Pentingnya Balancing Velg Motor - Urban - www.indonesiana.id
x

web seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2022

Rabu, 20 Juli 2022 17:40 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Pentingnya Balancing Velg Motor


    Dibaca : 877 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tidak hanya mesin yang harus selalu diperhatikan  kondisinya, tetapi juga harus memperhitungkan faktor-faktor lain dari sepeda motor agar tidak ada masalah dengan kegunaan mesin. Salah satunya adalah pelek sepeda motor. 

    Seringkali pelek sepeda motor memiliki ciri kurang stabil saat dikendarai. Dalam hal ini, menyeimbangkan pelek sepeda motor adalah solusinya. Untuk informasi lebih lanjut tentang penyeimbangan pelek sepeda motor, lihat Informasi Dari Penyeimbangan Pelek Sepeda Motor hingga Biaya Penyeimbangan Pelek. simak ulasan gpsku dibawah ini.

     1. Pelek roda sepeda motor adalah salah satu komponen utama sepeda motor. 

    Roda sepeda motor  adalah elemen yang berguna untuk mengendarai sepeda motor. Roda ini terdiri dari dua bagian,  ban dan pelek. Ban adalah komponen yang nyaman untuk pergerakan roda yang mudah  di jalan, dan pelek adalah rangka yang memberikan dukungan kuat untuk ban. 

    Pelek sepeda motor  biasanya terbuat dari tiga bahan: aluminium, magnesium, atau serat karbon. Sebagian besar pelek sepeda motor yang diproduksi di Indonesia menggunakan bahan aluminium yang diproduksi dengan proses pengecoran atau pembentukan dan teknik penempaan yang unik untuk pelek sepeda motor balap. 

     Di sisi lain, pelek berbahan dasar magnesium  lebih ringan daripada pelek berbahan dasar aluminium. Umumnya terdapat pada motor balap MotoGP, harganya  cukup mahal. Pelek serat karbon  kurang umum dibandingkan pelek  aluminium dan magnesium. Bobotnya  paling ringan  dibandingkan  velg  aluminium dan magnesium. 

     2. Apakah perawatan berupa penyeimbangan pelek sepeda motor itu penting? 

    Seperti halnya kondisi pelek sepeda motor yang perlu dirawat agar bagian-bagian sepeda motor tetap dalam kondisi sempurna, kondisi pelek sepeda motor juga  sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan sepeda motor, maka dari itu harus diperhatikan. 

    ada Salah satu tugas perawatan  pelek sepeda motor ini adalah menyeimbangkan pelek sepeda motor. Penyesuaian keseimbangan ini dilakukan terutama  pada sepeda motor dengan  pelek roda besar, seperti sepeda motor sport, dan sepeda motor matic dari 250cc hingga 150cc. 

    Lebar minimum standar keseimbangan pelek  adalah 2,5 inci dan diameter minimum adalah 14 inci. Jika ukuran pelek lebih kecil dari lebar dan diameter yang direkomendasikan, soket yang terpasang dapat mengendur karena daya rekat yang kurang optimal. 

    Rim balancing sepeda motor ini bertujuan untuk menyeimbangkan titik tengah ban dan roda. Nantinya, mesin akan berjalan lebih stabil, serta keamanan dan kenyamanan berkendara akan lebih diperhatikan. Saat menyeimbangkan pelek mesin, gunakan alat yang disebut wheel balancer untuk terlebih dahulu mencari titik keseimbangan atau yang disebut statis. 

    Setelah titik keseimbangan  ditemukan,  teknisi  menggunakan timah dalam proses keseimbangan. Kaleng   yang bisa digunakan juga bervariasi dari 5 gram hingga 20 gram, tergantung  banyaknya timah hitam yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan pelek sepeda motor. 

     3. Menyeimbangkan Karakteristik Pelek Sepeda Motor Jika pelek  

    dirasa bermasalah dan prosedur penyeimbangan harus segera dilakukan, gejala biasanya muncul pada saat mesin beroperasi. Ciri-ciri pelek sepeda motor berikut ini perlu segera diseimbangkan. 

    Jika mesin bergetar saat mengemudi atau  saat mengemudi. Jika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi lebih awal, Anda akan merasakan ada yang tidak beres dengan mesin. Terasa berat saat menggerakkan setir sepeda motor.

    sumber: gpsku.co.id

    Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 347 kali