x

Iklan

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 11 Agustus 2022 13:09 WIB

Penyebab tangan Kamu kedinginan adalah The Shocking Disorder Atau Raynauds

Jika kamu sering merasakan jari-jari kamu mati rasa kamu mengalami nyeri tangan dan sering merasakan dingin, para ahli mengatakan bahwa hal itu dapat disebabkan oleh kurangnya aliran darah dalam suhu dingin dan itu adalah respons tubuh yang normal

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah kamu sering merasa tangan kamu dingin meskipun seluruh tubuh kamu terasa baik-baik saja? Meskipun tangan dingin adalah hal yang normal saat AC menyala atau saat musim dingin namun jika kamu merasa tangan kamu terus-menerus dingin dan padahal kamu sudah menyalakan termostat atau mengenakan sarung tangan namun tidak berfungsi ini dapat mengindikasikan ada masalah sirkulasi.

Jika kamu sering merasakan jari-jari kamu mati rasa kamu mengalami nyeri tangan dan sering merasakan dingin, para ahli mengatakan bahwa hal itu dapat disebabkan oleh kurangnya aliran darah dalam suhu dingin dan itu adalah respons tubuh yang normal Ini juga merupakan respons stkamur selama demam terutama pada anak-anak, Ketika tubuh anak melawan virus darah dibawa ke infeksi yang dapat membuat ekstremitas dingin tetapi dalam beberapa kasus responsnya ada yang tidak normal.

Apa itu Sindrom Raynaud?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sering merasa kedinginan dapat disebabkan oleh berbagai masalah termasuk masalah tiroid dan anemia namun jika kamu merasakan nya hanya terjadi pada bagian tangan atau kaki kamu itu bisa menjadi fenomena yang dikenal sebagai sindrom Raynaud, Dengan sindrom ini pembuluh darah di tangan kamu akan menyempit lebih dari biasanya yang membatasi oksigen dan aliran darah.

kamu mungkin juga akan melihat warna biru di bawah dasar kuku dan kamu akan menyadari bahwa jari-jari kamu menjadi putih dan mati rasa, ketika tangan menjadi bersirkulasi lagi mereka sering merasa panas terbakar dan berubah menjadi warna merah cerah, dalam kasus lain lebih sedikit darah yang diedarkan ke lutut, hidung, atau jari kaki, sehingga mungkin menjadi area masalah bagi penderitanya juga.

Apa yang menyebabkan Sindrom Raynaud?

Masalah sirkulasi yang aneh ini seringkali bersifat genetik, tetapi ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga, Terkadang ini merupakan tanda masalah lain, seperti rheumatoid arthritis atau lupus di lain waktu fenomena ini dipicu oleh stres kronis atau terlalu lama berada di dalam suhu yang sangat dingin dalam kasus ini wanita lebih berisiko terkena Raynaud daripada pria.

Pada dasarnya arteri kamu di ekstremitas menyempit secara singkat membatasi suplai darah saat kamu terkena suhu atau situasi stres ini seiring waktu arteri kecil ini cenderung menebal yang membatasi aliran darah lebih banyak lagi.

penyebabnya kasus ini bisa jadi sulit apalagi jika kamu berada di ruangan yang suhunya sangat dingin dan Jika tangan kamu terus-menerus terasa dingin pertimbangkan untuk mengunjungi dokter untuk menyingkirkan kemungkinan masalah lain yang dapat menyebabkan masalah tersebut, Selain itu tetaplah mengenakan pakaian berlapis saat kamu pergi ke luar agar kamu tidak terlalu merasa kedinginan, dan menghilangkan stres dengan metode alami seperti olahraga dan pola makan yang benar.

Penyakit yang umumnya berkaitan dengan Raynaud sering kali termasuk dalam autoimun seperti:

  • Lupus
  • Gangguan darah
  • Gangguan tiroid
  • Artritis reumatoid
  • Skleroderma
  • Polimiositis
  • Buerger disease
  • Sindrom Sjögren
  • Hipertensi paru

Ada Raynaud primer yang merupakan jenis yang paling umum dan dimulai antara usia 15-25 dan Raynaud sekunder dengan bentuk utama, orang biasanya tidak akan sadar dengan kondisi terkait, dan bahkan terkadang diselesaikan dengan sendirinya. Sekunder cenderung lebih serius, dan biasanya terjadi sekitar usia 40 tahun.

Apa saja gejala fenomena Raynaud?

  1. Jari menjadi pucat/putih lalu membiru selama dalam keadaan dingin, stres, atau emosional.
  2. Perubahan warna pada kulit kamu sebagai respons terhadap stres/dingin
  3. kamu mendapatkan rasa sakit yang menyengat atau mati rasa/rasa berduri saat stres kamu hilang atau saat ekstremitas kamu akhirnya menghangat.
  4. Tangan menjadi merah saat dihangatkan
  5. Luka berkembang di bantalan jari

Tanda-tanda kamu berisiko terkena penyakit Raynaud

Seperti banyak masalah medis, beberapa orang lebih berisiko daripada yang lain.

  • Jika kamu merokok
  • Jika kamu mengulangi tindakan berulang seperti mengetik atau menggunakan alat getar
  • Jika kamu sedang menjalani pengobatan yang memiliki efek samping tertentu
  • Paparan bahan kimia
  • Siapapun yang menderita penyakit autoimun/jaringan ikat seperti yang tercantum di atas.
  • Mereka yang tinggal di iklim yang sangat dingin
  • Siapapun yang memiliki riwayat keluarga

Bagaimana Raynaud diperlakukan

Ini tergantung pada berbagai faktor, seperti bentuk gangguan yang kamu alami, gejala, usia, dan kesehatan kamu secara keseluruhan meskipun tidak ada obat resmi, ada perawatan yang memungkinkannya dikelola dengan baik Berikut adalah beberapa perawatan yang dapat dilakukan oleh seorang profesional untuk kamu:

  • Menghindari paparan dingin
  • Tetap menggunakan topi, sarung tangan, kaus kaki, dan syal
  • Mengurangi atau berhenti merokok
  • Mengenakan pelindung jari jika luka menjadi masalah
  • Menghindari penggunaan alat getar dan trauma yang berhubungan dengan tangan
  • Obat tekanan darah pada musim-musim tertentu untuk mengurangi penyempitan pembuluh darah

Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler