Tidak hanya mesin yang harus selalu diperhatikan kondisinya, tetapi juga harus memperhitungkan faktor-faktor lain dari sepeda motor agar tidak ada masalah dengan kegunaan mesin. Salah satunya adalah pelek sepeda motor.
Seringkali pelek sepeda motor memiliki ciri kurang stabil saat dikendarai. Dalam hal ini, menyeimbangkan pelek sepeda motor adalah solusinya. Untuk informasi lebih lanjut tentang penyeimbangan pelek sepeda motor, lihat Informasi Dari Penyeimbangan Pelek Sepeda Motor hingga Biaya Penyeimbangan Pelek. simak ulasan gpsku dibawah ini.
1. Pelek roda sepeda motor adalah salah satu komponen utama sepeda motor.
Roda sepeda motor adalah elemen yang berguna untuk mengendarai sepeda motor. Roda ini terdiri dari dua bagian, ban dan pelek. Ban adalah komponen yang nyaman untuk pergerakan roda yang mudah di jalan, dan pelek adalah rangka yang memberikan dukungan kuat untuk ban.
Pelek sepeda motor biasanya terbuat dari tiga bahan: aluminium, magnesium, atau serat karbon. Sebagian besar pelek sepeda motor yang diproduksi di Indonesia menggunakan bahan aluminium yang diproduksi dengan proses pengecoran atau pembentukan dan teknik penempaan yang unik untuk pelek sepeda motor balap.
Di sisi lain, pelek berbahan dasar magnesium lebih ringan daripada pelek berbahan dasar aluminium. Umumnya terdapat pada motor balap MotoGP, harganya cukup mahal. Pelek serat karbon kurang umum dibandingkan pelek aluminium dan magnesium. Bobotnya paling ringan dibandingkan velg aluminium dan magnesium.
2. Apakah perawatan berupa penyeimbangan pelek sepeda motor itu penting?
Seperti halnya kondisi pelek sepeda motor yang perlu dirawat agar bagian-bagian sepeda motor tetap dalam kondisi sempurna, kondisi pelek sepeda motor juga sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan sepeda motor, maka dari itu harus diperhatikan.
ada Salah satu tugas perawatan pelek sepeda motor ini adalah menyeimbangkan pelek sepeda motor. Penyesuaian keseimbangan ini dilakukan terutama pada sepeda motor dengan pelek roda besar, seperti sepeda motor sport, dan sepeda motor matic dari 250cc hingga 150cc.
Lebar minimum standar keseimbangan pelek adalah 2,5 inci dan diameter minimum adalah 14 inci. Jika ukuran pelek lebih kecil dari lebar dan diameter yang direkomendasikan, soket yang terpasang dapat mengendur karena daya rekat yang kurang optimal.
Rim balancing sepeda motor ini bertujuan untuk menyeimbangkan titik tengah ban dan roda. Nantinya, mesin akan berjalan lebih stabil, serta keamanan dan kenyamanan berkendara akan lebih diperhatikan. Saat menyeimbangkan pelek mesin, gunakan alat yang disebut wheel balancer untuk terlebih dahulu mencari titik keseimbangan atau yang disebut statis.
Setelah titik keseimbangan ditemukan, teknisi menggunakan timah dalam proses keseimbangan. Kaleng yang bisa digunakan juga bervariasi dari 5 gram hingga 20 gram, tergantung banyaknya timah hitam yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan pelek sepeda motor.
3. Menyeimbangkan Karakteristik Pelek Sepeda Motor Jika pelek
dirasa bermasalah dan prosedur penyeimbangan harus segera dilakukan, gejala biasanya muncul pada saat mesin beroperasi. Ciri-ciri pelek sepeda motor berikut ini perlu segera diseimbangkan.
Jika mesin bergetar saat mengemudi atau saat mengemudi. Jika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi lebih awal, Anda akan merasakan ada yang tidak beres dengan mesin. Terasa berat saat menggerakkan setir sepeda motor.
sumber: gpsku.co.id
Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.