x

Kegiatan posyandu lansia di Desa Taman dilaksanakan secara rutin setiap bulannya di beberapa posko berbeda.

Iklan

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 06:15 WIB

Aksi Kerelawanan Mahasiswa KKN Tematik Unej dalam Pendampingan Posyandu Lansia di Desa Taman

Pemantauan kesehatan pada lansia di Desa Taman secara rutin melalui Posyandu Lansia bersama Mahasiswa KKN Tematik Unej kelompok 268 yang dipandu oleh perawat yang bertugas dan kader posyandu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bondowoso, 29 Juli 2022 – Pelayanan kesehatan perlu diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali kepada golongan masyarakat lanjut usia (lansia). Posyandu menjadi tempat yang tepat dan terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Posyandu Desa Taman yang tentunya bekerja sama dengan Puskesmas Grujugan serta dinas terkait, menjalankan kegiatan rutin dalam pemeliharaan dan pemantauan kesehatan bagi para lansia di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Adanya posyandu lansia ini sangat bermanfaat bagi warga yang termasuk golongan lansia itu sendiri. Hal ini merujukpada terpenuhinya pelayanan kesehatan yang memungkinkan golongan ini mencapai kesejahteraan serta mengalami peningkatan kualitas hidup yang rentan terserang penyakit.

Pelaksanaan posyandu lansia kali ini bertepatan Kediaman Bu Faik di Dusun Pejagan Utara, Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Bu Ditya selaku perawat yang bertugas,  mengoordinasi jalannya kegiatan Posyandu lansia ini bersama beberapa kader memeriksa kondisi kesehatan para lansia di Desa Taman. Mahasiswa KKN Tematik Unej kelompok 268 di bawah bimbingan dr. Yudha Nurdian M. Kes. yang beranggotakan Adhyasta Yuda Andrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chandra Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa turut aktif dalam mendampingi petugas kesehatan dan kader dengan melakukan pencatatan data kesehatan melalui buku KMS bulanan.

Pemantauan kesehatan ini dilaksanakan secara individu dengan hadir dan menyebutkan identitas. Mahasiswa KKN Tematik Unej di arahkan untuk membantu dalam hal pengukuran berat badan dan tinggi badan, sedangkan pemeriksaan lain seperti tekanan darah dan lainnya ditangani secara langsung oleh Bu Ditya, selaku perawat yang bertugas. Tujuan lain dari adanya posyandu lansia ini adalah untuk meminimalisir risiko keterlambatan penanganan penyakit pada lansia yang cenderung lebih rentan dibandingkan dengan golongan usia lainnya. Hal ini dapat terlihat dari buku KMS yang dipantau secara bulanan oleh petugas kesehatan dan para kader posyandu. Kegiatan rutin Posyandu lansia ini menjadi langkah rutin yang perlu diperhatian untuk meningkatkan kesejahteraan para orang tua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pendampingan Mahasiswa KKN Tematik Unej ini juga di respon baik oleh Bu Ditya selaku petugas kesehatan dan para kader Posyandu lansia. Aksi kerelawanan ini dinilai positif dan membantu tugas para kader dan petugas kesehatan setempat, yang terkadang mengalami kendala dalam hal bantuan tenaga.

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler