Mahasiswa KKN Tematik Unej Ikut Sukseskan Program Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Bondowoso - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Senin, 25 Juli 2022 05:47 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Tematik Unej Ikut Sukseskan Program Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Bondowoso

    Aksi Kerelawanan Mahasiswa KKN Tematik UNEJ Sukseskan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Taman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso

    Dibaca : 1.408 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kamis, 21 Juli – Kenaikan kasus PMK di Kabupaten Bondowoso yang naik hingga ribuan kasus saat Idul Adha menjadi kekhawatiran masyarakat dan pemerintah setempat. Foot and mouth disease atau yang dikenal sebagai PMK adalah penyakit virus ternak yang parah dan sangat menular hingga memiliki dampak ekonomi dan sosial yang signifikan. Penyakit ini menyerang sapi, babi, domba, kambing, dan hewan ruminansia berkuku belah lainnya.

    PMK yang menyerang hewan ternak ini dapat mempengaruhi produksi ternak, juga mengganggu perdagangan dan penjualan produk hewan. Kekhawatiran ini juga turut dialami oleh warga Kabupaten Bondowoso dimana masyarakatnya banyak yang menjadi bagian dari peternak dan pedagang sapi. Pembatasan penyebaran PMK dilakukan dengan vaksinasi dan pengobatan gratis oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan).

     

    Mahasiswa KKN Tematik Unej Kelompok 268 berkesempatan untuk turun lapang mengamati dan mensosialisasikan tentang vaksinasi PMK pada warga Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso secara door to door yang dipimpin oleh dokter hewan dan paramedis, serta pendampingan dari Wakil Ketua Komisi II DPRD Bondowoso A. Mansur, SH.I, MH dan Babinsa Koramil Kecamatan Grujugan Bondowoso. Aksi kerelawanan ini menjadi suatu pembelajaran bagi mahasiswa KKN Tematik UNEJ untuk menumbuhkan rasa peduli dan proaktif dalam mengedukasi masyarakat terkait penanganan PMK.

    Adanya kegiatan vaksinasi hewan ternak yang terjangkit PMK dan yang berpotensi tertular PMK ini juga dibarengi dengan pengarahan pada pemilik ternak untuk perawatan yang dapat dilakukan saat sapi mengalami gejala-gejala PMK. Perawatan yang disarankan yaitu sapi perlu dijemur di bawah sinar matahari secara berkala, pemberian ramuan tradisional dari kunyit atau larutan asam dan garam. 

    Tim KKN Tematik 268 UNEJ yang dibimbing oleh dr. Yudha Nurdian, M.Kes dan beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chanda Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa berharap melalui program pemeriksaan dan pemberian vaksin ini dapat menurunkan kasus PMK yang terjadi di Kabupaten Bondowoso dan meningkatkan kewaspadaan penyebaran PMK pada hewan ternak di seluruh lapisan masyarakat serta jajaran pemerintahan yang terlibat.

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.