GPSKU - Hampir semua mobil saat ini menggunakan sistem yang mencampur bahan bakar dan udara dengan cara injeksi. Ini dikatakan lebih irit dibandingkan sistem karburator yang menyertakan mesin.
Tentu saja, mesin injeksi bahan bakar ditangani secara berbeda dari mesin karburator. Salah satunya adalah pemanasan. Cara memanaskan mesin injeksi hanya dalam 2 menit. Mesin dengan sistem pembakaran injeksi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin yang masih menggunakan karburator. Mesin jet tidak hanya lebih irit dalam konsumsi bahan bakar, tetapi juga memberikan pembakaran yang lebih sempurna.
Dua hal ini membuat pengendara roda dua tertarik dengan sepeda motor injeksi. Pembakaran dengan teknologi injeksi kini digunakan hampir di semua sepeda motor modern.
Pentingnya Pemanasan Mesin Injeksi
Tujuan memanaskan mesin injeksi
Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memanaskan mesin sebelum menggunakannya untuk beraktivitas. Tujuan pemanasan mesin injeksi dinyatakan untuk menjaga mesin dalam kondisi prima setiap saat dengan memanaskan mesin secara teratur sebelum digunakan. Pemanasan memungkinkan oli bersirkulasi secara normal di mesin, yang telah menetap setelah semalaman tidak aktif. Oli itu sendiri melindungi komponen mesin, membuatnya tetap dingin dan mengurangi gesekan. Jika Anda lalai memanaskan mesin injeksi, ada risiko kehabisan oli pelumas di ruang mesin. Beginilah cara mesin injeksi memanas hanya dalam satu atau dua menit. 1. Gunakan starter engkol
Ini adalah berapa banyak pemilik sepeda motor yang melakukannya. Artinya, hidupkan sepeda motor dengan tombol start. Sebagai gantinya, saat memanaskan mesin, starter engkol, juga dikenal sebagai starter kaki, digunakan sebagai pengganti starter listrik. Menggunakan starter listrik untuk memanaskan mesin injeksi
dapat dengan cepat mengurangi masa pakai baterai atau baterai mesin. Selain itu, memutar motor listrik dapat mengurangi beban listrik pada kendaraan. Seperti yang Anda ketahui, baterai mendapat energi ekstra saat mesin hidup. Ketika mesin injeksi dipanaskan oleh starter listrik, ia kehilangan massa sebelum diisi.
2. Tidak perlu menyesuaikan motor secara berlebihan
Juga tidak disarankan untuk menjalankan mesin pada kecepatan mesin yang sangat tinggi. Hal ini karena sebenarnya dapat memperpendek umur oli mesin dan membuat mesin menjadi terlalu panas sehingga menyebabkan panas berlebih. Padahal, throttle biasanya bekerja sekitar 3.000 rpm. Ini cukup untuk menghangatkan mesin injeksi. Terlalu tinggi dan Anda dapat merusak mesin.
3. jangan terlalu banyak menghabiskan waktu
Cara pemanasan mesin injeksi yang benar selanjutnya tidak memakan banyak waktu. Waktu ideal untuk pemanasan mesin injeksi hanya 1-2 menit. Mesin yang terlalu panas dengan teknologi injeksi
hanya membuang bahan bakar mesin. Selain boros bahan bakar, pencemaran lingkungan yang ditimbulkan juga tinggi.
4. Jangan memanaskan motor injeksi di dalam ruangan
Karbon monoksida dihasilkan ketika motor injeksi dihidupkan. Karbon monoksida sangat berbahaya jika terhirup oleh manusia. Selain hipoksia, menghirup karbon monoksida dalam jumlah besar juga bisa berakibat fatal.
Untuk alasan ini, dilarang memanaskan mesin injeksi di dalam ruangan. Disarankan untuk memanaskan mesin injeksi di luar ruangan agar udara bersirkulasi dengan baik dan Anda atau anggota keluarga tidak terhirup.
sumber : gpsku.co.id
Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.