Cara Mengubah Krisis Pertengahan Karir Anda Menjadi Peluang - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

image: Ladders

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 10 Agustus 2022 06:36 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Cara Mengubah Krisis Pertengahan Karir Anda Menjadi Peluang

    Apakah Anda baru dalam karir Anda atau menghadapi krisis pertengahan karir, adalah umum untuk merasakan saat-saat stres, ketidakpastian, atau kebingungan dalam karir Anda. Namun, dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, Anda dapat mengubah perasaan itu menjadi peluang strategis dan positif.

    Dibaca : 672 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jika Anda merasa sedang menghadapi krisis karier, jangan khawatir. Kabar baiknya adalah bahwa ini adalah saat di mana Anda dapat melihat perlunya perubahan, yang berarti Anda merangkul kesadaran diri dan kesempatan untuk berkembang.

    Apakah Anda baru dalam karir Anda atau menghadapi krisis pertengahan karir, adalah umum untuk merasakan saat-saat stres, ketidakpastian, atau kebingungan dalam karir Anda. Namun, dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, Anda dapat mengubah perasaan itu menjadi peluang strategis dan positif.

    Berikut adalah 8 tip tentang cara mengatasi krisis pertengahan karir dan mengubahnya menjadi peluang.

    Apakah Anda Mengalami Krisis Pertengahan Karir?

    Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini dan lihat apakah Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda ini:

    • Apakah Anda memperdebatkan poros karier?
    • Apakah Anda mempertimbangkan untuk berhenti?
    • Apakah Anda mencari peningkatan keterampilan atau pendidikan lanjutan?
    • Apakah Anda terus-menerus di papan pekerjaan?
    • Apakah Anda merasa buntu atau tidak yakin dengan langkah Anda selanjutnya?
    • Apakah Anda merasa tidak tertantang, tidak didengar, tidak didukung, atau tidak terpenuhi?
    • Apakah Anda tidak yakin bagaimana perasaan Anda secara profesional tetapi Anda tahu itu tidak baik?

     

    Semua perasaan ini merupakan sumber tantangan profesional tetapi juga peluang. Mari kita mulai dengan mengidentifikasi perasaan tersebut dan mengubahnya menjadi sumber perubahan yang positif.

    Cara Mengatasi Krisis Pertengahan Karir

    1. Bersandar pada Beberapa Dukungan dan Bimbingan

    Meskipun artikel ini akan memandu Anda melalui beberapa pertanyaan refleksi diri penting dan upaya praktis yang dapat Anda ambil untuk maju, tidak ada salahnya untuk mencari mentor, rekan, pelatih, atau segala bentuk bimbingan sehingga Anda tidak perlu bertindak tentang perubahan karir ini sendiri.

    Ada banyak alat, sumber daya, dan orang-orang di sini untuk memastikan Anda dapat memanfaatkan praktik terbaik, merasa terbimbing, dan memastikan Anda efisien, efektif, dan disengaja dengan keputusan dan upaya karier Anda.

    2. Terima dan Pahami Emosi Anda

    • Perhatikan bagaimana perasaan Anda dan identifikasi apa yang Anda rasakan.
    • Sudah berapa lama Anda merasa seperti ini?
    • Seberapa intens perasaan itu?
    • Pernahkah Anda membutuhkan atau menginginkan lebih tetapi ragu-ragu karena Anda tidak yakin apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?

     

    Terimalah bahwa merasa frustrasi dalam karier adalah hal yang wajar dan wajar saja. Hal terakhir yang Anda butuhkan adalah menyalahkan diri sendiri untuk setiap emosi negatif.

    Sadarilah perasaan ini adalah kesempatan untuk membuat perubahan penting. Dapatkan nyaman dengan merangkul apa yang Anda rasakan sebagai langkah pertama.

    Memanfaatkan orang yang dicintai, terapis, teman tepercaya, mentor, rekan, penasihat, atau pelatih bukanlah ide yang buruk di sini. Ketahuilah bahwa cukup berharga untuk menghabiskan waktu memproses perasaan Anda sehingga Anda dapat segera merasa siap untuk mengubah perasaan ini menjadi tindakan dan maju ke arah yang baru.

    Mungkin juga Anda memiliki perasaan bawah sadar. Bertujuan untuk bermeditasi dan/atau membuat jurnal untuk secara aktif merefleksikan dan memunculkan perasaan Anda. Seringkali, ada tekanan yang tidak semestinya yang kita berikan pada diri kita sendiri atau yang kita rasakan dari orang yang kita cintai.

    3. Tentukan Akar Penyebab Perasaan Anda

    Saya sering memisahkan kesempatan kerja menjadi tiga bagian. Renungkan bidang mana dari karier Anda yang menonjol bagi Anda.

