Catwalk Literasi Bergaya Wajib Bawa Buku Ada di Kaki Gunung Salak Bogor - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Jumat, 5 Agustus 2022 14:53 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Catwalk Literasi Bergaya Wajib Bawa Buku Ada di Kaki Gunung Salak Bogor

    Catwalk literasi, bergaya di zebra cross samabil membawa buku ada di taman bacaan di kaki Gunung Salak. Seperti apa?

    Dibaca : 371 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Di pro-kontra Citayam Fashion Week (CFW) ditutup atau tidak, dipindah atau tidak. Justru inovasi dilakukan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka dengan membuat “catwalk literasi” Bernama “Gunung Salak Literation Week – GSLW”. Sebagai ajang ekspresi dan catwalk di atas zebra cross dengan aksesori wajib membawa buku bacaan. Berlokasi di kaki Gunung Salak Bogor, catwalk literasi ini sebagai cara yang dipilih untuk mensosialisasikan pentingnya membaca buku di taman bacaan dan membangun budaya literasi masyarakat.

     

    Melalui catwalk literasi, siapa pun bisa berlenggak-lenggok seperti model dan bergaya di atas zebra cross. Tapi syaratnya, harus membaca buku yang tersedia di taman bacaan. Catwalk literasi ditujukan untuk meningkatkan kegemaran membaca anak-anak dan masyarakat dengan cara yang menarik dan kreatif.

     

    “Bisa jadi, Gunung Salak Literation Week ini adalah catwalk literasi pertama di Indonesia. Saya sengaja bikin zebra cross biar bisa bergaya sambil bawa buku. Agar taman bacaan jadi tempat yang asyik dan menyenangkan. Bergaya boleh tapi jangan lupa tetap membaca buku. Agar jadi manusia literat” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka sekaligus penggagas catwalk literasi di Bogor hari ini (5/8/2022).

     

    Catwalk literasi hanya cara untuk menarik animo masyarakat untuk membaca. Sehingga tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah bisa terus berdiri tegak. Untuk itu, TBM Lentera Pustaka mengimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap aktivitas membaca anak. Karena buku bacaan dapat menjadi energi untuk mencetak generasi muda yang berkualitas. Bukan generasi yang hanya sekadar nongkrong atau bergaya hidup tanpa masa depan yang jelas.

     

    Di catwalk literasi TBM Lentera Pustaka, setiap tamu dan masyarakat yang datang ke TBM Lentera Pustaka pun dapat bergaya seperti model. Asal tetap membawa buku. Bahkan para ABG atau remaja di Bogor, Bojong Gede, Citayam pun bisa ber-catwalk di taman bacaan. Agar baca buku tidak dilupakan. Salam literasi #CatwalkLiterasi #GunungSalakLiterationWeek #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

     

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.