x

Iklan

the gunawan

Junior tekno
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Senin, 25 Juli 2022 17:30 WIB

Resep Masakan Ayam Geprek Sambal Korek, Nikmat!

Penyuka olahan daging ayam segera merapat yuk, apalagi ditambah kriuk - kriuk dalam balutan nya. Ya! Ayam geprek.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penyuka olahan daging ayam segera merapat yuk, apalagi ditambah kriuk - kriuk dalam balutan nya. Ya! Ayam geprek. Siapa yang tidak suka dengan ayam geprek? Bahkan semua orang akan menikmati menu olahan masakan ini, sekaligus ada sensasi pedas yang luar biasa dengan ciri khasnya akan menemani lidah bergoyang. Jangan khawatir! Karena resep makanan ayam geprek ini cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah Anda sendiri.

Berkembangnya dunia kuliner, juga memunculkan banyak varian menu ayam geprek. Namun, kali ini kita akan menyajikan ayam geprek kriuk alias menu yang disediakan bersama dengan macam sambal serta pelengkapnya yang ikut ditumbuk menjadi satu kesatuan utuh untuk menciptakan cita rasa yang menciptakan lidah.

Nah, berikut adalah bahan serta cara pembuatannya yang akan dirangkum menjadi satu di dalam resep makanan ayam geprek .

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Resep Makanan Ayam Geprek Sambal Korek

Sebelum jauh - jauh kita lengkap, kali ini sambal yang akan menemani si ayam kriuk yaitu sambal korek yang cukup mudah dibuatnya. Maka dari itu, intip lah ini cara serta bahannya :

 

bahan:

 

1/2 kg ayam yang sudah dipotong - potong

 

2 butir telur utuh

 

750 gram tepung terigu untuk adonan kering dan adonan basah

 

3 sdm jagung manis

 

Pada bubuk secukupnya

 

Penyedap jamur secukupnya

 

Garam secukupnya

 

1 sdm saos tiram

 

Gula secukupnya

 

Air dingin secukupnya

 

Bahan Sambal :

 

15 butir cabe rawit

 

10 butir cabe merah

 

2 butir bawang putih

 

Minyak sayur secukupnya

 

Garam, gula dan penyedap secukupnya

 

Cara Membuat :

 

Pertama, jika ayam sudah dipotong kamu bisa memberi sedikit jeruk nipis dan garam.

Setelah itu, kamu cincang bawang putih dan kemudian baluri ayam tersebut dengan ditambah, dan penyedap jamur setelah ini simpan ayam itu ke dalam kulkas dalam waktu semalam untuk menciptakan rasa yang meresap dan daging ayam yang empuk.

Jika sudah malam, kamu bisa langsung membuat pencelup ayamnya alias kriuknya dengan cara membagi dua wadah tepung terigu, satu wadah campurkan atau kocok dengan tepung terigu bersama telur dan air sampai jangan terlalu encer. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Sedangkan wadah dibiarkan itu untuk adonan keringnya.

Setelah ayam siap, lalu langsung celup ke dalam adonan kering alias wadah satunya sampai benar - benar merata di setiap permukaan ayamnya.

Setelah benar - benar merata, langsung masukan ke dalam adonan sampai benar - benar merata dan tercampur sempurna.

kembali aktivitas mencelupkan ke adonan kering, jangan lupa untuk menyalakan kompor, panaskan minyak dan langsung goreng.

Goreng ayam dengan api sedang kurang lebih selama 15 menit sampai warna berubah menjadi kecoklatan dan memunculkan bunyi kriuk.

Angkat dan tiriskan.

Untuk sambal koreknya, mudah saja tinggal haluskan semua bahan sambal menggunakan cobek, jadi jangan terlalu halus artinya tetap ada serat - serat bahannya.

Selanjutnya, panas bekas minyak goreng ayam langsung disiram ke dalam bumbu sambal yang sudah dihaluskan hingga merata.

Lalu siapkan piring, dan tekan atau penyet ayamnya memakai ulekan kayu sampai benar - benar remuk dan tambahkan atau siram sambal koreknya di atas ayam. Atau kamu juga bisa langsung ikut memenyetkan sambal korek ke dalam ayamnya.

Selesai, tinggal hidangkan beserta pelengkap yang kamu miliki.

Nah, itulah resep makanan ayam geprek sambal korek yang mudah untuk dipraktekkan di rumah. Selain mudah, bahan tidak susah untuk dicari alias selalu ada di pasar tradisional maupun modern. Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk mempraktekkannya. Selamat menikmati!

Ikuti tulisan menarik the gunawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler