel ini berlangsung selama satu minggu, dan kami berharap agar wastafel ini dapat bermanfaat bagi siswa serta guru di SDN 02 Donowarih. Kami berharap wastafel yang telah dipasang di sekolah tersebut dapat digunakan sebagai sarana menjaga kebersihan bagi siswa-siswi dan staff guru di SDN 02 Donowarih. Pembuatan wastafel juga dibantu oleh warga sekitar, dan pihak sekolah. Kami berkonsultasi kepada pihak sekolah mengenai letak yang ideal untuk wastafel, serta berdiskusi mengenai aliran air akan berjalan. Setelah menentukan posisi yang ideal, kami mulai mempersiapkan pemasangan kerangka wastafel, memotong pipa, memberikan semen agar pipa tetap kokoh, dan mengecat kerangka wastafel yang sudah jadi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, kami juga melaksanakan kegiatan lomba kebersihan dan kegiatan gotong royong atau bersih-bersih lingkungan sekolah bersama dengan siswa SDN 02 Donowarih, pada hari Jumat, 24 Juni 2022. Kami juga melakukan penilaian terhadap kelas paling bersih, dan memberikan hadiah berupa piala serta bingkisan kepada kelas SDN 02 Donowarih yang telah menjadi juara di lomba kebersihan kelompok kami. Hal ini kami lakukan untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi SDN 02 Donowarih untuk selalu menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, sehingga mereka merasa nyaman ketika belajar di kelas.

Kegiatan selanjutnya yakni kami melakukan pengabdian dengan membantu kegiatan belajar-mengajar di TK Harapan Bangsa Donowarih. Kami membantu kepala sekolah dan staff guru TK Harapan Bangsa dalam mempersiapkan acara pelepasan sekolah. Kelompok kami membantu dalam mendesain ruangan yang akan digunakan untuk pelepasan, kemudian anggota kelompok kami juga membantu staff guru, dengan menjadi MC, membantu dalam hal dokumentasi, dan terima tamu. Setelah itu, kami juga membantu mempersiapkan topi dan kipas pembelajaran yang akan digunakan untuk murid baru untuk tahun ajaran selanjutnya. Sebagai apresiasi kami untuk TK Harapan Bangsa, kami juga memberikan beberapa buku cerita yang bermanfaat untuk pembelajaran siswa TK Harapan Bangsa.

Melalui program kerja yang telah kami dedikasikan selama 30 hari di Desa Donowarih, kami berharap program dan beberapa kegiatan yang telah kami lakukan di Desa Donowarih dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga dan instansi sekolah di Desa Donowarih. Kami juga berharap dapat memotivasi siswa-siswi SDN 02 Donowarih agar selalu peduli terhadap lingkungan, dan selalu menjaga infrastruktur yang ada. Kami juga berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah mengizinkan dan membantu kegiatan kami selama satu bulan, baik di Kantor Kepala Desa, SDN 02 Donowarih, dan TK Harapan Bangsa.

Ikuti tulisan menarik PMM Desa Donowarih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB