Gercep Tingkatkan Literasi, Mahasiswa KKN Unej Rangkul Karang Taruna Gelar Litasa di Grujugan Kidul - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 06:32 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Gercep Tingkatkan Literasi, Mahasiswa KKN Unej Rangkul Karang Taruna Gelar Litasa di Grujugan Kidul


    Dibaca : 335 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dalam sebuah desa, karang taruna merupakan salah satu organisasi yang paling penting untuk menghidupkan kegiatan masyarakat di desa tersebut. Secara umum, organisasi karang taruna memiliki peran untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya agar dapat menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya. Sehingga, kemajuan sebuah desa biasanya dapat dilihat dari bagaimana aktifnya karang taruna disana. Maka dari itu, untuk memajukan sebuah desa, maka perlu adanya peran yang lebih aktif dari anggota karang taruna. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja Karang Taruna, perlu adanya perkembangan yang sesuai dengan zaman.

    Melihat fakta tersebut, mahasiswa KKN Unej kelompok 269 tertarik untuk bekerja sama dan memberikan pendampingan kepada anggota Karang Taruna Desa Grujugan Kidul agar dapat memajukan program kerja mereka yaitu program Literasi Dasar Desa (Litasa). Kelompok 269 dibimbing oleh DPL dr. Yudha Nurdian, M.kes dan beranggotakan 10 orang yaitu Arifin Hindya Putra, Raina Jamila Ali, Rizki Andriani Soraya, Reza Nur Aulia, Ahmad Kamal Fathin, Aulifia Rahmawati, Syahrul Bima Sahputra, Shafira Putri Ramadhani, Almira Shela Nur, dan Ulindya Suryandari. Pertemuan atara mahasiswa KKN dengan pemuda Karang Taruna ini merupakan sebuah hal yang penting melihat keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat desa.

    Untuk memastikan agar pendampingan berjalan dengan efektif, mahasiswa KKN telah menyiapkan beberapa hal diantaranya yaitu materi yang akan disampaikan, serta sarana seperti aplikasi e-library yang akan digunakan. Mahasiswa KKN juga bertemu dengan ketua Karang Taruna untuk membicarakan mengenai perkembangan program dan materi yang akan dipaparkan dalam kegiatan pertemuan yang akan mendatang.

    Pertemuan antara mahasiswa KKN dengan anggota Karang Taruna dilaksanakan pada hari Minggu 31 Juli 2022 di kediaman salah satu anggota Karang Taruna Desa Grujugan Kidul. Pertemuan ini dimulai dengan Laporan Pertanggungjawaban program Karang Taruna yang sebelumnya telah dilaksanakan. Setelah itu, Karang Taruna memberikan kesempatan kepada mahasiswa KKN untuk menyampaikan materi mereka.

    Pemaparan program kerja kepada anggota Karang Taruna disampaikan oleh Koordinator Desa Kelompok KKN 269 yaitu Arifin Hindya Putra. Pemaparan yang diberikan berupa Visi Misi dari program Literasi Dasar, serta kegiatan apa saja yang akan dilakukan tiap minggu untuk menjalankan program tersebut. Diskusi berjalan dengan lancar, dan para anggota Karang Taruna terlihat antusias mendengarkan pemaparan program yang dikeluarkan oleh mahasiswa KKN.

    Tertarik dengan program yang akan dijalankan oleh mahasiswa KKN, anggota Karang Taruna pun memberikan beberapa pertanyaan dan saran mengenai program tersebut. Salah satu hal yang menjadi isu adalah mengenai sosialisasi program tersebut kepada masyarakat desa agar banyak yang tertarik mengikuti kegiatan. Anggota Karang Taruna pun memberikan saran untuk menyebarkan poster kegiatan kepada masyarakat di tiap-tiap RT di Desa Grujugan Kidul.

    Selain berdiskusi mengenai program litasa, Karang Taruna juga memberikan saran kegiatan lain yang berhubungan dengan kemajuan desa. Salah satu permasalahan besar yang ada di Desa Grujugan Kidul adalah mengenai permasalahan sampah. Pemerintah desa dan Karang Taruna sudah berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun sampai sekarang masih belum berhasil. Karena itu Karang Taruna memberikan saran untuk melakukan sosialisasi mengenai kebersihan lingkungan saat acara pelatihan, dan mengajak masyarakat desa untuk melakukan kerja bakti.

    Karang taruna dan Mahasiswa KKN juga berdiskusi mengenai lomba yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan acara 17 agustus di Desa Grujugan Kidul. Kelompok KKN sendiri tertarik untuk  menjalankan 2 lomba di 17 Agustus yang berhubungan dengan literasi, yaitu lomba membaca puisi dan lomba menulis opini. Sedangkan untuk lomba lainnya, kelompok KKN 269 akan mencoba bekerja sama dengan Pemerintah Desa dan Karang Taruna untuk menciptakan acara 17 Agustus yang dapat menarik minat masyarakat.

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.