8 Tip Cara Berdamai dengan Pasangan yang Sedang Marah - Urban - www.indonesiana.id
x

ilustr: distractify

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 8 Agustus 2022 10:41 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 8 Tip Cara Berdamai dengan Pasangan yang Sedang Marah

    Ketika kamu menjalani sebuah hubungan pastinya ada saja permasalahan yang datang entah itu konflik dan dan amarah

    Dibaca : 981 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ketika kamu menjalani sebuah hubungan pastinya ada saja permasalahan yang datang entah itu konflik dan dan amarah, kadang kita sendiri juga sering mengambil langkah yang salah sehingga membuat permasalahan tersebut bukan nya membaik malah justru semakin besar, nahh jika kamu ingin tau tips dan cara berdamai tanpa ada konflik yang berkelanjutan ketika kamu sedang bertengkar dengan pasangan kamu, berikut adalah 8 Tips Cara Berdamai Dengan Pasangan Yang Sedang Marah.

    1.Menahan Emosi

    Tips yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menahan amarah kamu ketika pasangan kamu sedang marah marah, memang menahan rasa marah bukan sesuatu yang mudah namun kamu harus melakukan ini demi hubungan kamu bersama, banyak para pasangan yang akhirnya gagal karena tidak ada yang bisa menahan emosi nya ketika pasangan mereka sedang marah padahal dimomen ini hubungan kalian berdua sedang di uji bagaimana kalian memperlakukan pasangan kalian saat sedang ada konflik atau permasalahan yang besar.

    Cara menahan emosi atau amarah itu ada banyak sekali salah satu contoh nya adalah mengingat kenangan kenangan manis saat kalian bersama, atau mengingat saat kalian liburan berdua ke suatu tempat untuk merayakan anniversary atau hari ulang tahun pasangan kalian dengan begitu rasa emosi kamu pasti akan sedikit mereda tidak seperti sebelum nya.

    2.Mengintropeksi Diri Dan Menjelaskan Masalah Dengan Lembut Ke Pasangan Kalian

    Seperti kata pepatah tidak ada api kalau tidak ada asap ini sama hal nya dengan suatu hungan ketika pasangan kalian marah pasti ada sesuatu yang membuat dia jengkel dan akhirnya marah kepada kamu, kalau sudah seperti ini sebaik nya kamu mengintrokpeksi diri kamu terlebih dahulu jangan malah kamu ikut marah juga, coba kamu ingat hal apa yang dapat membuat pasangan kamu itu marah entah itu dari perlakuan kamu kepada pasangan kamu atau sikap kamu akhir akhir ini kepadanya, atau mungkin kamu omongan apa yang sehingga membuat pasangan kamu merasa sedih dan juga jengkel.

    Lakukan flashback sebelum konflik  itu terjadi jika kamu sudah menemukan permasalahan nya maka kamu dapat menyelesaikan masalah atau konflik tersebut namun kamu juga harus ingat bahwa kamu harus menjelaskan nya dengan nada lembut kepada pasangan kamu ini jangan malah kamu menjelaskan nya dengan nada tinggi yang ada nanti malah jadi makin panjang dan parah, namun jika kamu sudah mengingat ngingat hal apa yang bisa membuat dia marah dan kamu tidak tau sama sekali, coba kamu bertanya kepada nya apa kesalahan kamu dan apa yang membuat dia sampai seperti ini tanya lah dengan nada selembut mungkin agar masalah kalian berdua cepat selesai bukan malah hubungan kalian berdua.

    3.Jangan Malu Untuk Meminta Maaf Duluan

    Kebanyakan pasangan saat ini adalah gengsi untuk meminta maaf terlebih dahulu kepada pasangan nya meskipun bukan kamu yang salah, karena dalam suatu hubungan bukan perihal siapa yang benar dan siapa yang salah namun bagaimana kalian memperlakukan pasangan kalian ketika ada suatu konflik atau permasalahan meminta maaf duluan bukan berarti kalian salah namun kalian menjaga hubungan kalian agar tetap terjaga dan juga romantis.

    Mungkin beberapa dari kalian akan berfikir seperti kenapa harus kamu yang meminta maaf duluan padahal kan dia yang melakukan kesalahan, dan kalau seperti ini terus pasti bakal ada konflik seperti ini lagi di kedepan nya? Oleh karena itu membicarakan permasalahan ketika kamu sudah meminta maaf duluan suasana akan ikut mencair menjadi lebih baik juga dan disitulah kesempatan kamu berbicara dengan pasangan kamu mengenai konflik yang sebelum nya, katakan saja jika kamu tidak suka dengan sikap nya yang sebelum nya atau hal yang membuat kamu jengkel sebelum nya.

    Misal nya salah satu contoh nya untuk makan siang kamu minta mie goreng namun malah di bikinin mie rebus, maka ketika kamu sudah meminta maaf duluan coba katakan saja kalau kamu tidak suka mie rebus yang kamu suka mie goreng seperti itu.

