Mahasiswa KKN Unej Gelar Semarak Tegal Mijin Sambut Tahun Baru Islam - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Tegalmijin - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Selasa, 2 Agustus 2022 08:10 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Gelar Semarak Tegal Mijin Sambut Tahun Baru Islam

    Semarakan acara 1 Muharram Mahasiswa KKN UNEJ di Desa Tegal Mijin Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso DPL: dr. Yudha Nurdian, M.Kes

    Dibaca : 366 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, pemerintah menetapkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah yang jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli 2022. Tahun baru islam merupakan hari penting bagi umat islam sebagai peringatan penting atas hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan Ummatnya dari Mekkah ke Madinah. Berkait dengan hal ini, Desa Tegal Mijin merupakan desa yang penduduk atau warganya mayoritas beragama islam. Sehingga, setiap tahunnya, Desa Tegal Mijin melakukan perayaan untuk memperingati 1 Muharram. Namun kali ini para pengurus masjid termasuk remaja masjid ingin perayaan kali ini sedikit berbeda.

    Foto: Rapat Mahasiswa KKN Unej bersama Remas desa Tegal Mijin

    Sehingga, Tim KKN Tematik 267 UNEJ yang dibimbing oleh dr. Yudha Nurdian, M.kes dan beranggotakan Pinsensius Andreas, Risang Hadi Wasesa, Fandika Firman Wijaksana, Tusiana Putri Nelumbium, Widya Lestari, Dwi Mutia Hassny, Novinka Sinta Isnainiyah, Nafilah Syahrani, dan Siti Hamidah bekerja sama dengan remaja masjid di Desa Tegal Mijin untuk menggelar berbagai macam perlombaan tingkat TPQ dan Madrasah untuk memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1444 Hijriyah. Kemeriahan acara ini diawali dengan diadakannya perlombaan bagi para santri TPQ dan madrasah yang dimulai pukul 07.00 WIB. Perlombaan ini dilaksanakan di halaman Masjid dan Madrasah Nurul Anwar Desa Tegal Mijin.  Lomba – lomba yang diadakan bukan hanya berkaitan dengan agama islam saja, melainkan juga perlombaan seru lainnya yang dapat melatih kerja sama dan keharmonisan diantara para santri.  Sedangkan, untuk perlombaan yang bersifat islami ditujukan agar para peserta dapat termotivasi untuk lebih giat beribadah sejak usia dini.

    “Kami harap selain terdapat lomba yang bersifat agamis dan edukasi, juga ada lomba yang sifatnya menghibur supaya para santri di sini bisa merasakan refreshing sejenak melalui perlombaan ini,” ujar ustadz Khotim selaku ketua Remaja Masjid.

    Perlombaan tersebut, meliputi lomba tebak kata, estafet (paku botol, sendok kelereng, dan ojek air), adzan, dan tartil Quran. Tak disangka, rencana perlombaan tersebut disambut dengan antusias oleh para santri dan warga sekitar yang dibuktikan dengan jumlah peserta yang terus bertambah mulai dari santri TPQ hingga madrasah.

     

    Foto: Persiapan Mahasiswa KKN Unej untuk lomba acara 1 Muharram

    Acara selanjutnya dilaksanakan ba’da Maghrib, yaitu pawai obor yang diiringi oleh drumb band dan dimeriahkan oleh warga Desa Tegal Mijin. Setelah dilakukan pawai obor, seluruh peserta dan warga berkumpul di halaman masjid Nurul Anwar untuk pengumuman juara lomba yang telah diadakan di pagi dan sore hari. Acara puncak dilaksanakan di malam hari dengan melakukan sholawat bersama yang dipandu oleh Habib Salim Bin Mochsin Al Haddar.

    Foto: Pembagian hadiah Mahasiswa KKN Unej kepada pemenang lomba acara 1 Muharram

     

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Tegalmijin - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.