Cara Mendekati Kencan Jika Anda Terlalu Sibuk - Analisis - www.indonesiana.id
x

image: catholic match

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 4 Agustus 2022 12:14 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Cara Mendekati Kencan Jika Anda Terlalu Sibuk

    Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda terlalu sibuk untuk berkencan di tengah jadwal yang padat, padahal hati Anda menginginkan persahabatan. Tetapi hanya karena Anda sibuk bukan berarti Anda tidak bisa berkencan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda menumbuhkan kehidupan cinta Anda meskipun hanya memiliki sedikit waktu untuk berkencan.

    Dibaca : 600 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Menyeimbangkan karir, kehidupan sosial, waktu berkualitas dengan teman dan keluarga, perawatan diri, hobi, dan tidur yang cukup sudah cukup untuk membuat siapa pun sibuk. Berapa banyak lagi jika Anda menambahkan kencan ke dalam campuran? Wah!

    Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda terlalu sibuk untuk berkencan di tengah jadwal yang padat, padahal hati Anda menginginkan persahabatan. Tetapi hanya karena Anda sibuk bukan berarti Anda tidak bisa berkencan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda menumbuhkan kehidupan cinta Anda meskipun hanya memiliki sedikit waktu untuk berkencan.

    Dalam artikel ini, saya akan berbagi dengan Anda sembilan tip tentang cara mendekati kencan jika Anda merasa terlalu sibuk untuk berkencan.

    Tip Mendekati Kencan Jika Anda Terlalu Sibuk untuk Berkencan

    1. Apakah Anda Benar-Benar Terlalu Sibuk?

    Terkadang, penghindaran bisa menjadi mekanisme koping untuk memfokuskan pikiran kita pada aspek penting lain dari kehidupan kita untuk menghindari perasaan penolakan atau patah hati yang potensial.

    Sebagai manusia, keinginan untuk merasa diinginkan oleh seseorang adalah bagian dari fitrah kita, jadi perasaan tersebut adalah hal yang wajar. Namun, untuk maju dalam hidup, Anda harus mengambil risiko termasuk menjadi sedikit rentan dengan menempatkan diri Anda di luar sana.

    Langkah pertama untuk mendekati kencan jika Anda terlalu sibuk adalah menentukan apakah Anda benar-benar terlalu sibuk.

    Apakah Anda memfokuskan seluruh waktu dan perhatian Anda pada area lain dalam hidup Anda untuk menghindari perasaan patah hati? Jika Anda menemukan ini benar, Anda mungkin merasa terbantu untuk berbicara dengan orang yang Anda cintai tentang perasaan Anda.

    Terapis berlisensi juga dapat membantu Anda menemukan akar masalahnya jika Anda merasa membutuhkan dukungan ekstra untuk mengatasi perasaan ini. Setelah Anda jujur dengan diri sendiri, Anda dapat menunjukkan hati Anda yang tulus di sekitar orang lain, yang menyegarkan dan menyenangkan.

    2. Jujurlah dengan Kencan Anda tentang Jadwal Sibuk Anda

    Bersikap terbuka adalah kebajikan penting yang harus dipatuhi saat menavigasi dunia kencan. Kencan potensial mencari ketergantungan dan kenyamanan, dan jika jadwal Anda terlalu sibuk untuk memberi mereka itu, mereka akan menghargai keterbukaan Anda.

    Ketika berbicara tentang jadwal sibuk Anda, perhatikan bagaimana Anda melakukannya, dan ketika Anda memiliki ketersediaan untuk membuat rencana, pastikan Anda menaatinya.

    Tentu saja, kewajiban lain bisa muncul. Namun, jika Anda cenderung secara teratur membatalkan rencana dengan teman kencan Anda, mereka akan mengerti bahwa itu bukan prioritas dalam hidup Anda.

    Jika Anda berada di musim sibuk di tempat kerja atau memiliki banyak komitmen keluarga untuk bulan depan, komunikasikan rencana tersebut dengan calon kencan Anda sebelumnya, dan pastikan untuk mempertimbangkan jadwal mereka juga!

    Kita semua memprioritaskan aspek-aspek tertentu dari kehidupan kita. Jika Anda sering mengemukakan betapa sibuknya jadwal Anda, teman kencan Anda mungkin merasa bahwa Anda menganggap jadwal Anda lebih penting daripada jadwal mereka.

    Tentu saja, kemungkinan besar Anda tidak merasakan hal ini, jadi berhati-hatilah saat mendiskusikan jadwal Anda, dan pastikan teman kencan Anda memahami minat Anda pada mereka.

