Mahasiswa KKN Tematik Unej Ikut Serta dalam Pemeriksaan Rutin Posyandu Lansia di Desa Taman - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 17:09 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Tematik Unej Ikut Serta dalam Pemeriksaan Rutin Posyandu Lansia di Desa Taman


    Dibaca : 332 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bondowoso, 29 Juli 2022 – Posyandu lansia menjadi salah satu kegiatan rutin yang menjadi program Puskesmas Grujugan untuk sarana pemeliharaan dan pemantauan kesehatan warga Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Pemeriksaan rutin yang digelar oleh petugas kesehatan serta bidan desa dapat dilakukan kepada siapa saja, termasuk kepada golongan lanjut usia (lansia).  Kegiatan ini dipandu oleh petugas kesehatan Puskesmas Grujugan, Bu Ditya, selaku perawat yang bertugas memeriksa kondisi kesehatan para lansia pada Posyandu Lansia di Desa Taman.

    Melalui pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa KKN-T Unej kelompok 268 di bawah bimbingan dr. Yudha Nurdian M. Kes., dan beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chandra Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa turut aktif dengan membantu kader Posyandu dalam pemantauan kesehatan lansia. Kegiatan yang dilaksanakan dengan melakukan pencatatan data kesehatan melalui KMS bulanan.

    Para lansia yang datang dipandu dan diarahkan oleh mahasiswa KKN untuk dibantu mengukur berat badan, tinggi badan, dan tekanan darahnya sehingga dapat diketahui tingkat kesehatan dari lansia yang diperiksa. Dari pengisian KMS secara rutin, dapat dilakukan deteksi awal penyakit jika lansia tersebut kesehatannya menurun, sehingga dapat meminimalisasi risiko keterlambatan penanganan penyakit pada lansia. Posyandu lansia juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terserang penyakit. Pemantauan kesehatan oleh para kader lansia dilakukan secara individual dengan menyebutkan identitas. Pelayanan kesehatan ini tidak hanya mencakup tentang penyakit, namun juga terkait pemeriksaan aktivitas sehari-hari seperti pola makan.

    “Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan adik-adik KKN ini, karena biasanya tugas kami yang menumpuk, sekarang jadi lebih cepat selesai. Semoga ada ilmu dan pengalaman yang juga bermanfaat bagi kalian,” ujar Bu Ditya.

    Melalui pernyataan yang diungkap perawat Puskesmas Grujugan, kerelawanan Mahasiswa KKN-T Unej ini dinilai membantu tugas para kader dan petugas kesehatan setempat. Sebab, terkadang para kader mengalami kendala dalam bantuan tenaga.

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.