Mahasiswa KKN Unej Bantu Petakan Lokasi UMKM Dadapan via Google Maps - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 270 DADAPAN UNEJ

Kelompok KKN 270 Desa Dadapan UNEJ
Bergabung Sejak: 22 Juli 2022

Senin, 8 Agustus 2022 06:44 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN Unej Bantu Petakan Lokasi UMKM Dadapan via Google Maps

    Pemetaan lokasi dengan menggunakan Gmaps dalam ranah usaha memudahkan konsumen dalam pencarian barang yang diinginkan. Sentra kerajinan anyaman bambu yang sebelumnya masih belum dikenal secara luas di kalangan masyarakat luar menjadi perhatian Mahasiswa KKN. Kondisi tersebut mendorong Mahasiswa KKN UNEJ untuk melakukan pemetaan melalui Gmaps dalam upaya branding melalui ranah digital.

    Dibaca : 417 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Perubahan menuju era digital telah merubah berbagai kegiatan manusia menjadi berbasiskan digital. Salah satunya adalah pemetaan lokasi dengan memanfaatkan teknologi google maps. Pemetaan lokasi melalui google maps memudahkan dalam pencarian lokasi terkait hanya dengan memanfaatkan ponsel. Oleh karena itu kelompok KKN 270 Tematik UNEJ memiliki salah satu program kerja berbasis digital yaitu “Penerapan Teknologi Digital Via Google Maps Dalam Mendorong Potensi di Desa Dadapan”. Program kerja ini diharapkan mewujudkan masyarakat yang melek teknologi khususnya dalam pemetaan tempat-tempat penting (pin lokasi) google maps, salah satu tempat penting yang sudah dilakukan pemetaan adalah “Pusat Kerajinan Anyaman Bambu di Desa Dadapan”,“Pusat Grosir Anyaman Bambu”. “Toko Munaji”, “Pangkas Rambut Desa Dadapan”.

    Pemetaan (Pin lokasi) di google maps Tidak hanya berfokus terhadap potensi anyaman bambu saja, pemetaan lokasi melalui google maps dilakukan pada potensi di Desa Dadapan diantaranya adalah pada lokasi usaha warga agar dapatdikenal secara luas oleh masyarakat dan juga mampu berkembang dengan menggunakan teknologi digital. Selain itu diharapkan pemetaan pada google maps ini mampu mempermudah masyarakat dalam mencari lokasi tertentu yang dibutuhkan, dan mengetahui informasi lain yang diperlukan. 

    Diskusi Mahasiswa KKN Tematik UNEJ dengan Pengrajin Anyaman Bambu

     

    Kelompok 270 yang beranggotakan Luky Tri Hermawan, Rika Sofi Nurlaili, Nurhapisah, Ika Herta Suryaningsih, Bergas Wahyu Sejati, Attalarik Zulva Ar Rafi, Dimas Ristian Putra, Nur Fahmi Hidayat, Ghea Permata Fadillah dan Mochammad Fakhri Roivansah dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak dr. Yudha Nurdian, M. Kes yang berlokasi di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Dalam pelaksanaan program kerja yang dirumuskan, kelompok 270 melakukan pemetaan lokasi yang akan dijadikan pin di google maps. Kemudian meminta izin kepada pihak yang bersangkutan terkait program pemetaan, setelah diberi izin selanjutnya mendaftar google maps dengan memasukkan nama tempat, kategori, alamat, jam buka, kontak, tentang dan foto.

    Adapun Ibu Rizky selaku salah satu pengrajin dan penjual anyaman bambu di Desa Dadapan
    mengatakan bahwa dirinya mendukung terkait program kerja penerapan teknologi digital via
    Google maps yang diberikan oleh Mahasiswa KKN UNEJ 270, harapannya program kerja KKN
    ini dapat bermanfaat pada masyarakat dan memudahan masyarakat dalam menjangkau dan
    mengembangkan usahanya agar mudah dijangkau melalui google maps

    Ikuti tulisan menarik KKN 270 DADAPAN UNEJ lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.