Mahasiswa KKN Tematik Unej Turut Dampingi Pembentukan Posyandu Remaja Puskesmas Grujugan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 17:10 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Tematik Unej Turut Dampingi Pembentukan Posyandu Remaja Puskesmas Grujugan


    Dibaca : 263 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bondowoso, 26 Juli 2022 – Pada pembentukan Posyandu Remaja Puskesmas Grujugan yang bertempat di Balai Desa Taman, disampaikan oleh tenaga kesehatan yang bertugas terkait pentingnya peran remaja dalam pencegahan stunting. Peran remaja yang dapat dilakukan di antaranya yaitu sadar terhadap sanitasi dan kesehatan reproduksi. Penekanan yang disampaikan lebih interaktif membahas upaya Dinas Kesehatan meminimalisasi dampak dari pernikahan dini di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Hal ini didasarkan dari tingginya angka pernikahan dan perceraian dini di Bondowoso yang berpotensi menyebabkan generasi mendatang menjadi stunting.  

     

    Sanitasi lingkungan juga dibawa dalam pembahasan oleh pembicara dari Puskesmas Grujugan. Praktik hygiene seperti memperoleh akses air bersih, ketersediaan jamban yang memenuhi standar kelayakan dapat berkaitan erat dengan prevalensi stunting di Indonesia karena berdampak pada kesehatan pencernaan anak. Penuturan yang dilakukan juga mendukung generasi muda untuk menghindari pernikahan dini yang berdampak banyak pada kesehatan ibu dan anak. 

    Mahasiswa KKN Tematik Unej Kelompok 268 di bawah bimbingan dr. Yudha Nurdhian M.Kes., dan beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chanda Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa turut mendampingi pembentukan kader Posyandu Remaja. Dari kegiatan yang berlangsung, mahasiswa KKN-T Unej yang juga masuk ke dalam generasi muda ikut memperoleh edukasi kesehatan remaja. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa KKN Unej juga dapat melakukan observasi program kesehatan remaja di Desa Taman untuk dirancang dalam program kerja yang dapat mendukung tujuan dari program kerja Puskesmas Grujugan, serta berharap Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso dapat menuntaskan misinya dalam mengurangi prevalensi stunting di Kabupaten Bondowoso. 



    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.