5 Ide Kegiatan Liburan Selain Skrol TikTok - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Liburan di Pantai

Fahma Ainurrizka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Agustus 2022

Kamis, 11 Agustus 2022 08:26 WIB

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • 5 Ide Kegiatan Liburan Selain Skrol TikTok

    Bingung mau ngapain selama liburan selain scroll TikTok? Atau kamu masih luntang-lantung nungguin Kdrama yang lagi ongoing? Apapun itu, jangan biarkan daftar kegiatan liburanmu kosong, ya. Selama jatah liburan masih ada, kamu mesti memanfaatkannya dengan baik. Anggap saja kegiatan liburan ini bisa buat recharge energimu sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. Nggak perlu khawatir dan bingung dalam merencanakan kegiatan liburan. Kamu juga bisa melakukan kegiatan seru selama di rumah, lho. Nah, berikut referensi kegiatan kreatif yang bisa kamu lakukan selama liburan di rumah. Mana, nih, kegiatan yang belum pernah kamu coba?

    Dibaca : 425 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    1. Sering overthinking? Journaling adalah kegiatan yang pas!

    Sudah banyak penelitian yang menyebutkan dampak baik journaling pada kesehatan mental. University of Rochester Medical Center menyebutkan kalau journaling bisa mengontrol anxiety, mengurangi stres, dan mengatasi depresi.

    Sebenarnya, apa, sih, journaling itu? Journaling adalah kegiatan mengekspresikan segala ide, perasaan, ataupun emosi atas suatu peristiwa sehari-hari ke dalam berbagai bentuk. Journaling tidak terbatas pada bentuk tulis tangan melalui notebook, tetapi juga bisa melalui komputer, situs web, aplikasi digital, video/audio, bahkan desain grafis. Kamu bisa menyesuaikan-nya dengan ketertarikanmu.

    Selain itu, journaling memiliki banyak jenis, seperti gratitude journal, reflective journal, mood journal, sampai goal journal. Jenis-jenis tersebut memiliki fokus tujuan dan isi yang berbeda-beda pula. Misal saja gratitude journal yang berfokus pada hal-hal sederhana yang mesti kamu syukuri dalam hidup. Kamu bisa melakukan kegiatan ini di sela-sela menunggu KDrama jagoanmu tayang. Jangan lupa sertakan ucapan terima kasih karena masih diberi kesempatan untuk melihat kucing-kucing lucu dalam gratitude journal-mu, ya!

    2. Apa pesan untuk dirimu 10 tahun lagi? Yuk, bikin letter to my future self!

    Jika menengok kembali hal-hal yang telah berhasil kamu lalui lima tahun lalu, kamu telah meniti progres yang panjang dan kerja keras tanpa henti. Bukankah ini saat yang tepat untuk menuliskan letter to myself dan mengucapkan selamat pada segala hal yang membuatmu bertahan untuk dirimu di masa depan?

    Kamu bisa menyampaikan uneg-unegmu, mulai dari hal-hal yang membebanimu saat ini, hal-hal yang membuatmu bahagia, hal-hal yang membuatmu takut, atau apapun itu. Saat ini sudah banyak situs web yang bisa membantumu mengirimkan surat untuk dirimu di masa depan dengan jangka waktu yang bisa kamu atur sendiri, entah tiga, empat, lima, ataupun sepuluh tahun mendatang. Tuliskan hal-hal yang baik, ya, untuk senyummu di masa depan!

    3. Latih konsentrasi dengan paint by numbers

    Kegiatan ini cocok untuk kamu yang ingin menjajal pengalaman melukis. Bagi kamu yang nggak memiliki skill menggambar sekalipun nggak perlu resah sebab kunci dari menyelesaikan paint by numbers adalah niat dan konsentrasi. Kamu hanya perlu mewarnai menggunakan kuas dan cat acrylic yang telah disediakan dan memberi warna sesuai bagian-bagian yang telah dinomori. Banyak marketplace yang menyediakan paint by numbers kit yang bisa kamu jajal, lho. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini tentunya bisa mengasah kecermatan dan kesabaranmu, lho. Tertarik?

    4. Bikin crochet bisa menjadi kegiatan menyenangkan!

    Beberapa waktu lalu, YouTuber Jessica Jane sempat mengunggah video saat dirinya membuat bee crochet di kanal YouTube pribadinya. Banyak influencer lain pun ikut serta dalam membuat konten crochet. Membuat crochet memang nggak gampang karena perlu ketelatenan dan pemahaman mumpuni terhadap skill merajut. Tetapi, bisa dijamin, usai kamu merampungkannya, kamu bakal merasa puas dan bangga. Selain itu, hasil akhir dari crochet buatanmu bisa dijadikan aksesoris ataupun penghias kamar tidur. Penasaran? Kamu bisa membeli starter kit crochet di marketplace favoritmu. Banyak juga, lho, tutorial pembuatan crochet yang bisa kamu tonton di YouTube, kalau penasaran.

    4. Uji kesabaranmu dengan menyelesaikan puzzle! 

    Kapan terakhir kali kamu menyusun kepingan puzzle? Kegiatan ini bisa kamu masukkan ke dalam daftar kegiatan selama liburan, lho. Apalagi jika dilakukan bersama teman atau keluarga bakal jauh lebih asyik. Eits, jangan salah sangka, ya, puzzle bukan semata mainan buat anak-anak, kok. Udah banyak, lho, puzzle yang ditujukan untuk orang dewasa dengan berbagai variasi gambar bahkan lukisan pelukis terkenal, seperti Starry Night. 

    Nah, itu dia lima rekomendasi kegiatan kreatif yang bisa kamu lakukan saat liburan. Liburan nggak melulu dihabiskan dengan menonton film ataupun bermain game, lho. Yuk, jadikan liburanmu kali ini berbeda dan variatif!

    Ikuti tulisan menarik Fahma Ainurrizka lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.