    3. Berkencan dengan Seseorang yang Memahami Jadwal Anda

    Bergantung pada aspek kehidupan Anda yang paling banyak menghabiskan waktu Anda, temukan seseorang yang mengerti bahwa Anda tidak akan dapat menghabiskan waktu sebanyak yang Anda inginkan.

    Menurut pakar kencan milenium Erica Gordon, “Orang yang tepat akan mendorong Anda untuk bergegas, dan tidak akan menjatuhkan Anda karena tidak cukup tersedia. Orang yang sangat aman dengan kemampuan untuk percaya akan dapat mempercayai hubungan Anda bahkan jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mereka.” 

    Pada kencan pertama dengan seseorang, jika dia tampaknya tidak mengerti bahwa Anda memiliki prioritas lain yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam hidup Anda saat ini, maka dia mungkin bukan orang yang tepat untuk Anda.

    Jika Anda berkencan dengan seseorang yang sabar dengan Anda dan kewajiban hidup Anda saat ini, akan ada lebih sedikit tekanan pada hubungan sehingga Anda berdua dapat lebih mudah bersantai dan menjadi diri sendiri ketika Anda menghabiskan waktu bersama.

    4. Kelola Harapan

    Selain komunikasi yang terbuka dan jelas, aspek penting lain dari berkencan adalah mengelola harapan untuk diri sendiri dan calon teman kencan Anda.

    Ketika Anda terbuka dengan teman kencan Anda tentang berapa banyak waktu yang dapat Anda curahkan untuk berkencan, Anda akan merasa lebih bebas untuk bekerja lembur atau menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa calon teman kencan Anda merasa diabaikan.

    Pastikan untuk mendiskusikan jadwal sibuk Anda saat membuat rencana, dan komunikasikan komunikasi Anda dengan cara yang akan membantu orang lain merasa dihargai. Pertimbangkan sesuatu seperti, “Aku sedang dalam musim sibukku di tempat kerja, jadi aku tidak punya waktu luang sebanyak yang aku inginkan selama seminggu. Namun, aku akan senang untuk mendapatkan minuman pada hari Jumat!”

    Membagikan detail ini memungkinkan teman kencan Anda mengetahui bahwa Anda berada dalam tahap sibuk dalam hidup Anda sambil tetap memberi tahu dia bahwa Anda ingin meluangkan waktu untuknya.

    5. Tetap Buka Pikiran dan Pancarkan Energi Positif

    Tip lain untuk berkencan saat Anda sibuk adalah tetap berpikiran terbuka dan tetap positif. Ketika Anda mencari peluang untuk bertemu seseorang dan Anda memiliki aura positif tentang Anda, Anda akan menarik orang yang tepat.

    Menurut pakar kencan dan hubungan Lisa Concepcion,

    “Jika Anda mengantri di bank melihat telepon Anda, Anda berada dalam energi tertutup. Jika Anda berbicara dengan orang di depan Anda, menunjukkan foto anjing Anda dan melihat anjing Anda serta mengobrol dengan ramah, energi Anda terbuka. Ini mengirimkan pesan ke alam semesta. 'Aku suka orang-orang. Aku terbuka untuk bertemu orang-orang hebat.’”

    Menjaga pola pikir positif dan energi terbuka itu akan menarik orang ke arah Anda. Anda cenderung tidak didekati jika Anda melihat ke bawah ke ponsel Anda atau menunggu pesanan kopi Anda dengan AirPods Anda, jadi kurangi potensi gangguan dan buat titik untuk menikmati lingkungan Anda.

    “Saat ini, orang berpikir bahwa satu-satunya tempat mereka dapat bertemu orang adalah pada hari Jumat atau Sabtu antara jam 8 malam dan tengah malam,” tambah Concepcion. “Ketika Anda menghilangkan anggapan bahwa orang hanya ingin bertemu orang lain selama jam-jam 'prime time' itu, Anda akan mulai lebih memperhatikan orang-orang di sekitar Anda.”

    6. Pertimbangkan Kencan Online

    Aplikasi kencan online adalah cara luar biasa bagi orang-orang sibuk untuk terhubung dengan calon kencan. Anda dapat berkencan pada waktu dan jadwal Anda sendiri, membalas pesan dan membaca dengan teliti para lajang yang tersedia di wilayah Anda.

