Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet - Urban - www.indonesiana.id
x

web seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet


    Dibaca : 829 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jika Anda tidak ingin pintu geser Anda mengalami malfungsi atau rusak, Anda perlu melakukan perawatan pada pintu geser mobil Anda. Terutama pada mobil pintu geser elektrik, mudah rusak jika perawatannya diabaikan. Berikut cara mudah merawat pintu geser Anda sendiri. 
     

    1. Menjaga pintu geser tetap bersih 
     Cara termudah adalah menjaga kebersihan area di sekitar  pintu geser, terutama rel dan bantalan rol. Debu dan kotoran  pada rel dan roller sering menjadi masalah bagi pemilik kendaraan sliding door terutama model elektrik. Dampaknya  membuat pintu sulit untuk ditutup bahkan bisa merusak pintu jika dibiarkan. 


     2. Hati-hati dengan air hujan dan bekas cucian mobil 
     Mekanisme pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu ayun yang hanya memiliki engsel. Banyak komponen yang digunakan, mulai dari roller, track, kunci, dan motor  pintu  versi elektrik. Selain debu dan kotoran, air adalah musuh  pintu geser. Seiring waktu, air dapat menyebabkan karat dan merusak drive Anda. 


     Untuk mencegah debu dan air merusak pintu geser, bersihkan setidaknya seminggu sekali saat mencuci mobil. Saat mencuci dengan air bertekanan tinggi, hindari penyemprotan langsung pada mekanisme pintu geser. 
     Mencegah air berat memasuki rel pintu, membersihkan cairan pelumas dan menyebabkan karat. Bersihkan area di sekitar pintu geser secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran seperti air atau debu. 


     3. Hindari genangan air yang tinggi 
     Jika terjadi banjir atau genangan air yang tinggi, hal ini juga harus dihindari. Jangan lewat begitu saja, karena  air kotor dapat masuk ke  mekanisme penggerak pintu geser mobil Anda dan menyebabkan efek buruk. 


     4. Lumasi bagian-bagian penggerak 
     Untuk mencegah korosi dan gerakan rol halus, bagian penggerak pintu geser harus dilumasi dengan hati-hati dengan cairan penembus. Jangan ragu untuk mengeringkan mobil Anda setelah  terkena hujan dan berikan pelumas atau penetrant Anda dengan produk yang memenuhi rekomendasi bengkel. 


     5. Perlakukan dengan baik dan hormat 
     Jangan bersikap kasar, seperti menghentikan  pintu saat bekerja, karena dapat merusak motor listrik. Mereka juga kurang sabar dan mencoba membuka dan menutup pintu  lebih cepat. Komponen seperti rel, tali selempang dan bantalan juga mengalami beban yang lebih besar. Tunggu hingga proses selesai, atau  matikan dan buka tutup secara manual jika ingin lebih cepat. 


     Juga, selalu buka dan tutup pintu geser pada posisi jalan yang rata, tidak menanjak atau menurun. Memindahkannya dalam keadaan miring memberi beban besar pada motor saat membuka dan menutup pintu geser. Namun, jika tidak bisa dihindari, tidak masalah jika Anda tidak melakukannya setiap saat. 


     6 Pastikan aki mobil Anda dalam kondisi baik 
     Pintu geser sering dioperasikan dengan mesin mobil mati. Seperti diketahui, saat mesin mobil dimatikan, tenaga disuplai oleh tenaga baterai. Pastikan aki mobil Anda dalam kondisi prima untuk memastikan tidak ada masalah saat memindahkan pintu geser elektrik. Ini termasuk keadaan sistem kelistrikan lainnya seperti kabel dan konektor,  alternator sebagai pengisi daya baterai, dll. Servis rutin dapat dilakukan di bengkel untuk menjaga kondisi pintu geser.

    sumber : gpsku.co.id

    Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.