Siswa Mts Mathala’ul Anwar Menghadiri Acara Sosialisasi Kenakalan Remaja dari Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Irvan Fatchurrohman

Writter
Bergabung Sejak: 15 Desember 2021

Senin, 15 Agustus 2022 13:41 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Siswa Mts Mathala’ul Anwar Menghadiri Acara Sosialisasi Kenakalan Remaja dari Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

    Acara sosialisasi kenakalan remaja menyasar para siswa dan siswi MTs Mathlaul Anwar. Program yang diusung oleh para mahasiswa KKN 042 Prodigi UIN Syarif Hidayatullah ini diadakan di salah satu ruang kelas. para siswa pun sangat antusias dalam mengikuti acara.

    Dibaca : 238 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sabtu (13/08) Mahasiswa KKN 042 Prodigi UIN Syarif Hidayatullah mengadakan sosialisasi kenakalan remaja. Peserta dari acara ini merupakan siswa-siswi MTs Mathla’ul Anwar desa Sukamaju kabupaten Bogor.

    Dengan mengusung tema “Pencegahan Kenakalan Remaja Demi Terwujudnya Generasi Muda yang Berkualitas”, acara ini terselenggara berkat para mahasiswa KKN 042 Prodigi yang ingin meredam aksi kenakalan remaja yang semakin meningkat. Acara diadakan di salah satu ruang kelas MTs Mathla'ul Anwar.

    Menurut data dari Komnas Perlindungan Anak sekitar 62,7 persen remaja SMP (Sekolah Menengah Pertama) tidak perawan, dan sekitar 21,2 persen remaja SMU (Sekolah Menengah Umum tidak perawan). Hal inilah yang menjadi indikator semakin mirisnya perilaku kenakalan remaja.

    Menurut kepala sekolah MTs Mathla’ul Anwar, Badrussalam Muchtar mengatakan bahwa acara ini tentunya dapat menjadi edukasi bagi para siswa-siswi agar bisa terhindar dari perilaku menyimpang. Selian itu, sikap perundungan kerap terjadi di lingkungan sekolah yang dapat merusak mental seorang siswa.

    Harits Aulia Amin, selaku pemateri pada acara ini, memaparkan bahayanya perilaku kenakalan remaja bagi kelangsungan hidup seseorang. Seperti bahaya narkoba dapat mempengaruhi kesehatan fisik, mental, maupun kehidupan bersosial.

    Aspek fisik dari pemakai narkoba akan merusak organ tubuh, overdosis, mental pun menjadi terganggu hingga mengalami kematian. Adapun aspek psikososial akan menghasilkan kriminalitas, tindak kekerasan, dan tidak harmonis terhadap lingkungan sekitar.

    Perilaku seks bebas sangat berdampak pada kesehatan, selain akan menimbulkan banyak penyakit seksual, seperti HIV-AIDS, Sifilis, Gonore, dan penyakit kelamin lainnya, seks bebas pun akan berdampak pada meningkatnya diskirminasi di lingkungan sekitar.

    Adapun cara untuk menanggulangi kenakalan remaja adalah dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat, perbanyak ibadah, komunikasi yang baik, serta melakukan sharing ketika memiliki permasalahan.

    Dengan adanya acara sosialisasi kenakalan remaja yang diusung oleh mahasiswa KKN Prodigi 042, diharapkan para remaja dapat mencegah dan terhindar dari perilaku yang menyimpang. Sehingga kelak tercipta generasi yang unggul.

     

    Ikuti tulisan menarik Irvan Fatchurrohman lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Chandra Dio

    3 hari lalu

    PT Setia Manggala Abadi Hadir di Acara PIT PAPDI Bogor XI

    Dibaca : 110 kali

    PT. Setia Manggala Abadi turut hadir dan meramaikan acara Pertemuan Ilmiah Tahunan XI Perhimpunan Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Bogor pada 24 – 25 September 2022. Berlokasi di IPB International Convention Center, Botani Square Mall, Bogor Jawa Barat. Dilansir dari dokumen Final Announcement PIT PAPDI Bogor 2022, Kegiatan ini merupakan komitmen PAPDI untuk memberikan informasi terkini sehingga diharapkan meningkatkan profesionalisme para dokter dalam menangani berbagai kasus di bidang penyakit dalam Kegiatan PIT PAPDI Bogor XI ini di ketuai oleh oleh dr. Erwindo R, SpPD, K-GH, M.Kes, FINASIM dan mengusung tema Holistic Management Of Internal Medicine In New Era. Adapun beberapa kegiatan di dalam acara ini seperti Simposium, Diskusi Kasus Menarik, Workshop, Pameran Alat Kesehatan dan masih banyak lagi. Kegiatan ini tentunya di manfaatkan sebaik mungkin oleh PT. Setia Manggala Abadi selaku penyedia Alat USG dengan merk SOGATA untuk terus memperkenalkan produk andalannya pada sesi pameran alat-alat kesehatan. Booth PT. Setia Manggala Abadi terletak di Booth nomor 23 yang letaknya tidak jauh dari pintu utama registrasi. Penasaran kan dengan produk apasaja yang di pamerkan dari PT. Setia Manggala Abadi? Silakan datang langsung ke acara PIT PAPDI Bogor XI dan kunjungi Booth nomor 23 milik PT. Setia Manggala Abadi. PT. Setia Manggala Abadi juga telah menyiapkan promo khusus yang hanya berlaku di acara PIT PAPDI Bogor XI, yuk ramaikan dan sukseskan acara ini Teman SOGATA. Sampai bertemu di Booth PT. Setia Manggala Abadi.