Pertolongan Pertama pada Lingkungan dengan Inovasi Eco-Enzyme dan Edukasi Iklim - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi Pelestarian Lingkungan.

Putri Nuraulia Arnita

Mahasiswi Universitas Diponegoro
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2022

Rabu, 10 Agustus 2022 07:54 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Pertolongan Pertama pada Lingkungan dengan Inovasi Eco-Enzyme dan Edukasi Iklim


    Dibaca : 419 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bekasi (30/07/2022) Salah satu mahasiswa dari Tim II KKN UNDIP Jatiwarna 2021/2022, Putri Nuraulia Arnita (21) telah melaksanakan program kerja di lingkungan RW 06 Kelurahan Jatiwarna, Kota Bekasi dengan konsentrasi pada kepedulian lingkungan. Adapun program yang dilaksanakan yaitu Inovasi Eco-Enzyme di Kelompok Wanita Tani RW 06 sebagai bentuk implementasi SDG’s nomor 12 dan Edukasi Perubahan Iklim sebagai bentuk implementasi SDG’s no. 13.

    Program kerja Inovasi Eco-Enzyme bertujuan untuk mendukung produksi dan konsumsi yang bertanggungjawab dengan mengolah kembali sampah rumah tangga menjadi bahan fungsional kembali. Program diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 09.00 hingga 11.00 dengan memberikan demonstrasi dari pembuatan eco-enzyme. Eco-enzyme sendiri adalah cairan hasil fermentasi limbah dapur, khususnya kulit buah yang memiliki kandungan enzim dan dapat digunakan kembali. Enzim-enzim yang terkandung ini dapat membantu mempercepat reaksi dan bermanfaat sebagai desinfektan, deterjen baju, dan fertilizer alami. Pembuatan eco-enzyme tergolong sederhana, hanya dengan menggunakan limbah dapur seperti kulit buah, gula merah, dan air.

    Kelompok Wanita Tani dari RW 06 Kelurahan Jatiwarna telah melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan produk tanam dengan menciptakan POC dan pupuk olahan lain. Inovasi eco-enzyme dapat diterapkan pada Kelompok Wanita Tani RW 06 sebagai variasi pengolahan limbah lain yang lebih sederhana dan tentunya dapat digunakan untuk mengembangkan produk. Penyampaian dilakukan dengan mendemonstrasikan pembuatan eco-enzyme pada Kelompok Wanita Tani RW 06 dan pembagian informasi mengenai komposisi pembuatan eco-enzyme.

    Gambar 1. Demonstrasi Pembuatan Eco-Enzyme/dokpribadi

    Tidak hanya itu, dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan, program Edukasi Perubahan Iklim bertujuan untuk menyebarkan kesadaran warga RW 006 akan bahayanya perubahan iklim dan kewajiban kita untuk mencegahnya. Isu perubahan iklim telah menunjukkan ancaman yang nyata bagi kondisi lingkungan saat ini. Emisi yang dihasilkan ini pada umumnya disebabkan oleh pembakaran, deforestasi, dan kebakaran liar. Angka yang terus bertambah membuktikan bahwa kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah perubahan iklim.
    Edukasi dilakukan dengan pembuatan poster kampanye yang mengajak warga untuk melakukan tindakan preventif untuk mencegah perubahan iklim. Poster yang telah dibuat kemudian ditempelkan pada beberapa titik di daerah RW 006 Kelurahan Jatiwarna, yaitu di lingkungan sekolah, posyandu, dan yayasan. Penempelan poster juga dilakukan pada Kecamatan Pondok Melati. Sosialisasi singkat juga dilakukan kepada kalangan anak-anak dan remaja di Yayasan Bonavida. Penyampaian materi dilakukan dengan sederhana dan menarik bagi anak-anak. Edukasi yang singkat dan jelas diharapkan mampu menambah wawasan, khususnya generasi muda untuk ikut andil dalam mencegah terjadinya perubahan iklim.
     
    Gambar 2. Sosialisasi mengenai Perubahan Iklim di Yayasan Bonavida/dokpribadi 
     
    Penulis : Putri Nuraulia Arnita (24020219130059)
    DPL : dr Siti Fatimah, M.Kes
    #KKNtimIIperiode2022
    #p2kknundip
    #lppmundip
    #undip
     

    Ikuti tulisan menarik Putri Nuraulia Arnita lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Chandra Dio

    3 hari lalu

    PT Setia Manggala Abadi Hadir di Acara PIT PAPDI Bogor XI

    Dibaca : 111 kali

    PT. Setia Manggala Abadi turut hadir dan meramaikan acara Pertemuan Ilmiah Tahunan XI Perhimpunan Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Bogor pada 24 – 25 September 2022. Berlokasi di IPB International Convention Center, Botani Square Mall, Bogor Jawa Barat. Dilansir dari dokumen Final Announcement PIT PAPDI Bogor 2022, Kegiatan ini merupakan komitmen PAPDI untuk memberikan informasi terkini sehingga diharapkan meningkatkan profesionalisme para dokter dalam menangani berbagai kasus di bidang penyakit dalam Kegiatan PIT PAPDI Bogor XI ini di ketuai oleh oleh dr. Erwindo R, SpPD, K-GH, M.Kes, FINASIM dan mengusung tema Holistic Management Of Internal Medicine In New Era. Adapun beberapa kegiatan di dalam acara ini seperti Simposium, Diskusi Kasus Menarik, Workshop, Pameran Alat Kesehatan dan masih banyak lagi. Kegiatan ini tentunya di manfaatkan sebaik mungkin oleh PT. Setia Manggala Abadi selaku penyedia Alat USG dengan merk SOGATA untuk terus memperkenalkan produk andalannya pada sesi pameran alat-alat kesehatan. Booth PT. Setia Manggala Abadi terletak di Booth nomor 23 yang letaknya tidak jauh dari pintu utama registrasi. Penasaran kan dengan produk apasaja yang di pamerkan dari PT. Setia Manggala Abadi? Silakan datang langsung ke acara PIT PAPDI Bogor XI dan kunjungi Booth nomor 23 milik PT. Setia Manggala Abadi. PT. Setia Manggala Abadi juga telah menyiapkan promo khusus yang hanya berlaku di acara PIT PAPDI Bogor XI, yuk ramaikan dan sukseskan acara ini Teman SOGATA. Sampai bertemu di Booth PT. Setia Manggala Abadi.