x

Iklan

Irvan Fatchurrohman

Writter
Bergabung Sejak: 15 Desember 2021

Senin, 15 Agustus 2022 13:41 WIB

Siswa Mts Mathala’ul Anwar Menghadiri Acara Sosialisasi Kenakalan Remaja dari Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah

Acara sosialisasi kenakalan remaja menyasar para siswa dan siswi MTs Mathlaul Anwar. Program yang diusung oleh para mahasiswa KKN 042 Prodigi UIN Syarif Hidayatullah ini diadakan di salah satu ruang kelas. para siswa pun sangat antusias dalam mengikuti acara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sabtu (13/08) Mahasiswa KKN 042 Prodigi UIN Syarif Hidayatullah mengadakan sosialisasi kenakalan remaja. Peserta dari acara ini merupakan siswa-siswi MTs Mathla’ul Anwar desa Sukamaju kabupaten Bogor.

Dengan mengusung tema “Pencegahan Kenakalan Remaja Demi Terwujudnya Generasi Muda yang Berkualitas”, acara ini terselenggara berkat para mahasiswa KKN 042 Prodigi yang ingin meredam aksi kenakalan remaja yang semakin meningkat. Acara diadakan di salah satu ruang kelas MTs Mathla'ul Anwar.

Menurut data dari Komnas Perlindungan Anak sekitar 62,7 persen remaja SMP (Sekolah Menengah Pertama) tidak perawan, dan sekitar 21,2 persen remaja SMU (Sekolah Menengah Umum tidak perawan). Hal inilah yang menjadi indikator semakin mirisnya perilaku kenakalan remaja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut kepala sekolah MTs Mathla’ul Anwar, Badrussalam Muchtar mengatakan bahwa acara ini tentunya dapat menjadi edukasi bagi para siswa-siswi agar bisa terhindar dari perilaku menyimpang. Selian itu, sikap perundungan kerap terjadi di lingkungan sekolah yang dapat merusak mental seorang siswa.

Harits Aulia Amin, selaku pemateri pada acara ini, memaparkan bahayanya perilaku kenakalan remaja bagi kelangsungan hidup seseorang. Seperti bahaya narkoba dapat mempengaruhi kesehatan fisik, mental, maupun kehidupan bersosial.

Aspek fisik dari pemakai narkoba akan merusak organ tubuh, overdosis, mental pun menjadi terganggu hingga mengalami kematian. Adapun aspek psikososial akan menghasilkan kriminalitas, tindak kekerasan, dan tidak harmonis terhadap lingkungan sekitar.

Perilaku seks bebas sangat berdampak pada kesehatan, selain akan menimbulkan banyak penyakit seksual, seperti HIV-AIDS, Sifilis, Gonore, dan penyakit kelamin lainnya, seks bebas pun akan berdampak pada meningkatnya diskirminasi di lingkungan sekitar.

Adapun cara untuk menanggulangi kenakalan remaja adalah dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat, perbanyak ibadah, komunikasi yang baik, serta melakukan sharing ketika memiliki permasalahan.

Dengan adanya acara sosialisasi kenakalan remaja yang diusung oleh mahasiswa KKN Prodigi 042, diharapkan para remaja dapat mencegah dan terhindar dari perilaku yang menyimpang. Sehingga kelak tercipta generasi yang unggul.

 

Ikuti tulisan menarik Irvan Fatchurrohman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler