Ini 5 Kota Terkaya di Indonesia, Kediri Duduki Posisi Pertama! - Analisis - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Kamis, 28 Juli 2022 18:56 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Ini 5 Kota Terkaya di Indonesia, Kediri Duduki Posisi Pertama!

    Kota Kediri menempati urutan pertama sebagai kota terkaya di Indonesia.  Sedangkan DKI Jakarta Ini adalah kota terkaya ke-3. Dari 98 kota di Indonesia, GOODSTATS.ID telah merilis hasil pemeringkatan 15 kota terkaya di Indonesia.

    Dibaca : 3.126 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kota Kediri menempati urutan pertama sebagai kota terkaya di Indonesia. Sedangkan DKI Jakarta Ini adalah kota terkaya ke-3. Dari 98 kota di Indonesia, GOODSTATS.ID telah merilis hasil pemeringkatan 15 kota terkaya di Indonesia.

    Diagregasi pada tingkat kota-kota maju di Indonesia dan kinerja PDRB per kapita di setiap wilayah berdasarkan data BPS terbaru (2020).

    PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto merupakan salah satu indikator penting untuk menentukan status perekonomian suatu daerah atas dasar harga berlaku atau harga konstan. PDRB pada dasarnya adalah jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh semua unit usaha di suatu wilayah atau nilai total barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh semua unit ekonomi di suatu wilayah.

    Nilai PDRB ini berarti pendapatan rata-rata penduduk DKI Jakarta mencapai Rp. 21,7 juta. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perhitungan PDRB, cek website bps.go.id.

    Dari daftar 15 kota terkaya di Indonesia yang dirilis Good Stats mengurutkan 5 kota terkaya:

    1. Kediri

    Kota Kediri Ini peringkat pertama sebagai kota terkaya di Jawa Timur, Indonesia;  PDRB per kapita mencapai Rp. 457,98 juta. Jadi pendapatan rata-rata warga Kediri mencapai Rp 38,165 juta per bulan.

    Kota Kediri Ini memiliki industri pengolahan dan manufaktur yang luas, perusahaan rokok terbesar di Indonesia ada di Kediri.

    2. Bontang

    Bontang merupakan kota di provinsi Kalimantan Timur dengan PDRB per kapita sebesar 312,14 juta. Dengan cara ini, pendapatan rata-rata penduduk Bontang mencapai Rp. 26 juta.

    Bontang dikenal sebagai kota industri di Kalimantan Timur dan merupakan lokasi perusahaan pupuk ternama di kawasan Asia Tenggara.

    3. Jakarta

    Daerah Kunci Khusus (DKI) Jakarta Kita sudah tahu bahwa itu adalah pusat ekonomi terbesar di Indonesia. Jakarta Menjadi kantor pusat perusahaan besar. Banyak orang ingin bermigrasi Jakarta untuk mendapatkan pekerjaan.

    Jakarta Sekarang kota terkaya ke-3 di Indonesia Kediri dan Bontang.  PDRB per Kapita Jakarta Sebesar 260,44 juta, yang berarti pendapatan rata-rata penduduk Jakarta mencapai Rp. 21,7 juta.

    4. Cilegon

    Cilegon Merupakan salah satu kota di Provinsi Banten yang terletak di ujung Pulau Jawa, sebagai pintu gerbang dari Pulau Sumatera.
    Kota Cilegon Terdiri dari 8 kecamatan dan berpenduduk 442.803 jiwa (data BPS 2020) dikenal sebagai kota industri.

    Di Cilegon Ada signifikansi nasional untuk Krakatau Steel, Krakatau POSCO, PLTU Suralia, pelabuhan penyeberangan dan pelabuhan peti kemas internasional.

    5. Surabaya

    Surabaya Ini adalah salah satu pintu gerbang perdagangan utama di Indonesia bagian timur.

    Dengan segala kemampuan, fasilitas dan keunggulan geografisnya Surabaya Ini memiliki potensi ekonomi yang besar.

    Hadirnya berbagai industri antara lain industri logam dasar, kimia dasar, tekstil, industri makanan dan minuman serta industri berbasis meteran lainnya.

    Kapasitas industri membuat kota Surabaya Ini telah menjadi kota terkaya di Indonesia.
    PDRB per kapita kota Surabaya Rp 190,89 juta Jadi rata-rata pendapatan penduduk Surabaya mencapai Rp. 15,9 juta.

    Sumber: https://batu.pikiran-rakyat.com/

    Ikuti tulisan menarik Nando Rifky lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.