    • Peran Anda – Ini mencakup aktivitas sehari-hari, tanggung jawab, keterampilan, proyek, dan gaya keseluruhan pekerjaan sehari-hari Anda. Seberapa terlibat Anda dalam peran Anda saat ini? Apakah tantangan atau potensi Anda terpenuhi?
    • Industri Anda – Ini berkaitan dengan tujuan akhir, misi, atau dampak yang diberikan perusahaan Anda. Apakah menurut Anda produk atau layanan ini penting atau menarik?
    • Lingkungan Anda – Kita umumnya menyebutnya sebagai “budaya perusahaan”, tetapi secara luas dapat berhubungan dengan bagaimana lingkungan fisik atau tidak berwujud terlihat dan terasa. Apakah Anda jauh atau bertemu langsung? Apakah ada dukungan dan fleksibilitas? Apakah Anda bergaul dengan rekan kerja dan kepemimpinan Anda?

     

    Anda dapat memberi masing-masing dari ketiga area ini peringkat dari satu hingga sepuluh, atau Anda dapat menyorot untuk setiap area apa yang berjalan dengan baik atau tidak. Ada kemungkinan bahwa lebih dari satu bidang ini siap untuk perbaikan.

    4. Buka Blokir Pola Pikir Pembatas yang Mendorong Krisis Karir Anda

    Secara alami, otak kita mungkin ingin mempermainkan kita dan memunculkan sejumlah keraguan tentang apa yang mungkin dan mengapa kita harus menghindari perubahan karier.

    Pahami segala ketidakpastian yang mungkin Anda miliki dan atasi dengan pelatih jika Anda bisa. Hal terakhir yang kita inginkan adalah Anda menahan diri. Sebaliknya, kita ingin Anda menjelajahi apa yang akan terjadi selanjutnya untuk Anda, mempelajari secara mendalam tentang semua opsi potensial, dan kemudian membuat keputusan yang tepat tentang langkah terbaik Anda berikutnya.

    Perasaan, emosi, atau tindakan apa yang harus Anda terima atau lakukan untuk muncul sebagai orang yang Anda inginkan? Bagaimana Anda bisa menggerakkan jarum untuk menjadi sedikit lebih berpikiran terbuka, kreatif, rentan, dan berani untuk mengungkap apa yang mungkin terjadi selanjutnya dalam karier Anda?

    Ingatlah dan nikmati kenyataan bahwa Anda tidak perlu mengambil tindakan resmi apa pun sampai Anda sepenuhnya memahami apa yang Anda inginkan atau butuhkan selanjutnya dalam karier Anda dan nuansa realistis, pola, dan persyaratan tentang bagaimana orang biasanya mengejar jalan yang Anda pertimbangkan. .

    5. Rangkul Kesiapan Anda untuk Perubahan (Manfaat Perubahan Karir)

    Membayangkan perubahan dapat membantu Anda mengungkap jika ada sesuatu yang menghambat Anda untuk berpikiran terbuka.

    Apakah perubahan karir berarti perubahan gaya hidup? Apa arti peran baru bagi hidup Anda secara praktis? Apakah Anda perlu berbicara dengan seseorang untuk mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan?

    Ubah ketidakpastian menjadi pertanyaan, dan ubah pertanyaan menjadi jawaban.

    Khususnya bagi para perekrut karir menengah, transisi dan perubahan bisa sangat menegangkan, tetapi terkadang, ini bisa menjadi hal yang paling menyegarkan bagi perekrut atau manajer perekrutan untuk memahami bagaimana Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda ke arah yang baru.

    Anda dapat dan masih akan sangat memanfaatkan beragam pengalaman, perspektif, dan pengetahuan Anda, tetapi dengan pendekatan baru yang mungkin tidak dimiliki anggota tim lainnya.

    6. Tetapkan Prioritas Anda: Pahami Apa yang Anda Inginkan dan Butuhkan

    Setelah membongkar semua pola pikir yang membatasi, putuskan seperti apa karir ideal Anda. Dengan begitu, dengan eksplorasi karir atau pencarian kerja yang akan datang, akan jauh lebih mudah untuk menilai peluang apa yang sangat cocok yang akan memenuhi kebutuhan Anda di masa depan.

