Peduli Bulan Imunisasi Anak Nasional ala Mahasiswa KKN Unej di Grujugan Kidul - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2022

Senin, 15 Agustus 2022 13:39 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Peduli Bulan Imunisasi Anak Nasional ala Mahasiswa KKN Unej di Grujugan Kidul


    Dibaca : 326 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Pelayanan dasar yang ada di posyandu meliputi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare. Adanya kegiatan pelaksanaan posyandu bertujuan untuk menunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Anak Balita (AKABA).

    Kelompok KKN 269 Universitas Jember yang dibimbing oleh DPL dr. Yudha Nurdian, M.Kes dan beranggotakan 10 orang yaitu Arifin Hindya Putra, Raina Jamila Ali, Rizki Andriani Soraya, Reza Nur Aulia, Ahmad Kamal Fathin, Aulifia Rahmawati, Syahrul Bima Sahputra, Shafira Putri Ramadhani, Almira Shela Nur S, dan Ulindya Suryandari turut andil dalam membantu pelaksanaan kegiatan posyandu yang bertempat di Desa Grujugan Kidul. Kegiatan posyandu Desa Grujugan Kidul rutin dilaksanakan setiap bulan. Pelaksanaan kegiatan posyandu dilakukan selama lima hari berturut-turut dimulai dari tanggal 1-6 Agustus 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa titik yaitu rumah bu Hana RT 08/RW 02, rumah bu Talib RT 19/RW 03, rumah bu Sri Wahyuni RT11/RW02, rumah bu Ririn RT 24/RW 04 serta Puskesmas Pembantu Desa Grujugan Kidul.

    Posyandu hari pertama dilaksanakan di Rumah bu Hana RT 08/RW 02 kegiatan tersebut meliputi pengkuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan. Terdapat pula program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dicanangkan oleh Kemenkes RI. BIAN sendiri merupakan pemberian vitamin A, imunisasi tambahan campak/rubela serta melengkapi dosis imunisasi polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. Sasaran program BIAN ditujukan bagi anak usia 9-59 bulan. Kegiatan posyandu yang dilaksanakan di Desa Grujugan Kidul dikelola oleh kader RT serta diawasi secara langsung oleh Ibu Solihatin selaku Bidan Puskesmas Grujugan Kidul. Pemeriksaan posyandu ditujukan pada anak usia 0-60 bulan. Runtutan dari kegiatan yang dilakukan di posyandu dilaksanakan secara beruntutan selama lima hari.

    posyandu 2

    Selain posyandu bayi dan balita, terdapat pula posyandu yang diperuntukkan untuk ibu hamil dan lansia. Kegiatan yang dilakukan oleh posyandu ibu hamil meliputi pengukuran berat badan, pemeriksaan tekanan darah, dan pemberian vitamin. Ibu bidan juga memberikan beberapa vitamin untuk Ibu hamil, dan vitamin tersebut dianjurkan untuk diminum setiap hari agar kesehatan bayi dan ibu terjaga. Bidan juga menyarankan agar ibu hamil melakukan USG setidaknya satu kali selama periode kehamilan.

    Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Grujugan Kidul - Grujugan lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Chandra Dio

    3 hari lalu

    PT Setia Manggala Abadi Hadir di Acara PIT PAPDI Bogor XI

    Dibaca : 110 kali

    PT. Setia Manggala Abadi turut hadir dan meramaikan acara Pertemuan Ilmiah Tahunan XI Perhimpunan Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Bogor pada 24 – 25 September 2022. Berlokasi di IPB International Convention Center, Botani Square Mall, Bogor Jawa Barat. Dilansir dari dokumen Final Announcement PIT PAPDI Bogor 2022, Kegiatan ini merupakan komitmen PAPDI untuk memberikan informasi terkini sehingga diharapkan meningkatkan profesionalisme para dokter dalam menangani berbagai kasus di bidang penyakit dalam Kegiatan PIT PAPDI Bogor XI ini di ketuai oleh oleh dr. Erwindo R, SpPD, K-GH, M.Kes, FINASIM dan mengusung tema Holistic Management Of Internal Medicine In New Era. Adapun beberapa kegiatan di dalam acara ini seperti Simposium, Diskusi Kasus Menarik, Workshop, Pameran Alat Kesehatan dan masih banyak lagi. Kegiatan ini tentunya di manfaatkan sebaik mungkin oleh PT. Setia Manggala Abadi selaku penyedia Alat USG dengan merk SOGATA untuk terus memperkenalkan produk andalannya pada sesi pameran alat-alat kesehatan. Booth PT. Setia Manggala Abadi terletak di Booth nomor 23 yang letaknya tidak jauh dari pintu utama registrasi. Penasaran kan dengan produk apasaja yang di pamerkan dari PT. Setia Manggala Abadi? Silakan datang langsung ke acara PIT PAPDI Bogor XI dan kunjungi Booth nomor 23 milik PT. Setia Manggala Abadi. PT. Setia Manggala Abadi juga telah menyiapkan promo khusus yang hanya berlaku di acara PIT PAPDI Bogor XI, yuk ramaikan dan sukseskan acara ini Teman SOGATA. Sampai bertemu di Booth PT. Setia Manggala Abadi.