x

Iklan

KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Selasa, 26 Juli 2022 18:58 WIB

Selaraskan Asa untuk Desa, Mahasiswa KKN Tematik Unej Siap Dampingi Rakyat Grujugan Kidul


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Unej Membangun Desa (KKN UMD) pada tanggal 20 Juli 2022 Mahasiswa/i KKN Kelompok 269 Grujugan Kidul telah melaksanakan upacara pelepasan yang diadakan di Universitas Jember. Kelompok KKN 269 diterjurnkan ke Desa Grujugan Kidul, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Mahasiswa/i mengikuti rangkaian kegiatan yang diawali dengan penerimaan Mahasiswa/i KKN yang bertepatan di Kecamatan Grujugan dan dihadiri oleh Bapak Camat setempat, DPL Kecamatan Grujugan, Bapak Kapolres, dan perangkat desa lainnya seperti Kades. Setelah menyelesaikan rancangan kegiatan penerimaan, para Mahasiswa/i KKN kemudian bergerak menuju posko yang terletak di RT 16 RW 03. Mahasiswa/i mempersiapkan kegiatan untuk hari selanjutnya.

Hari kedua kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok KKN 269 yaitu melakukan kunjungan ke Balai Desa untuk berdiskusi dengan perangkat desa mengenai potensi yang ada di Desa Grujugan Kidul. Setelah itu Mahasiswa/i melakukan survei dengan tujuan untuk mengetahui perbatasan wilayah Desa Grujugan Kidul. Mahasiswa/i juga melakukan kunjungan ke beberapa tempat wirausaha, salah satunya yaitu ke pengrajin batik dan produsen kerupuk rambak. Pada malam harinya Mahasiswa/i KKN mendatangi Balai Desa untuk berdiskusi lebih lanjut terkait dengan program yang akan dilaksanakan. Berdasarkan hasil dari diskusi dengan Kepala Desa Tofan Firdaus., S.H., Sekertaris Desa Bapak Andi Rahmad Hidayat, dan juga Ketua Karang Taruna Grujugan Kidul, diketahui bahwa mayoritas masyarakat Desa bermata pencaharian buruh tani, dan petani. Berdasarkan data tersebut Kelompok KKN 269 tertarik untuk menjalankan program dengan tema “Literasi Dasar”.

Pada Hari Ketiga sebagian Mahasiswa/i KKN 269 Grujugan Kidul ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan di RT 1. Sedangkan sebagian lainnya mencari data dan melakukan diskusi mengenai demografi Desa di Balai Desa. Diskusi dilanjutkan di kediaman Operator Desa yang diikuti oleh anggota karang taruna. Dalam diskusi, Kelompok KKN menyampaikan gagasan terkait rencana program yang akan dijalankan. Hal ini selaras dengan salah satu program kerja yang akan dilaksanakan oleh organisasi Karang Taruna, yaitu membuat Mini Library. Berdasarkan hal tersebut maka organisasi Karang Taruna dan Kelompok KKN sepakat untuk melakukan kolaborasi dalam mewujudkan program literasi dasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hari Keempat, yang merupakan hari terakhir dalam minggu pertama Kelompok KKN 269 mengirimkan beberapa delegasi pada Pertemuan Satu Minggu Sekali (PERSULI) untuk memaparkan rencana program kerja yang akan dilakukan kedepannya kepada DPL dr. Yudha Nurdian, M.Kes. Kelompok KKN 269 mendapatkan masukan dari DPL untuk menghubungi Pemerintah Kabupaten Bondowoso mengingat mereka juga memiliki program yang terkait dengan literasi.

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler