x

Ilustrasi Pelestarian Lingkungan.

Iklan

Putri Nuraulia Arnita

Mahasiswi Universitas Diponegoro
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 07:54 WIB

Pertolongan Pertama pada Lingkungan dengan Inovasi Eco-Enzyme dan Edukasi Iklim


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bekasi (30/07/2022) Salah satu mahasiswa dari Tim II KKN UNDIP Jatiwarna 2021/2022, Putri Nuraulia Arnita (21) telah melaksanakan program kerja di lingkungan RW 06 Kelurahan Jatiwarna, Kota Bekasi dengan konsentrasi pada kepedulian lingkungan. Adapun program yang dilaksanakan yaitu Inovasi Eco-Enzyme di Kelompok Wanita Tani RW 06 sebagai bentuk implementasi SDG’s nomor 12 dan Edukasi Perubahan Iklim sebagai bentuk implementasi SDG’s no. 13.

Program kerja Inovasi Eco-Enzyme bertujuan untuk mendukung produksi dan konsumsi yang bertanggungjawab dengan mengolah kembali sampah rumah tangga menjadi bahan fungsional kembali. Program diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 09.00 hingga 11.00 dengan memberikan demonstrasi dari pembuatan eco-enzyme. Eco-enzyme sendiri adalah cairan hasil fermentasi limbah dapur, khususnya kulit buah yang memiliki kandungan enzim dan dapat digunakan kembali. Enzim-enzim yang terkandung ini dapat membantu mempercepat reaksi dan bermanfaat sebagai desinfektan, deterjen baju, dan fertilizer alami. Pembuatan eco-enzyme tergolong sederhana, hanya dengan menggunakan limbah dapur seperti kulit buah, gula merah, dan air.

Kelompok Wanita Tani dari RW 06 Kelurahan Jatiwarna telah melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan produk tanam dengan menciptakan POC dan pupuk olahan lain. Inovasi eco-enzyme dapat diterapkan pada Kelompok Wanita Tani RW 06 sebagai variasi pengolahan limbah lain yang lebih sederhana dan tentunya dapat digunakan untuk mengembangkan produk. Penyampaian dilakukan dengan mendemonstrasikan pembuatan eco-enzyme pada Kelompok Wanita Tani RW 06 dan pembagian informasi mengenai komposisi pembuatan eco-enzyme.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gambar 1. Demonstrasi Pembuatan Eco-Enzyme/dokpribadi

Tidak hanya itu, dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan, program Edukasi Perubahan Iklim bertujuan untuk menyebarkan kesadaran warga RW 006 akan bahayanya perubahan iklim dan kewajiban kita untuk mencegahnya. Isu perubahan iklim telah menunjukkan ancaman yang nyata bagi kondisi lingkungan saat ini. Emisi yang dihasilkan ini pada umumnya disebabkan oleh pembakaran, deforestasi, dan kebakaran liar. Angka yang terus bertambah membuktikan bahwa kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah perubahan iklim.
Edukasi dilakukan dengan pembuatan poster kampanye yang mengajak warga untuk melakukan tindakan preventif untuk mencegah perubahan iklim. Poster yang telah dibuat kemudian ditempelkan pada beberapa titik di daerah RW 006 Kelurahan Jatiwarna, yaitu di lingkungan sekolah, posyandu, dan yayasan. Penempelan poster juga dilakukan pada Kecamatan Pondok Melati. Sosialisasi singkat juga dilakukan kepada kalangan anak-anak dan remaja di Yayasan Bonavida. Penyampaian materi dilakukan dengan sederhana dan menarik bagi anak-anak. Edukasi yang singkat dan jelas diharapkan mampu menambah wawasan, khususnya generasi muda untuk ikut andil dalam mencegah terjadinya perubahan iklim.
 
Gambar 2. Sosialisasi mengenai Perubahan Iklim di Yayasan Bonavida/dokpribadi 
 
Penulis : Putri Nuraulia Arnita (24020219130059)
DPL : dr Siti Fatimah, M.Kes
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip
 

Ikuti tulisan menarik Putri Nuraulia Arnita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler