Difusi Iptek Melalui Berdesa ala Mahasiswa KKN Unej di Grujugan Kidul - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Kamis, 4 Agustus 2022 07:09 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Difusi Iptek Melalui Berdesa ala Mahasiswa KKN Unej di Grujugan Kidul


    Dibaca : 350 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada tanggal 25 Juli 2022 Mahasiswa/i KKN Unej kelompok 269 memaparkan rencana program kerja yang akan dijalankan serta meminta izin kepada Kepala Desa Grujugan Kidul di Balai Desa. Kepala Desa merespon dengan baik karena program kerja yang digagas oleh mahasiswa/i KKN Unej sejalan dengan program pemerintah desa untuk menghidupkan perpustakaan desa.

    Setelah menemui kepala desa, mahasiswa/i menemui bu bidan di Pustu (Puskesmas bantuan) Grujugan Kidul guna mendapatkan informasi mengenai stunting di Desa Grujugan Kidul. Pada hari selanjutnya, mahasiswa/i berdiskusi bersama operator desa di balai desa membahas poster dan surat keterangan pendanaan buku untuk program literasi dasar yang akan dijalankan. Pada siang harinya, mahasiswa/i mengikuti kegiatan Rakorcam (Rapat Koordinasi Kecamatan) untuk memaparkan program kerja mahasiswa/i KKN kelompok 269 bersama Bapak Camat. Berdasarkan hasil rapat, program kerja “Litasa” disetujui dan mendapat tanggapan yang positif dari bapak camat.

    Pada tanggal 28 Juli 2022, mahasiswa/i mengikuti Persuli II di Desa Grujugan Kidul. Pada Persuli II, bapak Yudha selaku DPL memberikan saran berupa menghidupkan kembali sosial media Desa Grujugan Kidul, salah satu caranya yaitu mahasiswa membuat media sosial berupa Instagram kemudian menyusun konten feeds instagram untuk desa. Keesokan harinya pada tanggal 30 Juli 2022, mahasiswa/i berdiskusi dengan Bu Ulfa selaku penganggung jawab pespustakaan Desa Grujugan Kidul, mengenai sarana dan prasarana perpustakan desa di Balai desa.

    Melalui hasil diskusi tersebut, mahasiswa/i mulai menyusun proposal untuk diberikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso. Proposal tersebut berisikan mengenai permohonan pengadaan buku untuk perpustakaan desa. Kegiatan selanjutnya, mahasiswa/i mengikuti kegiatan pengajian rutin sekaligus memberikan pamflet yang berisikan kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa/i KKN, serta melakukan sosialisasi kepada orang tua terkait program “Litasa”. Tujuan dilakukannya sosialisasi kepada orang tua yaitu agar orang tua mendukung anaknya untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa/i.

    Pada tanggal 31 Juli 2022, mahasiswa/i melakukan pertemuan dengan karang taruna untuk membahas program kerja “Litasa”. Mahasiswa/i KKN bertemu dengan ketua Karang Taruna untuk membicarakan mengenai perkembangan program dan materi yang akan dipaparkan dalam kegiatan pertemuan yang akan mendatang. Tertarik dengan program yang akan dijalankan oleh mahasiswa KKN, anggota Karang Taruna pun memberikan beberapa pertanyaan dan saran mengenai program tersebut. Salah satu hal yang menjadi isu adalah mengenai sosialisasi program tersebut kepada masyarakat desa agar banyak yang tertarik mengikuti kegiatan. Anggota Karang Taruna pun memberikan saran untuk membantu menyebarkan pamflet kegiatan kepada masyarakat di tiap-tiap RT di Desa Grujugan Kidul.

    Kelompok KKN 269 melakukan difusi iptek di desa berupa melakukan kegiatan sosialisasi kepada orang tua mengenai program yang akan kami jalankan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi atau proporsi tentang suatu ilmu pengetahuan mengenai literasi dasar desa. Dengan demikian, sosialisasi tersebut diharapkan agar orang tua dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada anaknya untuk mengikuti program yang akan kami jalankan. Kelompok 269 dibimbing oleh DPL dr. Yudha Nurdian, M.kes dan beranggotakan 10 orang yaitu Arifin Hindya Putra, Raina Jamila Ali, Rizki Andriani Soraya, Reza Nur Aulia, Ahmad Kamal Fathin, Aulifia Rahmawati, Syahrul Bima Sahputra, Shafira Putri Ramadhani, Almira Shela Nur, dan Ulindya Suryandari.

     

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.