Tidak Perlu Membebani Timnas U16 Putra Indonesia - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Sepak bola akar rumput

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Jumat, 29 Juli 2022 06:50 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • Tidak Perlu Membebani Timnas U16 Putra Indonesia

    Piala AFF U16 Putra akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogjakarta yang dimulai pada tanggal 31 Juli 2022. Timnas U16 Putra Indonesia asuhan Bima Sakti pun mulai berlatih dan mempersiapkan diri untuk melaju sejauh mungkin. Generasi baru akan kita lihat dan membebani target juara kepada adik-adik ini adalah sesuatu yang gegabah.

    Dibaca : 681 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Indonesia tergabung digrup A bersama dengan Vietnam, Singapura, Filipina dalam ajang Piala AFF U16 Putra yang akan dimulai akhir pekan ini. Sebagian besar suporter timnas tentu masih mengingat luka tidak lolosnya Timnas U19 secara dramatis yang harus mengakhiri perjalanan di Piala AFF U19 lebih cepat karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand. Luka ini tentu butuh pelampiasan, apalagi Indonesia kembali satu grup lagi dengan Vietnam yang diduga di kelompok usia diatasnya sengaja main mata dengan Thailand agar lolos bersama dari fase grup.

    Namun, Timnas U16 Putra Indonesia adalah generasi baru yang rata-rata kelahiran 2006. Perjalanan mereka di level internasional masihlah sangat, membebani mereka dengan berbagai dendam dan amarah kita kepada hasil sebelumnya tidaklah bijaksana. Ya, Piala AFF U16 merupakan pembuktian tim pelatih yang dipimpin oleh Bima Sakti yang pada ajang sebelumnya telah berhasil membawa angkatan Marcelino Ferdinan, Alex Kamuru dan kawan-kawan mampu menjadi juara tiga Piala AFF U16 2019 serta lolos Piala Asia U16 2020 setelah sebelumnya lolos lewat jalur kualifikasi.

    Gelar juara, selain harapan kita sebagai suporter Timnas Indonesia, juga merupakan target PSSI yang tertuang dalam rencana selama kepengurusan PSSI  yang saat ini dibawahi Iwan Bule. Hal tersebut dirasa masuk akal karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah pada ajang ini yang akan menggunakan Stadion Maguwoharjo, Sleman dan Stadion Sultan Agung, Bantul.

    Beban ini sebenarnya merupakan langkah yang gegabah dan membuat proses Timnas U16 terhambat, karena memandang Piala AFF U16 lebih besar daripada kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan diadakan sekitar bulan Oktober nanti. Juara di Piala AFF memang menyenangkan, namun kita harus ingat bahwa lolos Piala Asia U17 2023 lebih penting. Karena, jika kita mampu juara Piala AFF dan tidak mampu lolos ke Piala Asia 2023, tentu proses berkembangnya timnas kita akan tersendat, sehingga kesempatan untuk tampil di Piala Dunia 2023 pun terhenti jika tidak lolos Piala Asia 2023.

    Untuk itu,  kita semua harus bersikap dewasa bahwa lolos Piala Asia adalah fokus utama dan Piala AFF merupakan ajang ujicoba serta pendewasaan mental para pemain untuk lebih siap menghadapi laga internasional lainnya. Ji Da Bin, I Komang Ananta Krisna, Habil Akbar adalah beberapa nama baru yang harus kita kawal supaya mampu tumbuh dan berkembang secara maksimal.

    Apalagi pada angkatan sebelumnya, seperti Bagus Kahfi, Brylian Aldama, David Maulana setelah berkarir ke luar negeri seperti kesulitan untuk kembali menemukan kesempatan mencapai kemampuan terbaiknya. Dengan adanya kejadian sebelum-sebelumnya banyak pemain yang redup sebelum mencapai level senior, ada baiknya kita pun hanya perlu menikmati proses angkatan ini dan mempercayakan sepenuhnya kepada tim pelatih yang pasti sudah mengetahui yang terbaik untuk para anak asuhnya. 

    Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.









    Oleh: Michael HB Raditya

    Rabu, 10 Agustus 2022 16:50 WIB

    Ronaldo, Penjual KW, dan Cuan

    Dibaca : 326 kali