    4.Merayunya Dan Memberikan Hadiah

    Tips yang selanjutnya adalah dengan merayu dan juga memberikan nya hadiah ketika dia sedang marah ataupun jengkel sama kamu, coba kamu memberikan nya hadiah seperti makanan, cemilan atau hal yang membuat dia senang setelah itu coba kamu ngobrol sama dia mengenail permasalahan yang sebelum nya yang membuat pasangan kamu itu marah dan juga sebel sama kamu.

    Namun jangan jadikan memberikan hadiah kepada pasangan kamu yang sedang marah menjadi pengalihan untuk melupakan permasalahan yang sebelum nya sebisa mungkin coba jelaskan dengan tenang dan tanya kenapa sampai ini terjadi.

    5.Memeluk Pasangan Kamu

    Jika kamu sedang ada berterkar dengan pasangan kamu karena konflik tertentu dan kamu bingung atau susah untuk menenangkan pasangan kamu coba berika dia pelukan hangat karena itu akan mengurangi stres dan juga emosi nya.

    Karena ketika kamu memeluk pasangan kamu yang sedang sangat marah maka dia akan merasa sangat tenang dan aman karena itu menunjukan bahwa kamu sangat mencintainya.

    6.Menjadi Pendengar Yang Baik

    Nahh yang ini pasti masalah semua para lelaki nihh, kamu pasti sering banget dengar kata kata kamu ngga peka dari pasangan kamu atau jadi pasangan peka sedikit kenapa, kalimat ini sering banget keluar dari pasangan kamu tanpa kita tau maksut nya apa dan keinginan nya apa, apalagi kalau sampai kamu dikasih kode kode tertentu dari pasangan kamu kalau tidak ngerti maksut nya maka kemungkinan besar kamu pasti dalam masalah besar.

    Jadi buat kamu nihh para cowo sebaiknya kamu coba lebih aktif lagi buat nyari tau apa keinginan dan kebutuhan pasangan kamu nihh biar kamu ngga selalu di anggap kurang peka jadi pasangan, namun jika karna kamu memang tidak tau apa keinginan pasangan kamu dan kebutuhan pasangan kamu dan itu menjadi koflik yang akhirnya membuat kamu berdua bertengkar sebaik nya coba katakan kepada pasangan kamu pa keluh kesah nya dan ke inginan nya.

    7.Jangan Jadi Pasangan Yang Pendiam

    Nihh buat kamu yang jadi tipe pasangan pendiem sebaik nya kamu harus lebih aktif lagi yaa saat sedang ada konflik atau permasalahan dalam hubungan kamu dengan pasangan, sekiranya ketika dia sedang marah atau ngambek coba tanyakan kepada pasangan kamu apa yang membuat dia marah dan jika memang itu kesalahan kamu sebaik nya kamu meminta maaf kepadanya jangan malah diem dieman yang ada nanti masalah kamu berdua tidak akan pernah selesai dan ketemu solusinya, dan kalau masalah nya sudah selesai kamu juga harus rajin bercanda dengan pasangan kamu agar suasana nya juga ikut mencair sehingga kekesalan nya kepada kamu juga hilang, ingat tidak ada pasangan yang suka dikacangin ketika ada probelem dalam suatu hubungan karena pada dasar nya masing masing dari kamu pasti ingin sekali masalah itu cepat selesai.

    Memang ada beberapa tipe pasangan yang ketika ada masalah dia akan diam dan menyendiri terlebih dahulu, apalagi kalau permaslahan nya sudah sangat besar dan parah, menenagkan diri adalah salah satu cara terbaik karena ketika menyelesaikan konflik atau masalah dengan pasangan pasangan kita pada saat diri kita penuh dengan emosi itu akan menambah masalah baru dan memperburuk masalah yang ada, oleh karena itu jika pasangan kamu adalah salah satu dari tipe ini maka biarkanlah terlebih dahulu dan berikan dia waktu untuk menenangkan dirinya.

    8.Beri Pasangan Kamu Ruang Untuk Menenagkan Diri

    Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, memang terkadang ada pasangan yang suka menyendiri terlebih dahulu saat ada permasalahan atau konflik dalam suatu hubungan. Jika pasangan kamu salah satu tipe seperti ini, maka kamu wajib memberi ruang kepadanya agar dia dapat menenangkan diri sejenak. Namun kamu juga jangan sampai mendiamkannya terlalu lama, ya!

    Cukup berikan waktu beberapa menit atau beberapa jam agar pasangan kamu dapat menerima apa yang terjadi, kemudian minta maaflah secara baik. Jangan sampai kamu mendiamkannya terlalu lama nanti konfliknya malah berlarut-larut. Atau bahkan menjadi lebih buruk, pasangan kamu pasti akan merasa kecewa kepadamu. Bukankah kamu tidak ingin itu terjadi?

    Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.