    Aplikasi kencan adalah pilihan yang bagus jika Anda merasa tidak punya waktu untuk pergi keluar mencari calon kencan secara langsung. Namun, bersiaplah untuk mengalihkan percakapan dari aplikasi dan masuk ke dunia nyata untuk mengenal calon pasangan Anda dengan lebih baik.

    Segera, Anda akan ingin bertemu orang di ujung lain profil kencan, jadi pastikan Anda siap untuk memberikan ruang dalam jadwal sibuk Anda untuk memperkuat rencana yang dapat Anda tindak lanjuti.

    Selama Anda terbuka dan berkomunikasi secara terbuka tentang kapan Anda bisa bertemu, orang yang tepat akan mengerti.

    7. Jadwalkan Waktu untuk Berkencan

    Meskipun menjadwalkan waktu di perencana kencan Anda bukanlah salah satu ide yang paling romantis, mencurahkan waktu untuk menjadwalkan kehidupan kencan Anda mungkin merupakan pilihan yang bagus jika Anda perlu merencanakan minggu Anda sebelumnya.

    Jika Anda kesulitan menyisihkan waktu selama seminggu untuk berkencan, bereksperimenlah dengan menjadwalkan waktu di kalender Anda seperti halnya rapat.

    Mulailah dengan langkah-langkah kecil dengan menyisihkan satu jam seminggu untuk kencan minum kopi atau istirahat makan siang sebentar. Atau, jika Anda baru mengenal dunia kencan, luangkan waktu satu jam untuk menggunakan aplikasi kencan untuk membalas pesan, dan melihat-lihat profil kencan orang lain.

    Setelah Anda berkomitmen pada waktu yang Anda sisihkan setiap minggu, tambahkan satu jam lagi ke agenda Anda untuk kencan. Mengambil langkah-langkah tindakan yang wajar akan mencegah Anda merasa kewalahan dengan mencoba pergi keluar pada semua tanggal atau membalas setiap pesan, dan Anda akan lebih cenderung menganggap diri Anda bertanggung jawab terhadap tujuan dan harapan yang dapat dikelola.

    8. Pilih Hari yang Fleksibel dan Berbagi Makanan dengan Seseorang

    Kita semua perlu makan, jadi mengapa tidak berbagi makanan dengan teman kencan? Temukan hari paling fleksibel Anda yang dapat Anda dedikasikan setidaknya satu jam untuk menghabiskan waktu bersama seseorang yang Anda minati.

    Mungkin Anda tahu hari Rabu adalah hari paling ringan Anda di tempat kerja, dan Anda bisa meninggalkan kantor satu atau dua jam lebih awal dari biasanya. Mintalah tanggal untuk menemui Anda di restoran dekat kantor untuk makan malam. Alasannya adalah Anda selalu dapat kembali ke kantor setelahnya jika Anda memiliki pekerjaan yang masih harus diselesaikan, dan teman kencan Anda akan menghargai upaya untuk bertemu meskipun jadwal sibuk Anda.

    9. Temukan Minat atau Hobi Bersama dengan Kencan Anda

    Untungnya, jenis kencan terbaik tidak terasa seperti pekerjaan. Jika Anda menemukan diri Anda berjuang untuk menyeimbangkan pekerjaan, keluarga, teman, dan kehidupan kencan Anda, Anda dapat menemukan seseorang yang berbagi cinta untuk hiking atau benar-benar menikmati memasak.

    Saat Anda memasukkan kehidupan kencan Anda ke dalam rutinitas yang sudah ditetapkan, Anda akan senang mengenal seseorang sambil juga berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda sukai. Jika Anda menikmati hiking dan memasak, rencanakan kencan ketiga dengan sesama pejalan kaki di jalan setapak terdekat atau pergi berbelanja bersama dan pilih item yang bisa Anda buat untuk makan malam.

    Menunjukkan kepada teman kencan Anda bahwa Anda akan meluangkan waktu untuknya meskipun jadwal sibuk Anda akan sangat membantu, dan dia akan menghargai upaya untuk merencanakan kencan yang menyenangkan tanpa merasa seolah-olah dia mengambil terlalu banyak waktu Anda.

    Pikiran Akhir

    Kita semua melewati musim kehidupan yang sibuk. Saat Anda terbuka dan berusaha meluangkan waktu untuk seseorang yang Anda minati, Anda dapat yakin bahwa Anda mengambil langkah yang tepat untuk terhubung dengan orang yang cocok untuk Anda.

    ***
    Solo, Kamis, 4 Agustus 2022. 9:02 am
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.