4 Cara Memulihkan Kelelahan Pasca Covid-19 - Urban - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi vaksin covid-19.

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 4 Agustus 2022 12:29 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 4 Cara Memulihkan Kelelahan Pasca Covid-19

    Post covid-19 fatigue atau dalam arti bahasa indonesianya adalahan sindrom kelelahan pasca covid-19

    Dibaca : 545 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Post Covid-19 fatigue dalam bahasa Indonesianya adalahan sindrom kelelahan pasca Covid-19. Sindrom ini sering dialami pasien yang baru saja sembuh dari virus Covid-19. Penyebab sindrom ini masih di teliti para ahli, namun diperkirakan karena organ dalam tubuh seperti paru-paru belum pulih sepenuhnya.

    Jika kamu adalah salah satu pasien yang baru saja sembuh pasca Covid-19 dan mengalami kelelahan berlebihan jangan khawatir karena ini adalah efek samping dari virus pandemi ini, oleh karena itu kami merangkum 8 tips cara memulihkan kelelahan pasca covid-19.

    1.Olahraga Ringan

    Olahraga Saat Pandemi

    Hal yang pertama harus kamu lakukan tidak lain adalah menjaga kebugaran tubuh kamu dengan olahraga ringan yang bisa kamu lakukam secara rutin agar kondisi stamina kamu dapat pulih dengan cepat dan membantu juga untuk memulihkan organ dalam tubuh kamu dengan cepat sehingga efek samping dari sindrom kelelahan itu cepat pulih, terus apa saja sih olahraga  ringan yang membantu tubuh kamu agar cepat pulih ?

    Salah satu olahraga ringan yang perlu kamu lakukan adalah joging atau lari pagi setiap hari selama 10-15 menit saja, setelah selesai melakukan joging atau lari pagi kamu bisa melanjutkan nya dengan yoga atau aerobik, namun jika kamu masih belum sanggup melakukan nya setiap hari, kamu bisa menggantinya dengan 2 hari sekali agar stamina dan kondisi tubuh kamu selalu bugar dan jika menurut kamu kondisi tubuh kamu sudah cukup baik dan stamina kamu sudah mulai membaik juga sebaiknya intensitas olahraga kamu dapat di tingkatkan.

    2.Pola Tidur Yang Baik, Rutin Dan Cukup

    Tidur dan Suasana Hati

    Selain melakukan olahraga yang rutin kamu juga perlu menjaga pola tidur yang baik dan juga cukup untuk mengembalikan stamina pasca terkena covid-19, terus gimana caranya menjaga pola tidur yang baik dan juga cukup ? menurut para ahli jam tidur yang baik adalah 7 sampai 8 jam namun ada beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur yang sedikit lebih lama pasca terkena sindrom kelelahan covid-19.

    Menjaga pola tidur yang baik dan juga rutin dapat mengembalikan kebugaran dan juga stamina kamu setelah terkena sindrom fatigue, namun kamu juga tidak boleh malas untuk bangun di pagi hari dan melakukan aktivitas yang dapat mengembalikan kebugaran tubuh kamu dengan cepat seperti yang sudah kami jelaskan sebelum nya yaitu olahraga rutin, selain itu juga bangun di pagi hari adalah suatu yang bagus karena dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik dan juga kamu dapat menghirup udara pagi yang segar yang belum terkena polusi sama sekali.

    3.Melepaskan Perasaan Frustasi

    Cara Membangun Motivasi untuk Mengatasi Depresi

    Selain menjaga kesehatan fisik, kamu juga perlu lohh menjaga kesehatan mental kamu agar tetap seimbang dan kamu juga harus tau kalau kesehatan mental yang buruk itu sangat berpengaruh negatif kepada kondisi fisik kamu, contohnya jika kamu mengalami rasa frustasi yang mendalam dan memendam segalanya sendirian itu semua dapat berakibat buruk untuk jantung, obesitas dan juga pencernaan maka dari itu kesehatan mental juga sangat penting nihh buat kamu.

    Terus gimana sih caranya melepaskan rasa frustasi? Untuk langkah awal kamu dapat cerita keluh kesah kamu kepada teman, sahabat, ataupun keluarga intinya kamu dapat cerita hal yang membuat kamu merasa frustasi kepada orang yang kamu sayang agar kondisi mental kamu terjaga dengan baik. Atau jika kamu merasa hal itu masih belum bisa membuat kamu tenang kamu bisa pergi ke tempat seperti psikiater alhasil rasa stress dan frustasi dapat mereda ataupun hilang.

    4.Mengkonsumsi Makanan Yang Bernutrisi

    Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak untuk Hidup Sehat

    Selanjutnya adalah kamu wajib mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan juga bergizi untuk mengembalikan kesehatan kamu pasca terkena virus covid-19. Contohnya apasih makanan yang bernutrisi dan juga bergizi ? untuk makanan yang dapat mengembalikan kebugaran tubuh yang kelelahan akibat terkena sindrom fatigue kamu dapat mengkonsumsi sayur, kacang, buah, dan juga susu dan juga nasi.

    Menurut WHO atau World Healt Organization untuk orang yang baru sembuh dari virus covid-19 dan terkena sindrom fatigue dianjurkan mengkonsumsi setidaknya 4 porsi buah, 5 porsi sayuran dan juga 180 gram biji-bijian atau kacang setiap hari, lalu untuk lauk nya kamu dapat mengkonsumsi daging ayam dna juga daging sapi 2-3 kali perminggu.

    Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Kamis, 11 Agustus 2022 17:33 WIB

    Tip Memanaskan Motor Matic; Jangan Terlalu Lama

    Dibaca : 296 kali





    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 410 kali