Dampingi Posyandu, Mahasiswa KKN Unej Door to Door Selisik Kesehatan Ibu Postpartum di Dadapan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 270 DADAPAN UNEJ

Kelompok KKN 270 Desa Dadapan UNEJ
Bergabung Sejak: 22 Juli 2022

Selasa, 2 Agustus 2022 08:16 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Dampingi Posyandu, Mahasiswa KKN Unej Door to Door Selisik Kesehatan Ibu Postpartum di Dadapan

    Tingkat kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak yang dikandungnya. Posyandu menjadi salah satu langkah dalam memantau tingkat kesehatan para ibu hamil. Selain memantau melalui kegiatan posyandu, pemantauan juga bisa dilakukan dengan melakukan pemantauan door to door. Mahasiswa KKN Tematik UNEJ bersama pihak kesehatan Desa Dadapan melakukan pemantauan terhadap ibu postpartum guna mengetahui tingkat kesehatan ibu dan bayi.

    Dibaca : 318 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 270 di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan,
    Kabupaten Bondowoso mendorong program pencegahan stunting dan upaya
    penekanan kematian ibu dan bayi . Mahasiswi KKN 270 beranggotakan 10
    orang meliputi Luky Tri Hermawan, Rika Sofi Nurlaili, Nurhapisah, Ika Herta Suryaningsih,
    Bergas Wahyu Sejati, Attalarik Zulva Ar Rafi, Dimas Ristian Putra, Nur Fahmi Hidayat, Ghea
    Permata Fadillah dan Mochammad Fakhri Roivansah. Mereka bersama dengan Ibu Fitri selaku bidan desa dan Tim Posyandu Desa Dadapan melakukan kunjungan dan pendampingan terhadap kejadian stunting, ibu hamil KEK (Kekurangan Energi Kronis), ibu hamil dengan resiko tinggi, ibu hamil dan pasca melahirkan yang terkena TBC.

    Tim Posyandu Desa Dadapan melakukan pendampingan keluarga bumil secara intesif mulai dari sebelum persalinan sampai dengan saat melahirkan sehingga bisa memantau kesulitan apa yang ada khususnya pada ibu hamil risiko tinggi. Selain itu pendampingan pasca persalinan dipantau langsung oleh Bidan dan TIM PPKBD (Pembantu Pembinan Keluarga Berencana Desa).

    Pendampingan dan kunjungan dilakukan dari rumah ke rumah terhadap ibu hamil. Kegiatannya adalah berupa pengukuran lingkar lengan atas dan juga kunjungan pada balita yang memiliki berat dan tinggi badan lebih rendah dari pada teman sebayanya. Selain itu juga pendampingan secara khusus terhadap ibu pasca melahirkan dan ibu hamil yang mengidap TBC untuk selanjutnya diarahkan ke fasilitas kesehatan yang memadai, menurut ibu Uci selaku kader Posyandu DesaDadapan. Angka TBC di Desa Dadapan bisa dibilang cukup tinggi setidaknya 4 dari 5 ibu hamil di Dusun Utara Sungai Desa Dadapan terpapar TBC.

    Dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan kelompok 270 KKN Tematik Unej yaitu
    Bapak dr. Yudha Nurdian, M. Kes. Program ini diharapkan dapat menjadi upaya preventif kejadian
    stunting, kematian ibu dan bayi, serta upaya menekan angka TBC di Desa Dadapan.

     

    Ikuti tulisan menarik KKN 270 DADAPAN UNEJ lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.