    7. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya: Ubah Krisis Karir Menjadi Peluang

    Jika Anda merasa bahwa peran Anda tidak menantang atau melayani Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

    • Apakah ada sesuatu yang dapat aku lakukan untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dalam peranku?
    • Apa peran selanjutnya ke atas dan apakah aku ingin berjuang untuk level itu? Jika demikian, bagaimana aku bisa melakukannya?
    • Apakah ada peluang berbasis pembelajaran yang dapat aku ambil di luar pekerjaan untuk mengembangkan keterampilanku?
    • Apakah aku perlu menelusuri kembali peran mana yang paling cocok untukku?
    • Jika demikian, apakah ada tim internal di perusahaan ini yang dapat aku jelajahi untuk pindah ke yang lebih cocok?
    • Jika tidak, lakukan proses eksplorasi (pembelajaran mendalam dan refleksi) untuk mendapatkan kepercayaan diri dalam peran terbaik Anda.

     

    Untuk lebih merenungkan peran ideal Anda, Anda dapat mempertimbangkan keterampilan yang Anda alami atau hebat, apa yang paling Anda sukai, dan proyek yang Anda sukai atau ingin Anda lakukan.

    Jika Anda merasa bahwa industri Anda tidak selaras dengan Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

    • Apakah ada sesuatu yang dapat aku lakukan untuk mengerjakan proyek yang lebih menarik bagiku dalam peran atau timku saat ini?
    • Apakah ada sesuatu yang dapat aku lakukan di luar pekerjaan yang membantuku mencapai tujuan yang aku pedulikan?
    • Apakah aku tahu industri mana yang paling cocok untukku?
    • Pertimbangkan area masalah apa di dunia kita yang menurut Anda menarik, berdampak, atau inovatif.
    • Jika demikian, apakah ada tim internal di perusahaan ini yang dapat aku jelajahi untuk pindah ke yang lebih cocok?
    • Jika tidak, lakukan proses eksplorasi (pembelajaran mendalam dan refleksi) untuk mendapatkan kepercayaan pada industri yang paling sesuai dengan Anda.

     

    Untuk lebih merenungkan industri ideal Anda, Anda dapat mempertimbangkan siapa yang ingin Anda bantu layani, bagaimana, mengapa, dan di mana. Anda ingin memikirkan bidang peningkatan di dunia kita yang paling membuat Anda bersemangat.

    Jika Anda merasa bahwa lingkungan Anda tidak selaras dengan Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

    • Apakah ada sesuatu yang bisa aku ubah tentang pengaturan kerjaku untuk membuat lingkungan lebih cocok? (yaitu secara langsung vs. kerja jarak jauh, jam kerja, dll.)
    • Apakah ada yang bisa aku lakukan untuk lebih cocok dengan budaya di sini? Anda tidak ingin mengubah siapa diri Anda, tetapi jika menurut Anda ada perubahan kecil dan nyata yang dapat Anda lakukan untuk cara Anda berinteraksi dengan orang lain, ada baiknya merenungkan apa yang menurut Anda dapat Anda lakukan dengan lebih baik atau berbeda, sebagai tambahan. untuk apa yang orang lain juga bisa lakukan.
    • Apakah ada umpan balik yang dapat aku berikan kepada rekan kerja atau manajerku yang menurutku akan meningkatkan hubungan kerja kita?
    • Jika Anda merasa bahwa lingkungan berada di luar kendali Anda, aku akan merangkul potensi yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk mencari pekerjaan untuk menemukan lingkungan yang lebih sesuai dengan kepribadian dan nilai-nilai Anda.

     

    Untuk lebih merenungkan lingkungan kerja ideal Anda, pikirkan tentang kecepatan kerja, seperti apa tampilan dan rasanya, serta sifat dan kualitas orang-orang di sekitar Anda.

    8. Jelajahi dan dengan Percaya Diri Mengidentifikasi Arah Karir yang Pas

    Eksplorasi karier adalah proses yang bisa sangat ampuh untuk mempersempit arah karier baru Anda yang terbaik. Dengan melakukan proses penelitian, jaringan, refleksi, dan iterasi, Anda dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang peran dan industri yang Anda pertimbangkan untuk memprioritaskan secara efektif jalur mana yang akan menyelaraskan dan memenuhi Anda.

    Setelah Anda memiliki gambaran yang kuat dan jelas tentang jalur karier ideal Anda ke depan, ini akan membantu Anda lebih berhati-hati dalam menemukan peluang profesional yang tepat baik di dalam maupun di luar pekerjaan untuk mendorong Anda lebih dekat ke tujuan dan potensi Anda.

    Pikiran Akhir

    Mengalami krisis pertengahan karir adalah normal, dan itu jelas bukan berarti akhir dari kemajuan karir Anda atau stagnasi seumur hidup. Ini hanya berarti bahwa Anda dapat duduk dan menunggu perubahan datang kepada Anda atau menggunakannya sebagai kesempatan untuk secara aktif merefleksikan, berputar, dan meningkatkan karier Anda.

    ***
    Solo, Selasa, 9 Agustus 2022. 5:49 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko 

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.