Mahasiswa KKN Tematik UMD Unej Ikut Sukseskan Kaderisasi Posyandu Remaja di Bondowoso - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Sosialisasi oleh Pihak Puskesmas Grujugan kepada para peserta. ( Dokumentasi Pribadi )

KKN 270 DADAPAN UNEJ

Kelompok KKN 270 Desa Dadapan UNEJ
Bergabung Sejak: 22 Juli 2022

Kamis, 28 Juli 2022 19:09 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Tematik UMD Unej Ikut Sukseskan Kaderisasi Posyandu Remaja di Bondowoso

    Kegiatan Sosialisasi Pembentukan Posyandu Remaja oleh Pihak Puskesmas Grujugan untuk remaja di Desa Dadapan. Kegiatan ini diharapkan bisa mencetak Kader Posyandu untuk Remaja Desa Dadapan.

    Dibaca : 362 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     Mahasiswa Universitas Jember KKN Tematik Tahun 2022 Kelompok 270 dibawah bimbingan DPL Bapak dr. Yudha Nurdian, M.Kes. ikut serta dalam menyukseskan sosialisasi program “Posyandu Remaja”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskemas Grujugan bertujuan mendorong kepedulian remaja pada bidang kesehatan. Hasil yang diharapkan dari adanya program ini adalah untuk memantau kesehatan dan memberikan sosialisasi pentingnya kesehatan bagi remaja, menurunkan angka pernikahan dini, serta meningkatkan kapasitas dan partisipasi remaja Desa Dadapan dalam pemberdayaan remaja.

    Adapun pelaksanaan Posyandu Remaja diadakan sebanyak dua kali dalam sebulan. Posyandu Remaja dilaksanakan berdasarkan prinsip dari remaja, untuk remaja, dan oleh remaja. Dalam pelaksanaanya nanti, para remaja yang menjadi Kader Posyandu memiliki tanggung jawab penuh dalam menjalankan program Posyandu Remaja tersebut.  Kegiatan  Remaja tersebut dinaungi langsung oleh Puskesmas Grujugan. 

    Sosialisasi Pembentukan Kader Posyandu Remaja

     Kegiatan Posyandu Remaja ini lebih diutamakan untuk remaja rentan usia kisaran 10 sampai 20 tahun. Partisipan yang ikut serta dalam sosialisasi tersebut berjumlah 8 orang diantaranya 3 orang remaja laki-laki dan 5 orang perempuan. 8 calon Kader Psoyandu tersebut diberikan pembekalan mengenai kepedulian remaja dalam jangka panjang sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.


    Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut meliputi pengajaran
    sistem 5 meja yang terdiri atas
    1.
    Meja Pendaftaran Registrasi
    2. Meja Pemeriksaan Berat Badan, Ukur Tinggi Badan, Dan Tensi
    3. Meja Pencatatan Buku Panduan
    4. Meja Penyuluhan Gizi Dan Kesehatan
    5. Meja Komunikasi Dan Informasi 

     

    Pelatihan 5 Meja

     Tidak hanya diberikan bekal secara teori, pemuda yang turut hadir juga melakukan kegiatan praktek 5 meja secara lansung. Praktek dibimbimbing langsung oleh Bapak Bekti selaku pegawai Puskesmas Kecamatan Grujugan 

    Ikuti tulisan menarik KKN 270 DADAPAN UNEJ lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.